Gonorrhea Adalah Penyakit Seks Menular Berbahaya

Gonorrhea adalah penyakit menular seksual (PMS) yang dapat menginfeksi pria dan wanita. Gonorrhea adalah penyakit yang dapat menyebabkan infeksi pada alat kelamin (organ seksual), dubur (bagian akhir dari usus besar dan berakhir di anus) serta tenggorokan. Gonorrhea adalah infeksi yang sangat umum terutama dikalangan remaja usia 15 tahun hingga 24 tahun. Seseorang yang aktif secara seksual dapat terkena gonorrhea. Gonorrhea adalah penyakit yang dapat menyebabkan komplikasi yang sangat serius ketika tidak segera diobati, akan tetapi dapat disembuhkan dengan pengobatan yang tepat.

Pengertian Gonorrhea Adalah

Gonorrhea adalah PMS yang disebabkan oleh bakteri yang tumbuh dan berkembang biak di area saluran reproduksi yang lembab dan hangat termasuk serviks (leher rahim), uterus (rahim) dan saluran tuba (saluran telur) pada wanita dan di uretra (saluran kemih) pada wanita dan pada pria. Bakterinya dapat tumbuh di mulut, di tenggorokan, di mata dan di anus. Pada wanita, serviks (leher rahim) adalah area infeksi paling umum. Namun penyakit ini dapat menyebar atau menular ke rahim dan ke saluran tuba yang mengakibatkan penyakit radang panggul (PID). Hal ini dapat menyebabkan infertilitas atau kemandulan dan kehamilan ektopik.

Penyebab Utama Gonorrhea Adalah

Seseorang terkena gonorrhea saat melakukan hubungan seks vaginal, seks anal atau seks oral dengan seseorang yang menderita gonorrhea. Seorang wanita hamil dengan gonorrhea dapat menularkan infeksinya pada bayinya saat melahirkan. Gonorrhea disebabkan oleh bakteri yang bernama Neisseria Gonorrhoeae (Gonococcus). Gonorrhea adalah penyakit yang masih dapat ditularkan melalui cairan bahkan jika seorang pria tidak mengalami ejakulasi.

Gonorrhea adalah penyakit yang dapat menyebar atau menular dari ibu yang tidak diobati ke bayinya saat melahirkan. Seseorang pernah menderita gonorrhea dan telah melakukan pengobatan namun dapat terinfeksi lagi jika melakukan kontak seksual dengan seseorang yang terinfeksi gonorrhea. Ketika infeksinya terjadi pada anak-anak, biasanya disebabkan dari pelecehan pada anak-anak.

Baca Juga : Penyebab Penyakit Gonore Menyerang Kaum Wanita

Tanda Dan Gejala Umum Gonorrhea

Beberapa pria dengan gonorrhea kemungkinan tidak memiliki gejala sama sekali. Namun gejala umum pada pria termasuk sensasi terbakar saat kencing atau keluarnya cairan berwarna putih, kuning atau hijau dari penis yang biasanya muncul dalam 1 hari hingga 14 hari setelah infeksi. Terkadang pria dengan gonorrhea terkena testis yang menyakitkan atau bengkak.

Pada kebanyakan wanita dengan gonorrhea tidak memiliki gejala apapun. Bahkan ketika seorang wanita memiliki gejala, biasanya ringan dan dapat disalah artikan sebagai infeksi kandung kemih atau infeksi vagina. Gejala awal pada wanita dapat mencakup sensasi nyeri atau terbakar saat kencing, peningkatan keputihan atau perdarahan vagina diantara periode.

Gejala yang lebih lanjut yang menunjukkan perkembangan menjadi penyakir radang panggul (PID) termasuk sakit perut, muntah atau demam. Wanita dengan gonorrhea berisiko mengalami komplikasi serius dari infeksi bahkan jika gejalanya tidak ada atau jika gejalanya ringan. Gejala infeksi dubur pada pria dan pada wanita kemungkinan termasuk keputihan, rasa gatal pada anak, nyeri, perdarahan atau buang air besar (BAB) yang menyakitkan.

Infeksi dubur tidak menimbulkan gejala infeksi di tenggorokan dan dapat menyebabkan sakit tenggorokan akan tetapi biasanya tidak menimbulkan gejala. Pada kebanyakan orang yang menderita gonorrhea tidak memiliki gejala. Jika gejalanya muncul, kemungkinan ringan atau kemungkinan tidak muncul selama beberapa hari setelah berhubungan seksual dengan pasangan seksual yang terinfeksi. Gejala pada pria dapat meliputi:

• Sensasi terbakar saat kencing.
• Cairan yang berwarna putih, kuning atau hijau pada penis.
• Testis yang menyakitkan atau bengkak (meskipun jarang terjadi).

Ketika seorang wanita memiliki gejala, biasanya ringan dan dapat disalahartikan sebagai infeksi kandung kemih atau infeksi vagina. Wanita dengan gonorrhea berisiko mengalami komplikasi serius dari infeksi bahkan jika tidak memiliki gejala. Gejala pada wanita dapat meliputi:

• Sensasi menyakitkan atau terbakar saat kencing.
• Peningkatan keputihan.
• Perdarahan vagina antar periode.

Pria dan wanita juga dapat terinfeksi gonorrhea di rektum, baik melalui hubungan seks anal reseptif atau dari area lain yang terinfeksi (vagina), gejalanya dapat termasuk:

• Cairan yang keluar.
• Anal terasa gatal.
• Rasa sakit.
• Berdarah.
• Gerakan usus yang menyakitkan.

Konsultasikan dengan dokter jika adanya gejala-gejala tersebut.

Gonorrhea Dan Cara Mendiagnosisnya

Sebagian besar, urine dapat digunakan untuk menguji gonorrhea. Namun penyeka dapat digunakan untuk mengumpulkan sampel dari tenggorokan dan dubur jika melakukan seks oral atau seks anal. Dalam beberapa kasus, swab dapat digunakan untuk mengumpulkan sampel dari uretra pria (saluran kemih) atau serviks (leher rahim) wanita.

Gonorrhea Adalah02

Bagaimana Cara Mengobati Gonorrhea?

Gonorrhea dapat disembuhkan dengan pengobatan yang tepat. Dokter biasanya merekomendasikan terapi ganda untuk pengobatan gonorrhea. Sangat penting untuk melakukan semua pengobatan yang diresepkan untuk menyembuhkan gonorrhea. Meskipun pengobatan dapat menghentikan infeksi namun tidak dapat memperbaiki kerusakan secara permanen yang telah dilakukan oleh penyakit.

Resistensi antimikroba pada gonorrhea semakin memprihatinkan dan pengobatan gonorrhea yang berhasil semakin sulit dilakukan. Jika gejalanya berlanjut selama lebih dari beberapa hari setelah melakukan pengobatan, maka harus melakukan pengobatan kembali untuk dievaluasi. Gonorrhea dapat disembuhkan dengan pengobatan yang tepat.

Untuk melakukan pengobatan gonorrhea Anda bisa melakukan pengobatan di Klinik Apollo. Anda tidak perlu khawatir, pengobatan yang dilakukan sangat terjangkau dengn pelayanan yang sangat baik. Karena Klinik Apollo sangat mengutamakan kepuasan dan kesembuhan setiap pasiennya. Info lebih lanjut hubungi 081233881616 atau layanan konsultasi online seperti dibawah ini.