Balanitis Adalah Pembengkakan Dan Rasa Nyeri Kepala Penis

Balanitis adalah peradangan kelenjar kepala penis. Biasanya menyebabkan kemerahan dan ruam bernoda pada kelenjar dan di dalam kulit khatan, terkadang dengan keluarnya cairan atau bau yang tidak enak. Gejala balanitis adalah kemungkinan terasa gatal atau tidak nyaman akan tetapi biasanya terasa normal-normal saja.

Pengertian Balanitis Adalah

Balanitis adalah peradangan kulit di ujung penis (kelenjar). Seringkali kulup juga meradang secara bersamaan dengan kelenjar. Kulit khatan adalah kulit yang longgar yang menutupi kelenjar jika belum atau tidak disunat. Balanitis sering terjadi dan dapat terjadi pada semua usia. Lebih sering terjadi pada anak laki-laki dibawah usia 4 tahun dan dan juga anak laki-laki yang belum atau tidak disunat. Pada pria dewasa atau yang lebih tua, kondisi ini disebut balanitis zoon. Sebagian anak laki-laki yang tidak disunat terkena balanitis pada suatu waktu dalam hidupnya. Tidak disunat dapat meningkatkan risiko balanitis.

Penyebab Utama Balanitis Adalah

Berikut penyebab balanitis adalah:

1. Kebersihan Yang Buruk
Kebersihan yang buruk di area ini dikombinasikan dengan kulit khatan yang ketat dapat menyebabkan iritasi oleh smegma. Smegma adalah zat yang mirip dengan keju dan terbentuk dibawah kulit khatan jika ujung penis (kelenjar) dibawah kulit khatan tidak dibersihkan. Kondisi ini adalah penyebab paling umum dari balanitis.

2. Infeksi (Tidak Menular Secara Seksual)
Berbagai kuman (bakteri) yang hidup di kulit dalam jumlah kecil dapat berlipat ganda dan dapat meneybabkan infeksi. Penyebab umum infeksi adalah dengan ragi yang disebut Candida. Candida adalah kuman yang sama yang menyebabkan kandidiasis vagina pada wanita. Sejumlah kecil Candida umumnya hidup di kulit dan terkadang dapat menyebabkan infeksi. Beberapa jenis bakteri juga merupakan penyebab umum balanitis. Seorang pria dapat mengalami infeksi. Namun infeksi kelenjar lebih mungkin untuk berkembang jika:

• Adanya beberapa peradangan pada penis karena alergi atau iritasi.
• Menderita diabetes (kencing manis) terutama jika diabetes (kencing manis) tidak terkontrol dengan baik (gula darah terlalu tinggi) dan urine mengandung gula. Tetesan urine yang mengandung gula kemungkinan tertinggal di belakang kulup dan kemungkinan kuman berkembang biak dengan mudah.
• Memiliki phimosis atau suatu kondisi dimana kulup tidak dapat ditarik kembali oleh kelenjar. Kondisi ini sangat umum terjadi pada anak laki-laki. Setelah berusia 5 tahun, kulup biasanya bisa ditarik dengan mudah sehingga kelenjar dapat dibersihkan dengan lembut. Kemungkinan juga mengalami balanitis jika mengalami phimosis, karena keringan dan urine dapat terkumpul dibawah kulit khatan. Kondisi ini dapat mengiritasi secara langsung atau dapat mendorong baktrei untuk berkembang dan menyebabkan infeksi.

3. Infeksi Yang Ditularkan Secara Seksual
Beberapa infeksi menular seksual (IMS) terkadang dapat menyebabkan balanitis. Secara khusus, IMS lebih mungkin terjadi jika mengalami radang tuba (uretra) yang mengeluarkan urine (suatu kondisi yang disebut urethritis). Berbagai IMS dapat meneybabkan urethritis dan balanitis seperti herpes genital, klamidia dan gonore (kencing nanah). Gejala urethritis meliputi nyeri saat kencing, cairan yang keluar berasal dari uretra.

4. Reaksi Alergi Dan Iritasi
Kulit kelenjar sangat sensitif. Kemungkinan bereaksi dan meradang jika bersentuhan dengan berbagai bahan kimia atau zat lain seperti:

• Jika tidak mencuci area dibawah kulit khatan, kulit, urine, keringat dan yang lainnya dapat mengumpul. Ini dapat mengiritasi kelenjar dan dapat menyebabkan peradangan.
• Sabun dan disinfektan tertentu yang dapat digunakan untuk membersihkan penis.
• Mencuci atau menggosok terlalu banyak juga dapat mengiritasi kulit halus kelenjar.
• Kondom lateks, spermisida, pelumas yang digunakan saat berhubungan seksual dan pelumas dalam kondom semuanya dapat mengiritasi kelenjar.
• Bahan kimia yang tumpah ditangan dapat terkena ke penis ketika kencing.
• Beberapa detergen yang tidak dibilas dengan baik pada celana dalam.

5. Kondisi Kulit
Kondisi kulit tertentu dapat menyebabkan balanitis seperti psoriasis dan beberapa kondisi kulit yang tidak biasa dapat mempengaruhi penis. Jenis kanker kulit awal dapat muncul sebagai peradangan pada ujung penis. Sebaiknya lakukan pemeriksaan mengenai gejala-gejala ini.

6. Balanitis Dan Gejala-Gejalanya
Gejala yang paling umum termasuk kemerahan, iritasi dan pegal pada ujung penis (kelenjar penis). Muncul kemerahan yang terbatas pada bagian perkumaan kulit kelenjar hingga seluruh kelenjar menjadi berwarna merah, bengkak dan nyeri. Terkadang ada cairan yang tebal yang keluar dari kulit khatan. Kemungkinan tidak dapat menarik kulit khatan kembali. Selain itu juga merasakan rasa sakit atau ketidaknyamanan saat kencing.

Cara Akurat Dalam Mendiagnosis Balanitis

Cara mendiagnosis balanitis adalah dengan cara mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter. Dokter dapat dengan mudah mendiagnosis balanitis dengan tampilan berwarna merah dan meradang pada ujung penis (kelenjar). Dalam beberapa kasus, kemungkinan penyebabnya dapat ditentukan oleh tampilan peradangan. Sebagai contoh, peradangan yang disebabkan oleh Candida terlihat sangat khas. Oleh karena itu kasus-kasus tertentu dapat didiagnosis penyebabnya secara langsung dan direkomendasikan pengobatan. Jika penyebabnya tidak diketahui atau pengobatan balanitis tidak jelas, beberapa tes atau pengujian balanitis adalah seperti:

• Mengambil sampel dengan kapas yang kecil dengan swab. Sampel digunakan untuk mencari kuman (bakteri) tertentu yang dapat meneybabkan infeksi.
• Tes atau pengujian untuk memeriksa diabetes (kencing manis).

Balanitis Adalah02

Penanganan Untuk Balanitis Pada Pria

Pengobatan balanitis adalah pengobatan yang tergantung pada penyebab balanitis. Dokter dapat meresepkan pengobatan seperti:

• Pengobatan antijamur atau pengobatan umum jika balanitis disebabkan oleh Candida.
• Pengobatan antibiotik akan membersihkan infeksi yang disebabkan oleh kuman (bakteri) termasuk IMS tertentu.
• Pengobatan steroid ringan untuk mengurangi peradangan untuk balanitis yang disebabkan oleh alergi atau iritasi. Terkadang pengobatan steorid digunakan sebagai tambahan pengobatan anti ragi atau pengobatan antibiotik untuk mengurangi peradangan yang disebabkan oleh infeksi.

Tidak biasa pada anak-anak mengalami balanitis berulang (kambuh). Dokter biasanya menyarankan jika masalahnya berulang (kambuh) dan memiliki kondisi dimana kulup tidak dapat ditarik kembali kelenjarnya atau biasa disebut phimosis, pengobatannya biasanya dengan sunat atau dengan cara menghilangkan kulupnya.

Pengobatan untuk balanitis adalah pengobatan yang bisa dilakukan di Klinik Apollo. Sudah banyak pasien yang melakukan pengobatan di Klinik Apollo dan hasilnya sembuh. Tidak hanya itu biayanya juga sangat terjangkau. Untuk info hubungi kami di nomor 081233881616 atau dengan mengkonsultasikannya melalui layanan dibawah ini.