Gonore Adalah Kencing Nanah Menular

Gonore adalah penyakit kencing nanah yang menular. Gonore disebabkan oleh bakteri. Gonore dapat ditularkan dari ibu ke bayinya selama persalinan. Gonore dan klamidia bisa dialami secara bersamaan. Jika tidak segera diobati, gonore dapat meningkatkan risiko seseorang tertular atau menularkan HIV lebih lanjut.

Pengertian Gonore Adalah

Gonore adalah penyakit menular seksual (PMS) yang umum dan terkadang dapat mempengaruhi beberapa pria dan wanita setiap tahunnya. Gonore adalah kondisi yang mudah diobati akan tetapi dapat menyebabkan komplikasi serius dan terkadang permanen. Penyakit radang panggul (PID) terjadi pada wanita ketika infeksi gonore (kencing nanah) mempengaruhi uterus atau saluran tuba. Komplikasi paling serius yang terkakit dengan penyakit radang panggul (PID) adalah infertilitas (kemandulan). Komplikasi pada pria dengan gonore adalah epididimitis (radang tabung yang membawa sperma) dan infertilitas (kemandulan).

Apa Yang Menyebabkan Gonore?

Gonore adalah kondisi ini disebabkan oleh bakteri Neisseria Gonorrhoeae dan tidak hanya mempengaruhi saluran reproduksi akan tetapi juga dapat mempengaruhi selaput lendir mulut, tenggorokan, mata dan dubur. Gonore adalah infeksi ditularkan melalui kontak seksual dengan seseorang yang terinfeksi yang melibatkan penis, vagina, anus dan mulut. Pria tidak perlu berejakulasi untuk menularkan atau tertular gonore. Gonore juga dapat ditularkan dari ibu yang terinfeksi ke bayinya selama persalinan. Meskipun semua orang yang aktif secara seksual berisiko mendapatkan gonore, tingkat infeksi tertinggi terjadi pada remaja dan dewasa.

Apa Saja Gejala Pada Gonore?

Pada kebanyakan orang tidak memiliki gejala, sehingga dapat menularkan gonore ke pasangan seksualnya tanpa menyadarinya. Jika adanya gejala kemungkinan termasuk:

• Terasa nyeri saat kencing.
• Keputihan atau cairan berwarna putih yang tidak normal (abnormal) dari vagina atau penis.

Infeksi gonore di tenggorokan dapat menyebabkan sakit tenggorokan, akan tetapi biasanya tidak menimbulkan gejala. Gejala pada pria biasanya lebih mudah diperhatikan daripada gejala pada wanita. Akan tetapi beberapa pria memiliki gejala ringan atau tanpa adanya gejala. Pada wanita, gejala awal kemungkinan sangat ringan segingga keliru untuk infeksi kandung kemih atau infeksi vagina.

Ketika infeksi yang tidak segera diobati pindah ke organ panggul (pelvic) wanita, gejalanya dapat berupa nyeri perut bagian abwah, nyeri saat berhubungan seksual, perdarahan vagina dan demam. Waktu dari pajanan gonore hingga gejalanya muncul biasanya 2 hari hingga 5 hari. Akan tetapi kemungkinan memerlukan 30 hari sebelum gejalanya muncul. Penularan gonore bisa terjadi meskipun tidak adanya gejala, oleh karena itu harus melakukan pengobatan.

Bagaimana Gonore Didiagnosis?

Dokter dapat mendiagnosis infeksi gonore dengan beberapa cara. Dengan mengambil sampel cairan dari area simtomatik pada penis, vagina, dubur atau tenggorokan. Jika adanya infeksi sendi atau infeksi darah, maka sampel yang akan diambil adalah darah atau dengan memasukkan jarum ke dalam sendi yang bergejala untuk menarik cairan.

Setelah itu melakukan pemeriksaan dibawah mikroskop. Jika sel bereaksi, kemungkinan besar mengalami infeksi gonore. Metode ini relatif cepat dan mudah akan tetapi tidak bisa akurat. Tes atau pengujian ini juga dapat dilakukan di laboratorium. Metode yang lainnya melibatkan pengambilan jenis sampel yang sama dan menempatkannya. Ini akan diinkubasi dalam kondisi pertumbuhan ideal selama beberapa hari. Koloni bakteri gonore akan tumbuh jika adanya gonore.

Gonore Adalah02

Cara Ampuh Dalam Mengatasi Gonore

Setelah menunjukkan gejala, dokter dapat merkomendasikan tes atau pengujian untuk gonore selain penyakit lainnya. Pengujian untuk gonore dapat diselesaikan dengan menganalisis sampel urine atau usap area yang terkena. Sampel swab biasanya diambil dari penis, serviks (leher rahim), uretra, anus dan tenggorokan. Swab vagina dapat dilakukan atau kit yang dilakukan di laboratorium. Jika tes dan pengujian ini positif untuk infeksi gonore, seseorang dan pasangan seksualnya harus melakukan pengobatan dan bisa melibatkan:

• Pengobatan antibiotik dengan intravena dan pengobatan oral.
• Tidak melakukan hubungan seksual hingga pengobatannya selesai karena masih ada risiko komplikasi dan penyebaran atau penularan infeksi.
• Mengulangi tes dan pengujian dalam beberapa kasus. Setelah selesai pengobatan dalam 7 hari harus melakukan tes dan pengujian ulang.

Pada wanita hamil dan terinfeksi gonore, bayinya harus diobati terutama pada bagian mata untuk mencegah penularan gonore. Namun pengobatan antibiotik kemungkinan diperlukan jika infeksi mata berkembang. Untuk lebih jelas mengenai pengobatan gonore ini dengan menghubungi langsung dokter di Klinik Apollo. Anda bisa menghubungi kami di nomor 081233881616 atau dengan layanan medis dibawah ini.