Sistitis Tanpa Pengobatan Sangat Berbahaya

Sistitis adalah peradangan atau pembengkakan kandung kemih yang biasanya disebabkan oleh infeksi. Kondisi ini dapat mempengaruhi wanita dibandingkan pria dan dapat terjadi pada usia berapapun. Ini adalah jenis infeksi saluran kemih (ISK) yang paling umum terutama pada wanita. Jika terasa sakit atau ketidaknyamanan saat kencing maka bisa menderita kondisi ini.

Jika tidak segera mengobatinya, kondisi ini dapat menyebabkan infeksi ginjal yang serius. Kondisi pada anak-anak bisa serius. Jika seorang anak memiliki gejalanya maka segera lakukan pemeriksaan dengan dokter sesegera mungkin. Pada wanita dengan diabetes (kencing manis) lebih cenderung terkena kondisi ini. Pada wanita hamil dengan kondisi ini lebih mungkin terkena infeksi ginjal.

Apa Itu Sistitis?

Sistitis adalah radang kandung kemih yang biasanya disebabkan oleh infeksi kandung kemih. Ini adalah jenis umum dari ISK terutama pada wanita dan biasanya lebih merupakan gangguan daripada penyebab kekhawatiran yang serius. Kasus yang ringan biasanya membaik dengan sendirinya dalam beberapa hari. Akan tetapi seseorang sering mengalami episode kondisi yang kemungkinan memerlukan pengobatan jangka panjang. Kondisi ini juga dapat menyebabkan infeksi ginjal yang lebih serius dalam beberapa kasus.

konsultasi

Apa Yang Menyebabkan Kondisi Ini?

Sebagian besar kasus ini terjadi ketika bakteri yang hidup tidak berbahaya di usus atau di kulit masuk ke kandung kemih melalui uretra (tabung yang membawa urine keluar daru tubuh). Penyebabnya terkadang tidak jelas, akan tetapi beberapa hal dapat meningkatkan risiko terkena, termasuk:

• Berhubungan seksual.
• Mengusap anal dari area belakang ke area depan setelah kencing atau setelah buang air besar (BAB).
• Memiliki kateter urine (tabung yang tipis dan dimasukkan ke dalam uretra untuk mengalirkan kandung kemih).
• Sedang hamil.
• Menggunakan diafragma untuk kontrasepsi.
• Menderita diabetes (kencing manis).
• Memiliki sistem kekebalan tubuh yang melemah.

Wanita yang lebih sering terkena kondisi ini daripada pria dikarenakan anus wanita lebih dekat dengan uretra dan uretranya jauh lebih pendek yang berarti bakteri dapat masuk ke kadnung kemih dengan lebih mudah.

Baca Juga : Cystitis Adalah Peradangan Pada Organ Kandung Kemih

konsultasi

Gejala Sistitis Pada Umumnya

Berikut ini beberapa gejala sistitis pada umumnya dapat meliputi:

• Rasa terbakar atau sakit saat kencing.
• Sering kencing.
• Rasa sakit yang konstan dan tumpul di perut bagian bawah.
• Air seni yang berbau mengandung darah dan keruh.
• Rasa sakit dan menyengat saat kencing.
• Kencing yang terdesak.
• Urine yang gelap dan berawan.
• Nyeri di perut.
• Terasa pegal.
• Demam.
• Lemah dan lekas marah.
• Nafsu makan berkurang dan muntah.

konsultasi

Perlukan Kondisi Ini Didiagnosis?

Jika merasa menderita sistitis, maka segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter untuk melakukan tes atau pengujian urine. Selain itu juga memeriksa penyebab gejala lainnya. Pemeriksaan ini dapat mencakup pemeriksaan panggul (pelvic) untuk memastikan vagina sehat atau rontgen dan ultrasonografi sistem kemih. Infeksi menular seksual (IMS) sering menyebabkan infeksi pada uretra dan gejalanya mirip dengan kondisi ini. Seseorang dengan usia dibawah 25 tahun harus melakukan tes atau pengujian klamidia.

Sistitis02

Penanganan Sistitis Di Kalangan Remaja

Dokter meresepkan pengobatan antibiotik, selain itu menyarankan untuk istirahat yang penuh dan banyaknya mengkonsumsi cairan. Gejala akan hilang setelah beberapa hari akan tetapi perlu melakukan semua pengobatan antibiotik untuk memastikan infeksinya benar-benar hilang. Jika pengobatan antibiotik tidak dapat membantu, maka lakukan konsultasi lagi dengan dokter.

Jika telah mengalami gejala yang ringan selama kurang dari 3 hari atau pernah menderita kondisi ini sebelumnya. Maka harus melakukan pemeriksaan dengan dokter. Usahakan mengkonsumsi cairan berlebih atau dengan air hangat yang ditempelkan di perut atau diantara paha, usahakan hindari berhubungan seksual.

Setelah kencing atau setelah buang air besar (BAB) untuk membasuhnya usahakan dari area depan ke area belakang. Pengobatan dapat membantu mengurangi keasaman urine. Pengobatan ini bisa Anda temui hanya di Klinik Apollo. Anda tidak perlu merasa khawatir lagi. Karena sudah banyak yang melakukan pengobatan di Klinik Apollo dan hasilnya sembuh.

Tidak hanya itu, Anda akan ditangani secara langsung oleh dokter yang bersangkutan. Dengan bantuan peralatan medis yang sudah canggih dan modern. Tidak akan kalah dengan pengobatan di klinik lain. Hubungi kami segera di nomor 081233881616 atau melalui layanan hotline kami seperti dibawah ini.

Baca Juga : Sistitis Adalah Radang Pada Organ Kandung Kemih

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikgonore.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.