Apa Pengertian Penyakit Menular Seksual Pada Umumnya?

Pengertian penyakit menular seksual atau PMS adalah infeksi yang dapat ditularkan melalui kontak seksual dengan seseorang yang terinfeksi. Ini juga disebut infeksi menular seksual atau IMS. PMS dapat ditularkan selama hubungan seks vaginal atau jenis lain termasuk seks oral dan seks anal. Pengertian penyakit menular seksual adalah penyakit serius yang membutuhkan pengobatan. Beberapa PMS, seperti HIV, tidak dapat disembuhkan dan bisa mematikan. Dengan mengobati lebih lanjut mengenai PMS, maka dapat mengetahui cara untuk melindungi diri sendiri.

Apa Pengertian Penyakit Menular Seksual Itu?

Pengertian penyakit menular seksual adalah penyakit yang paling sering menular akan tetapi tidak secara eksklusif dan disebarkan atau ditularkan melalui hubungan seksual. HIV, klamidia, herpes genital, kutil kelamin, gonore (kencing nanah) beberapa bentuk hepatitis B dan hepatitis C, sipilis (raja singa) dan trikomoniasis adalah PMS.

Pengertian penyakit menular seksual dulu disebut penyakit kelamin. Pengertian penyakit menular seksual adalah salah 1 penyakit menular yang paling umum. Lebih dari kebanyakan orang yang memiliki penyakit kelamin yang tidak dapat disembuhkan. Setiap tahun, pada kebanyakan kasus baru terjadi. Sebagian dari infeksi ini terjadi pada orang-orang berusia 15 tahun hingga 24 tahun, dan dapat memiliki konsekuensi dalam jangka panjang.

Penyebab Umum Penyakit Menular Seksual

Organisme penyebab di balik PMS meliputi:

• Virus seperti HIV, hepatitis B, Herpes Simpleks Virus (HSV) dan Human Papilloma Virus (HPV).
• Bakteri seperti gonore (kencing nanah), Chlamydia dan sipilis (raja singa).

Pengertian penyakit menular seksual mencakup hampir semua jenis infeksi. PMS bakteri termasuk klamidia, gonore (kencing nanah) dan sipilis (raja singa). Penyakit kelamin virus meliputi HIV, herpes genital, kutil kelamin (HPV) dan hepatitis B atau hepatitis C. Trikomoniasis disebabkan oleh parasit. Kuman penyebab penyakit kelamin bersembunyi di air mani, darah, cairan vagina dan terkadang di air liur.

Sebagian besar organisme disebarkan atau ditularkan melalui hubungan seks vaginal, seks anal, atau seks oral, akan tetapi beberapa seperti yang menyebabkan herpes genital dan kutil kelamin, dapat menyebar atau menular melalui kontak kulit. Penularan hepatitis B dan hepatitis C dengan berbagi barang-barang pribadi, seperti sikat gigi atau pisau cukur dengan seseorang yang memilikinya.

Gejala Utama Penyakit Menular Seksual

Gejala-gejala dari PMS bervariasi dengan jenis infeksi akan tetapi biasanya termasuk:

• Debit dari penis atau dari vagina.
• Gatal di sekitar alat kelamin.
• Nyeri dialami saat berhubungan seksual atau saat kencing. Rasa sakitnya kemungkinan menusuk atau terbakar atau nyeri tumpul di area panggul (pelvic).
• Luka chancre yang biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, luka berwarna merah muncul di sekitar area genital, anus, mulut, lidah atau tenggorokan.
• Nyeri di dalam dan sekitar anus. Demikian pula, kemungkinan adanya luka dan rasa sakit pada seseorang yang melakukan seks oral dengan seseorang yang terinfeksi.
• Kemungkinan adanya lepuhan di sekitar area genital yang berubah menjadi keropeng.
• Kemungkinan juga adanya kutil berwarna daging yang lembut di sekitar area genital.
• Kemungkinan adanya ruam bersisik di atas telapak tangan dan telapak kaki.

Dalam kasus infeksi hepatitis, urine kemungkinan tampak gelap dan tinja berwarna terang dan seperti kapur. Bagian putih mata, dasar kuku dan kulit juga bisa menjadi warna kekuningan. Gejala umum termasuk demam, lemah, nyeri tubuh dan otot dan pembengkakan kelenjar getah bening. Pada seseorang dengan infeksi HIV yang telah berkembang menjadi AIDS, penurunan berat badan, infeksi berulang, keringat malam dan kelelahan kemungkinan muncul.

Penyakit Menular Seksual Dan Cara Mendiagnosisnya

Seseorang dengan perilaku seksual berisiko tinggi serta yang memiliki gejala PMS perlu diperiksa untuk mengetahui adanya PMS. Jika tidak segera diobati, infeksi ini kemungkinan memiliki konsekuensi parah jangka panjang dan juga dapat ditularkan ke pasangan yang terinfeksi. Pengobatan yang bervariasi sesuai dengan jenis infeksi adalah mencegah penularan infeksi lebih lanjut dan mengobati semua pasangan seksual yang terlibat. Konsultasikan dengan dokter. Dokter dapat memeriksa dan melakukan tes atau pengujian untuk menentukan menderita PMS.

Pengertian Penyakit Menular Seksual02

Cara Tepat Obati Penyakit Menular Seksual

Pada kebanyakan PMS diobati dengan pengobatan antibiotik. Jika diberi pengobatan antibiotik untuk mengobati PMS, penting untuk mengonsumsi semua pengobatan, meskipun gejalanya hilang. Selain itu, pengobatan dapat membuat lebih sulit terinfeksi. Konsultasikan dengan dokter mengenai kesehatan seksual wanita atau kesehatan seksual pria, konsultasikan secara terbuka dengan dokter.

Tidak ada alasan untuk malu mengenai masalah seksual. Dokter dapat secara efektif mengobati berbagai masalah seksual, termasuk dari setiap pengertian penyakit menular seksual tersebut, herpes genital, HPV, HIV atau penyakit menular seksual lainnya (PMS). Hubungi kami Klinik Apollo saat ingin melakukan pengobatan di nomor 081233881616 atau melalui layanan dibawah ini.