Susah Buang Air Kecil Pada Pria Dan Wanita

Anda mungkin pernah merasa tidak tahan untuk buang air kecil, namun yang terjadi justru susah buang air kecil. Jika Anda sering mengalami hal tersebut, maka jangan tunda untuk periksakan ke dokter. Jika tidak segera diatasi, kondisi ini bisa memicu infeksi pada organ vital lainnya, seperti kandung kemih atau ginjal. Lantas apa saja penyebab susah buang air kecil pada kalangan pria dan wanita? Mari simak ulasan kami kali ini.

Baca juga: SISTITIS ADALAH RADANG PADA ORGAN KANDUNG KEMIH

konsultasi

Apa Penyebab Susah Buang Air Kecil Pada Pria

Secara umum, penyebab susah buang air kecil disebabkan oleh adanya kelainan struktur atau otot yang mempengaruhi fungsi kandung kemih. Jadi bentuk saluran kemih antara kalangan pria dan wanita berbeda, maka penyebab susah buang air kecil pada keduanya berbeda.

1.Gangguan saraf

Diabetes tipe 2 yang tidak segera diobati akan membuat Anda alami susah buang air kecil. Pasalnya gula darah yang tinggi bisa merusak saraf pada beberapa bagian tubuh, termasuk saraf kandung kemih. Kondisi tersebut disebut dengan neuropati diabetic.

Saat saraf kandung kemih Anda mengalami kerusakan, maka sistem pembuangan urin akan terganggu. Hal tersebut berlaku untuk kasus gangguan saraf lainnya, seperti cacat tabung saraf, multiple sclerosis, tumor otak, dan HIV.

konsultasi

susah buang air kecil

2.Prostat bengkak

Seiring bertambahnya usia, kelenjar prostat pria akan membesar dan membentuk sebuah tonjolan. Hal tersebut sebenarnya hal wajar, namun jika kelenjar prostat terus membengkak dan tidak terkendali, maka saluran terakhir yang membuang urin akan terhimpit dan menyebabkan dinding kandung kemih menebal.

Akibatnya, pria menjadi kesulitan keluarkan urin dari kandung kemih, bahkan Anda juga bisa mengalami inkontinensia urin atau mengompol, karena sulit kendalikan kandung kemih untuk menahan kencing.

3.Infeksi saluran kencing

Setiap sistem saluran kemih dapat terserang infeksi. Namun kandung kemih atau uretra merupakan dua bagian yang paling sering terserang infeksi bakteri atau virus. Ketika kandung kemih atau uretra membengkak, maka saluran kencing akan tertekan dan terhimpit.

4.Operasi

Operasi yang dijalankan pada ginjal, saluran kencing, dan kandung kemih dapat memicu tumbuhnya jaringan parut. Akibatnya, jaringan parut tersebut yang akan membuat pria kesulitan buang air kecil.

konsultasi

Apa Penyebab Susah Buang Air Pada Wanita

Menopause

Wanita yang sudah memasuki masa menopause sering mengeluh susah buang air kecil. Ini disebabkan menopause yang membuat kadar hormone estrogen dalam tubuh menurun. Padahal, hormone tersebut berperan penting memperkuat otot vagina.

Prolaps kandung kemih

Ketika Anda mengalami susah buang air kecil dalam jangka panjang, segera konsultasikan ke dokter. Sebab bisa jadi Anda mengalami masalah prolaps kandung kemih. Kondisi ini merupakan masalah saat dinding vagina yang menopang kandung kemih Anda melemah, akibatnya kandung kemih jatuh perlahan dan menonjol keluar vagina.

Infeksi saluran kencing

Faktanya wanita memang lebih sering terserang infeksi saluran kencing daripada pria. Hal tersebut yang menjadi salah satu penyebab wanita kesulitan buang air kecil. Virus atau bakteri yang masuk pada saluran kencing wanita dapat tersumbat pada ureter maupun kandung kemih sendiri. Akibatnya urin yang keluar menjadi sedikit, meski hasrat ingin buang air kecil sangat besar.

Jika Anda mempunyai masalah ketika buang air kecil, sekarang saatnya lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Lakukan reservasi sekarang juga di 081233881616. Demikian ulasan mengenai susah buang air kecil, semoga bermanfaat.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.klinikgonore.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.