Jenis Penyakit Kelamin Pada Kalangan Pria

Jadi organ kelamin pria memang rawan terserang berbagai jenis infeksi, lalu apa saja jenis penyakit kelamin?. Nah apa saja jenis penyakit kelamin yang biasa hinggap? Banyak faktor dan penyebab yang menimbulkan infeksi menyerang kaum pria, nah kami akan uraikan beberapa jenis penyakit yang harus Anda pahami, berikut ini:

Baca juga: PENYAKIT GONORRHEA APAKAH BISA DISEMBUHKAN?

Apa Saja Jenis Penyakit Kelamin Pada Kalangan Pria

1.Kencing nanah

Gonore atau kencing nanah merupakan infeksi bakteri yang tumbuh di alat kelamin. Pada tahap lanjutan, penyakit kelamin ini akan menimbulkan rasa nyeri kepada para penderitanya ketika buang air kecil. Nanah yang keluar dari kemaluan tersebut membuat seseorang cukup menderita. Penyakit ini bisa Anda atasi dengan antibiotic.

2.Herpes

Jenis penyakit kelamin selanjutnya yakni herpes. Infeksi kelamin pria ini disebabkan oleh sebuah virus. Jika tubuh Anda rentan, maka virus herpes akan menyerang. Ada lubang kecil terbuka dan berair merupakan salah satu tanda Anda terserang herpes. Tanda ini terkadang tidak terlihat, mendapati herpes dalam tubuh merupakan masalah yang harus diperhatikan. Sebab virus herpes tidak mudah menghilang, mereka akan menetap dalam tubuh dan akan kambuh tanpa mengenal waktu.

penyakit kelamin

3.Infeksi jamur

Infeksi kelamin pria yang lainnya yakni infeksi jamur. Seperti namanya, penyakit tersebut disebabkan oleh jamur yang menimbulkan kemerahan dan rasa gatal di bawah kulit penis. Selain penyakit kelamin pria yang sudah kami sebutkan diatas, ada jenis kelamin pria lainnya seperti AIDS hingga HIV.

Untuk sifilis, tanda dan gejala yang ditimbulkan memang tidak terlalu terlihat. Namun di stadium lanjut, penyakit ini akan menyebabkan penderita mengalami kesehatan yang menurun. Banyak komplikasi akibat penyakit raja singa tersebut, bisa berupa rapuh pada tulang, hingga rusaknya organ pada tubuh lain, jika tidak segera ditangani sedari awal akan menyebabkan komplikasi yang lebih berbahaya.

Infeksi kelamin pria bisa terjadi akibat beberapa hal, tanpa terkecuali. Semua organ tubuh memang harus tetap sehat dan berfungsi normal. Demikian juga dengan alat kelamin seperti halnya vagina dan penis. Contohnya menggunakan pakaian yang tepat untuk menyerap keringat, sehingga organ intim tidak lembab atau membersihkan penis dan vagina dengan baik setelah buang air kecil.

4.Penis bengkok

Pada kondisi normal, penis pria akan lurus ketika ereksi. Namun penis penderita yang bengkok akan melengkung ke kanan, kiri, atau bawah. Bahkan penis bisa menjadi lebih pendek, alhasil penderita penis tersebut menjadi kesulitan ereksi.

Penyakit ini disebabkan oleh adanya benjolan atau plak keras, sehingga menyebabkan peradangan yang bisa berkembang menjadi jaringan fibrosa. Hal tersebut bisa terjadi karena penis mengalami sebuah cedera, misalnya ketika berolahraga, kecelakaan, dan berhubungan seksual.

5.Kulit kering

Selain tidak terasa nyaman, kulit kering pada penis yang pecah-pecah akan menimbulkan rasa nyeri. Penyebab penyakit kelamin pria tersebut penis tidak bersih, pemilihan sabun dan detergen yang tidak tepat, serta menggunakan celana dalam yang kurang bersih.

Cara menangani kulit kering pada penis yakni menggunakan sabun mandi yang mengandung pelembab, gunakan deterjen yang tidak mengandung bahan keras, dan cuci celana dalam hingga bersih. Jika tidak ada perubahan pada penyakit kelamin tersebut, segera periksakan kondisi Anda untuk memperoleh penanganan yang tepat.

Lakukan pemeriksaan bersama kami di Klinik Apollo untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan akurat. Untuk reservasi yang mudah Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai penyakit kelamin, semoga bermanfaat.