Cystitis Adalah Peradangan Pada Organ Kandung Kemih

Cystitis adalah radang kandung kemih yang biasanya disebabkan oleh infeksi kandung kemih. Cystitis adalah jenis umum infeksi saluran kemih (ISK) terutama pada wanita dan biasanya lebih merupakan gangguan daripada penyebab kekhawatiran yang serius. Beberapa orang sering mengalami episode cystitis dan memerlukan pengobatan dalam jangka panjang. Cystitis dapat menyebabkan infeksi ginjal yang lebih serius dalam beberapa kasus. Oleh karena itu lakukan konsultasi dengan dokter jika gejalanya tidak membaik.

Fakta Umum Cystitis Adalah

Cystitis adalah peradangan atau pembengkakan kandung kemih yang biasanya disebabkan oleh infeksi. Kondisi ini dapat mempengaruhi wanita daripada pria dan dapat terjadi pada usia berapapun. Cystitis adalah jenis ISK yang paling umum terutama pada wanita. Jika terasa sakit atau merasakan ketidaknyamanan saat kencing, bisa jadi menderita cystitis.

Jika tidak segera mengobatinya, cystitis dapat menyebabkan infeksi ginjal yang serius. Cystitis pada anak-anak bisa serius. Jika anak-anak mengalami adanya gejala, segera lakukan pemeriksaan dengan dokter. Pada wanita dengan diabetes (kencing manis) lebih cenderung terkena cystitis. Pada wanita hamil dengan cystitis lebih mungkin terkena infeksi ginjal.

Baca Juga : Sistitis Adalah Radang Pada Organ Kandung Kemih

Ketahui Penyebab Cystitis Adalah

Sebagian besar kasus diperkirakan terjadi ketika bakteri yang hidup tidak berbahaya di usus atau di kulit masuk ke kandung kemih melalui uretra (tabung yang membawa urine keluar dari tubuh). Tidak selalu jelas bagaimana bisa terjadi akan tetapi bisa disebabkan oleh:

• Berhubungan seksual.
• Menyeka pantat setelah kencing atau buang air besar (BAB) terutama jika menyeka dari arah belakang ke arah depan.
• Memasukkan tampon dan kateter kemih (tabung yang tipis dimasukkan ke dalam uretra untuk mengalirkan kandung kemih).
• Menggunakan diafragma untuk kontrasepsi.

Pada wanita kemungkinan lebih sering terkena cystitis daripada pria karena anusnya lebih dekat dengan uretra, dan uretranya jauh lebih pendek, oleh karena itu bakteri dapat masuk ke kandung kemih dengan lebih mudah.

Tanda Dan Gejala Cystitis Secara Umum

Gejala utama cystitis adalah:

• Rasa sakit seperti terbakar atau seperti tersengat saat kencing.
• Perlunya kening lebih sering dan terdesak daripada biasanya.
• Urine yang gelap dan berawan atau berbau kuat.
• Nyeri yang rendah di perut.
• Perasaan umum tidak sehat, terasa pegal, terasa sakit dan kelelahan.

Gejala yang kemungkinan terjadi pada anak-anak termasuk demam, lemah, lekas marah, nasfu makan berkurang dan muntah.

Bagaimana Cystitis Didiagnosis?

Dokter biasanya melakukan pemeriksaan fisik dan menanyakan gejalanya serta melakukan beberapa tes atau pengujian seperti analisis urine yaitu untuk memeriksa bakteri, darah atau nanah di kencing. Kultur urine untuk mengetahui jenis bakteri yang dimiliki. Biasanya dokter juga akan menggunakan:

1. Sistoskopi
Dengan memasukkan Cystoscope yaitu tabung yang tipis ke dalam uretra untuk mencari masalah atau untuk mendapatkan sampel jaringan dan dilakukan tes atau pengujian lebih lanjut (biopsi).

2. Imaging
USG, CT scan dan MRI yang bisa menunjukkan tumor, batu ginjal dan lainnya.

3. Urogram Intravena (IVU)
Rontgen untuk mengambil gambar dari ginjal, ureter dan kandung kemih.

4. Cystourethrography
Untuk melihat adanya urine mengalir mundur dari kandung kemih menuju ginjal.

5. Retrograde Urethrography
Untuk menemukan masalah di uretra.

Cystitis Adalah02

Pengobatan Terampuh Untuk Cystitis

Jika adanya cystitis, biasanya disarankan pengobatan antibiotik untuk mengobati infeksi. Dan akan adanya efek dalam 1 hari hingga 2 hari. Jika pernah menderita cystitis sebelumnya maka bisa mengatasinya dengan meminum cairan yang banyak, dengan botol yang diisi dengan air panas dan diletakkan di perut diantara paha serta usahakan hindari berhubungan seksual.

Beberapa orang bisa merasa terbantu dengan langkah-langkah tersebut. Jika kondisinya tidak kunjung membaik, ada baiknya lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter. Dokter biasanya meresepkan pengobatan antibiotik dosis rendah agar dikonsumsi terus menerus selama beberapa bulan sebelum dinyatakan sembuh oleh dokter.

Namun untuk lebih jelasnya, lakukan pengobatan secara langsung di Klinik Apollo. Dokter akan menjelaskan secara menyeluruh setelah dilakukan pemeriksaan. Sudah banyak orang yang melakukan pengobatan di Klinik Apollo dan hasilnya sembuh. Tidak hanya itu, pelayanannya juga sangat baik, karena Klinik Apollo sangat mengutamakan kepuasan dan kesembuhan setiap pasiennya. Langsung saja hubungi kami di 081233881616 atau dibawah ini.