Pencegahan Penularan Pada Penyakit Gonore

Berbagai gangguan kesehatan yang berhubungan dengan alat reproduksi tentu tidak boleh Anda sepelekan, termasuk penyakit gonore. Karena, penularan infeksi yang menyerang organ intim terjadi dengan cepat dan tidak ditandai dengan berbagai gejala.

Tidak terkecuali dengan gonore, penyakit menular seksual yang terjadi karena adanya bakteri gonococcus atau neisseria gonorrhoeae. Hadirnya bakteri ini biasanya dalam bentuk cairan pada vagina atau penis yang sudah terinfeksi.

Tidak hanya menyerang leher rahim, anus, uretra, infeksi bakteri ini bahkan ditemukan pada mata dan tenggorokan. Penularan gonore paling terjadi karena hubungan seksual oral dan anal, atau karena penggunaan seks toys yang sudah terserang infeksi.

Baca juga: GONORE ADALAH KENCING NANAH MENULAR

Bagaimana Pencegahan Penularan Gonore?

Infeksi bahkan bisa terjadi pada bayi jika sang ibu telah tertular penyakit ini sebelumnya. Khususnya pada bayi, infeksi sering terjadi di bagian mata yang bisa menyebabkan kebutaan secara permanen. Faktanya kalangan pria dan wanita yang mengalami infeksi mengaku tidak merasakan tanda dan gejala apapun, sehingga penularan gangguan kesehatan terjadi tanpa disadari.

Namun kemunculan gejala bisa lebih mudah dikenali pada kalangan pria dibandingkan wanita. Hal tersebut disebabkan karena gejala yang hadir pada wanita cenderung tidak jelas, sehingga sulit untuk mendiagnosanya. Jadi begini, jika Anda merasakan nyeri ketika buang air kecil yang disertai dengan cairan kental mirip nanah berwarna hijau atau kuning dari alat kelamin, bisa jadi Anda terserang penyakit gonore.

Namun sebaiknya segera periksakan kondisi kesehatan ke dokter untuk memastikannya, sebab gejala penyakit ini mirip dengan infeksi saluran kemih atau infeksi pada vagina. Maka dari itu penularan gonore terjadi dengan cepat dan penderita tidak menyadarinya, ada baiknya Anda mengetahui secara pasti pencegahan penularan infeksi menular seksual pada dirimu. Apa jenis tindakan yang bisa mencegahnya? Berikut beberapa diantaranya, yang akan kami uraikan dibawah ini.

gonore

1.Komunikasi menjadi kunci utama

Jangan pernah ragu untuk komunikasikan berbagai hal yang berhubungan dengan kondisi kesehatan, terlebih apabila berhubungan dengan masalah organ intim. Perlu ketahui riwayat kesehatan seksual pasangan, jenis pengaman yang dikenakan, dan jumlah pasangan.

2.Menggunakan pengaman sangat penting

Penggunaan pengaman tidak kalah penting jika Anda ingin mencegah diri dari infeksi gonore. Tidak hanya itu saja, pengaman juga dapat mengurangi resiko penularan penyakit seksual menular lainnya, misalnya klamidia atau HIV. Jika Anda sering berganti pasangan seks, menggunakan pengaman sangat diperlukan ketika hubungan intim di jalankan.

3.Hindari berganti pasangan

Penularan penyakit gonore lebih mudah terjadi apabila Anda sering berganti pasangan ketika berhubungan seksual. Sebisa mungkin Anda jangan lakukan seks bebas yang berisiko tularkan gangguan kesehatan tersebut.

4.Berkumur setelah melakukan seks oral

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa berkumur dapat membantu mengurangi resiko terserangnya penyakit gonore. Hal ini tentunya akan membantu jika Anda suka melakukan seks oral. Kandungan alkohol yang ada dalam cairan pembersih mulut aktif mampu membunuh bakteri yang menyebabkan gonore pada tenggorokan dan mulut.

Memahami semua langkah pencegahan dini merupakan langkah yang tepat untuk kurangi resiko penularan infeksi menular seksual ini. Bagi Anda yang mempunyai tanda dan gejala semakin parah bisa lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo terbaik Jakarta untuk dapatkan penanganan yang tepat.

Bersama kami Anda akan memperoleh pelayanan yang profesional dan terjamin. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa hubungi kontak person 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai penyakit gonore, semoga bermanfaat.