Kenali Penularan Penyakit Menular Seksual Secara Umum

Penyakit menular seksual (PMS) adalah suatu kondisi yang ditularkan dari 1 orang ke orang lain melalui kontak seksual. Seseorang dapat tertular PMS dengan melakukan seks vaginal, seks anal dan seks oral yang tidak aman dengan penderita PMS. PMS juga dapat disembuh infeksi menular seksual (IMS) atau penyakit kelamin. Bukan berarti seks adalah salah 1 cara penularan PMS. Tergantung pada penyakit kelamin yang spesifik, infeksi juga dapat ditularkan melalui penggunaan jarum suntik dan menyusui.

Apa Yang Dimaksud Dengan Penyakit Menular Seksual?

Penyakit menular seksual adalah IMS dari 1 orang ke orang lainnya melalui kontak seksual. PMS ini dikenal sebagai IMS atau penyakit kelamin. Beberapa PMS dapat menyebar atau menular melalui penggunaan jarum yang tidak disterilkan, dari ibu ke bayinya selama persalinan atau selama menyusui dan trasnfusi darah.

Area genital umumnya area yang lembab dan hangat, ideal untuk pertumbuhan ragi, virus dan bakteri. Orang-orang dapat menularkan mikroorganisme yang menghuni kulit atau selaput lendir alat kelamin. Organisme menular juga dapat berpindah diantara orang-orang dalam air mani, cairan vagina atau darah selama hubungan seksual.

Seseorang menularkan PMS lebih mudah ketika tidak menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom, bendungan oral dan sanitasi mainan seks (seks toys). Beberapa infeksi dapat menular melalui kontak seksual akan tetapi tidak digolongkan sebagai PMS. Seperti meningitis dapat ditularkan selama kontak seksual akan tetapi seseorang dapat tertular karena alasan lain. Oleh karena itu tidak digolongkan sebagai penyakit kelamin.

Apa Yang Menyebabkan Penyakit Tersebut?

Penyakit menular seksual dapat disebabkan oleh:

• Bakteri (gonore atau kencing nanah, sipilis atau raja singa dan klamidia).
• Parasit (trikomoniasis).
• Virus (Human Papilloma Virus atau HPV, herpes genital dan HIV).

Aktifitas seksual berperan dalam menyebarkan atau menularkan banyak infeksius lainnya meskipun kemungkinan terinfeksi tanpa kontak seksual. Termasuk virus hepatitis A, B dan C, Shigella dan Giardia Intestinalis.

Apa Saja Tanda-Tanda Penyakit Menular Seksual?

1. Tanda-Tanda PMS Pada Pria
Kemungkinan untuk tertular PMS tanpa mengembangkan gejala. Akan tetapi beberapa IMS dapat menyebabkan gejala yang jelas, pada pria gejala umumnya dapat termasuk:

• Rasa sakit atau ketidaknyamanan saat berhubungan seksual atau kencing.
• Luka, benjolan atau ruam di sekitar penis, testis, anus, bokong, paha atau mulut.
• Debit yang tidak biasa atau perdarahan dari penis.
• Testis yang menyakitkan atau bengkak.

Gejala spesifik dapat bervariasi tergantung pada penyakit kelamin.

2. Tanda-Tanda PMS Pada Wanita
Dalam kebanyakan kasus, PMS tidak menyebabkan gejala yang nyata. Ketika terjadi gejala pada wanita secara umum maka dapat meliputi:

• Rasa sakit atau ketidaknyamanan saat berhubungan seksual atau kencing.
• Luka, benjolan atau ruam di sekitar vagina, anus, bokong, paha dan mulut.
• Keputihan atau perdarahan yang tidak biasa dari vagina.
• Terasa gatal di dalam atau di sekitar vagina.

Gejala spesifik dapat bervariasi dari 1 PMS ke yang lainnya.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penyakit Ini?

Dalam kebanyakan kasus, dokter tidak dapat mendiagnosis penyakit menular seksual berdasarkan gejalanya saja. Jika adanya PMS kemungkinan akan direkomendasikan untuk tes dan pengujian untuk melakukan pemeriksaan. Tergantung pada riwayat seksual, dokter merekomendasikan tes dan pengujian penyakit kelamin bahkan jika tidak memiliki gejala.

Ini karena PMS tidak menyebabkan gejala yang nyara dalam kebanyakan kasus. Akan tetapi PMS yang tidak memiliki gejala dapat menyebabkan kerusakan atau penularan pada orang lain. Dokter dapat mendiagnosis sebagian besar PMS dengan menggunakan tes dan pengujian urine atau darah selain itu pengambilan sampel dari alat kelamin. Jika mengembangkan luka, kemungkinan disarankan untuk swab.

Tes dan pengujian untuk PMS dilakukan secara langsung oleh dokter. Kit untuk beberapa PMS, akan tetapi kemungkinan tidak selalu dapat diandalkan. Lakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter. Sangat penting untuk mengetahui pap smear bukanlah tes atau pengujian penyakit kelamin. Pap smear memeriksa keberadaan sel prakanker pada serviks (leher rahim). Walaupun kemungkinan juga dikombinasikan dengan tes atau pengujian HPV, pap smear negatif bukan berarti tidak memiliki PMS. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengenai tes atau pengujian penyakit kelamin.

Penyakit Menular Seksual02

Cara Menangani Penyakit Menular Seksual

Pengobatan yang dapat disarankan untuk penyakit menular seksual sangat bervaraisi tergantung pada penyakit menular seksual yang dimiliki. Pasangan seksual Anda juga harus melakukan pengobatan, jika tidak dapat menularkan infeksinya secara bolak balik.

• PMS Bakteri
Biasanya pengobatan antibiotik dapat dengan mudah mengobati infeksi bakteri. Sangat penting untuk menyelesaikan pengobatan yang diresepkan oleh dokter. Bahkan jika merasa lebih baik. Konsultasikan dengan dokter jika gejalanya tidak hilang atau kambuh setelah melakukan semua pengobatan yang diresepkan.

• PMS Virus
Pengobatan antibiotik tidak dapat mengobati PMS virus. Sebagian besar infeksi virus tidak ada pengobatannya, beberapa dapat disembuhkan dengan sendirinya. Dan dalam kebanyakan kasus, fungsi pengobatan dapat meredakan gejala dan dapat mengurangi risiko penularan. Pengobatan dilakukan untuk mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan gejala herpes. Pengobatan juga dapat membantu menghentikan perkembangan HIV. Pengobatan antivirus dapat menurunkan risiko penularan HIV ke orang lain.

• PMS Lainnya
Beberapa PMS disebabkan oleh virus atau bakteri. Sebalikanya PMS disebabkan oleh organisme yang kecil lainnya seperti kutu kemaluan, trikomoniasis dan kudis. PMS ini biasanya dapat diobati dengan pengobatan oral dan topikal. Konsultasikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut mengenai kondisi dan pemilihan pengobatan terbaik yang tepat.

Anda bisa melakukan konsultasi di Klinik Apollo. Pengobatan untuk PMS bisa dilakukan hanya di Klinik Apollo. Klinik ini difasilitasi dengan peralatan medis yang sudah canggih dan modern. Namun Anda tidak perlu khawatir. Karena biaya pengobatan di Klinik Apollo ini sangat terjangkau. Hubungi segera kami di kontak nomor 081233881616 atau dengan layanan dibawah ini.