Mengobati Anyang Anyangan Yang Berkepanjangan

Kebanyakan semua kalangan memahami bahwa kegiatan yang lebih baik untuk tubuh, lalu bagaimana cara mengobati anyang anyangan?. Berpuasa akan membuat tubuh mengeluarkan berbagai jenis racun yang menumpuk di dalam sana.

Namun bukan berarti Anda akan terbebas dari berbagai jenis penyakit. Apalagi ketika berpuasa, Anda tidak boleh mengkonsumsi apapun, termasuk obat. Jadi jika tidak ingin puasanya batal, Anda harus pintar-pintar siasati gejala yang muncul.

Baca juga: SAKIT KETIKA BUANG AIR KECIL? WASPADAI ANYANG-ANYANGAN

konsultasi

Bagaimana Cara Mengobati Anyang Anyangan Yang Berkepanjangan

Salah satu jenis infeksi yang cukup merepotkan dan akan terjadi pada penderita yang berpuasa yakni anyang anyangan.

Anyang anyangan ketika puasa merupakan keluhan yang paling umum ditemukan pada kasus infeksi saluran kemih atau kondisi lain yang menyebabkan iritasi pada kandung kemih Anda.

Kondisi ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan rasa ingin kencing namun tidak tuntas. Hasilnya Anda menjadi lebih sering bolak balik ke kamar mandi. Tentunya hal ini akan mengganggu aktivitas.

Apalagi ketika puasa tidak diizinkan untuk minum pada siang hari, jika anyang anyangan terjadi saat puasa, tentunya akan menimbulkan rasa cemas atau dehidrasi. Penyebab anyang anyangan ketika puasa yakni karena kurangnya cairan dalam tubuh.

mengobati anyang anyangan

konsultasi

Umumnya tubuh membutuhkan 8 gelas sehari, ketika berpuasa bisa jadi kebutuhan tersebut tidak terpenuhi. Namun perlu diwaspadai karena anyang anyangan yang dirasakan merupakan gejala dari infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh bakteri E Coli.

Wanita memang lebih rentan terserang penyakit ini, karena uretra atau saluran kemih berdekatan dengan anus yang menjadi tempat bakteri E Coli menetap. Maka dari itu, kami sarankan untuk bilas dari arah yang tepat seperti depan ke belakang, setelah buang air besar atau air kecil.

Selain itu untuk mengobati anyang anyangan ketika puasa yang sangat mengganggu, ikuti beberapa tips dibawah ini:

Minum banyak air putih

Memenuhi asupan air putih setiap hari menjadi cara yang mudah untuk mengobati anyang anyangan. Namun karena puasa, Anda hanya bisa minum di beberapa momen, Anda harus pintar-pintar mengaturnya.

Hal yang disarankan yakni minum air putih 2 gelas ketika berbuka, 4 gelas setelah makan malam dan menuju tidur serta 2 gelas ketika Anda melaksanakan sahur.

konsultasi

Kompres menggunakan air panas

Ketika anyang anyangan, biasanya peradangan dan iritasi infeksi saluran kemih akan menyebabkan sensasi panas dan nyeri di sekitar organ genital. Dengan mengompres air panas, maka ini akan membantu mengobati anyang anyangan tersebut.

Hindari faktor pemicu gejala

Ketika penderita terserang infeksi, alkohol, kafein, nikotin, makanan berbumbu, serta minuman berkarbonasi membuat kandung kemih menjadi semakin iritasi.

Hal tersebut akan membuat infeksi sulit sembuh, maka konsumsilah makanan sehat yang kaya serat, karena dibutuhkan oleh pencernaan agar tetap sehat.

Teruslah berkemih

Setiap kali Anda berkemih, ada bakteri yang ikut keluar bersamaan dengan air seni. Jadi teruslah berkemih agar semakin banyak jenis bakteri yang keluar, sehingga anyang anyangan segera membaik.

Konsumsi vitamin c

Selain minum air putih, anyang anyangan ketika puasa bisa Anda atasi dengan konsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin c. Hal tersebut karena vitamin c dapat membuat urin menjadi asam, sehingga pertumbuhan bakteri menjadi terhambat.

Jika Anda mengidap infeksi saluran kemih, dengan konsumsi suplemen vitamin c bisa membantu atasi infeksi tersebut.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa konsultasikan bersama kami di Klinik Apollo Jakarta. Mengenai reservasi, Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Sekian kami sampaikan mengenai cara mengobati anyang anyangan, semoga bermanfaat.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.klinikgonore.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.