Sistitis Adalah Radang Pada Organ Kandung Kemih

Sistitis adalah kencing yang terdesak atau sering kencing dan menyakitkan yang berlangsung selama beberapa jam atau lebih lama atau adanya darah dalam urine. Jika mengalami kondisi tersebut maka segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter. Jika didiagnosis memiliki riwayat infeksi saluran kemih (ISK) dan mengalami gejala yang menyerupai ISK sebelumnya maka konsultasikan dengan dokter. Konsultasikan juga dengan dokter jika gejala sistitis kambuh setelah menyelesaikan pengobatan antibiotik. Kemungkinan memerlukan jenis pengobatan yang berbeda.

Pengertian Umum Sistitis Adalah

Sistitis adalah peradangan kandung kemih. Sebagian besar, peradangan disebabkan oleh infeksi bakteri dan disebut ISK. Infeksi kandung kemih bisa sangat menyakitkan dan sangat mengganggu dan bisa menjadi masalah kesehatan yang serius jika infeksinya menyebar atau menular ke ginjal. Sistitis juga dapat terjadi sebagai reaksi terhadap obat-obatan tertentu, terapi radiasi atau potensi iritan seperti spray kebersihan wanita dan penggunaan kateter dalam jangka panjang. Sistitis juga dapat terjadi sebagai komplikasi penyakit lain. Pengobatan yang biasa untuk sistitis bakteri adalah pengobatan antibiotik.

Penyebab Dasar Sistitis Adalah

Sistem kemih pada wanita semuanya memainkan peran penting dalam menghilangkan kotoran dari tubuh. Ginjal atau sepasang organ juga terletak di bagian belakang perut bagian atas untuk menyaring kotoran dari darah dan mengatur konsentrasi pada kebanyakan zat. Tabung ureter membawa urine dari ginjal ke kandung kemih dimana dapat disimpan hingga keluar tubuh melalui uretra.

Tanda Dan Gejala Sistitis Secara Umum

Tanda dan gekala sistitis adalah sebagai berikut:

• Keinginan yang kuat dan gigih untuk kencing.
• Sensasi terbakar saat kencing.
• Seringnya kencing.
• Adanya darah dalam urine (hematuria).
• Urine yang mengalir berawan dan berbau kuat.
• Ketidaknyamanan pada panggul (pelvic).
• Perasaan tertekan di perut bagian bawah.
• Demam yang ringan.

Sistitis Dan Cara Mendiagnosisnya

Jika memiliki gejala sistitis, konsultasikan dengan dokter sesegera mungkin. Selain mengkonsultasikan gejala serta riwayat kesehatan, dokter juga biasanya merekomendasikan tes atau pengujian tertentu seperti:

• Analisa Urine
Untuk mengetahui adanya infeksi kandung kemih, dokter kemungkinan mengambil sampel urine untuk memastikan adanya bakteri, darah atau nanah didalam urine. Oleh karena itu harus melakukan kultur bakteri urine.

• Sistoskopi
Selama tes atau pengujian ini, dokter memasukkan Cystoscope atau tabung yang tipis dengan cahaya yang terpasang melalui uretra ke dalam kandung kemih untuk melihat saluran kemih untuk melihat tanda-tanda penyakit. Dengan menggunakan Cystoscope, dokter juga mengambil sampel kecil jaringan (biopsi) untuk analisis dilaboratorium. Akan tetapi tes atau pengujian ini kemungkinan besar tidak diperlukan jika ini adalah masalah yang pertama kalinya dan memiliki tanda dan gejala sistitis.

• Tes Atau Pengujian Lainnya
Tes atau pengujian ini biasanya tidak diperlukan akan tetapi dalam beberapa kasus, terutama ketika tidak adanya infeksi yang ditemukan, tes atau pengujian kemungkinan dapat membantu. Sebagai contoh X-ray atau ultrasound yang dapat membantu menentukan penyebab potensial lain dari peradangan kandung kemih seperti tumor atau kelainan struktural.

Sistitis Adalah02

Bagaimana Cara Mengobati Sistitis?

Sistitis disebabkan oleh infeksi bakteri umumnya diobati dengan pengobatan antibiotik. Pengobatan untuk sistitis tidak menular tergantung pada penyebab yang mendasarinya.

• Mengobati Sistitis Bakteri
Pengobatan antibiotik adalah pengobatan yang pertama untuk sistitis yang disebabkan oleh bakteri. Pengobatan dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama tergantung pada kesehatan secara keseluruhan dan bakteri yang ditemukan dalam urine. Pada wanita pasca menopause kemungkinan sangat rentan terhadap sistitis. Sebagai bagian dari pengobatan, dokter dapat merekomendasikan pengobatan untuk hormon estrogen pervaginam. Pengobatan ini dapat digunaan tanpa meningkatkan risiko masalah kesehatan lainnya.

• Mengobati Sistitis Interstitial
Dengan sistitis interstitial, penyebab peradangan tidak pasti sehingga tidak adanya pengobatan tunggal yang paling baik untuk setiap kasusnya. Terapi dapat digunakan untuk meringankan gejala sistitis interstitial.

• Mengobati Bentuk Lain Dari Sistitis Tidak Menular
Jika hipersensitif terhadap bahan kimia tertentu dalam produk, usahakan menghindari produk ini dapat membantu meringankan gejala dan dapat mencegah gejala sistitis lebih lanjut. Pengobatan sistitis yang berkembang sebagai komplikasi kemoterapi atau terapi radiasi berfokus pada rasa nyeri dan biasanya obat-obatan dan hidrasi untuk menghilangkan iritasi kandung kemih.

Pengobatan sistitis adalah pengobatan yang paling umum dan bisa dilakukan di Klinik Apollo. Pengobatan sistitis adalah pengobatan yang dilakukan secara langsung oleh dokter di Klinik Apollo. Untuk info lebih lanjut mengenai pengobatan bisa menghubungi kontak kami di 081233881616 atau dengan konsultasi dibawah ini.