Penyakit Gonorrhea Apakah Bisa Disembuhkan?

Penyakit gonorrhea adalah penyakit menular seksual (PMS). Penularannya dari berhubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi. Penyakit ini biasanya menyebabkan rasa sakit dan gejala lain pada saluran genital, akan tetapi juga dapat menyebabkan masalah pada dubur, tenggorokan, mata atau persendian. Baik pada pria maupun wanita bisa tertular, meskipun pria lebih sering tertular daripada wanita.

Penyakit Gonorrhea Adalah

Penyakit gonorrhea adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri menular seksual yang dapat menginfeksi pria dan wanita. Penyakit ini paling sering mempengaruhi uretra, rektum atau tenggorokan. Pada wanita, penyakit ini juga dapat menginfeski serviks (leher rahim). Penyakit gonorrhea paling sering menyebar atau menular saat berhubungan seksual.

Akan tetapi bayi dapat terinfeksi saat melahirkan jika ibunya terinfeksi. Pada bayi, penyakit ini paling sering menyerang mata. Penyakit ini adalah infeksi umum yang dalam kebanyakan kasus tidak menyebabkan gejala. Bahkan kemungkinan tidak diketahui saat terinfeksi. Tidak melakukan hubungan seksual, menggunakan kondom jika melakukan hubungan seksual dan berada dalam hubungan yang saling monogami adalah cara terbaik untuk mencegah infeksi menular seksual (IMS).

Apa Yang Menjadi Penyebab Utama Penyakit Ini?

Penyakit gonorrhea disebabkan oleh bakteri Neisseria Gonorrhoeae. Bakteri penyakit ini paling sering ditularkan dari 1 orang ke orang lain selama kontak seksual termasuk hubungan seks oral (memberi atau menerima), seks anal dan seks vaginal. Penyakit kelamin ini berasal dari bakteri. Meskipun menyebar atau menular melalui seks, seorang pria tidak harus berejakulasi untuk penularannya pada pasangan seksualnya.

Seperti halnya kuman yang lain bisa tertular bakteri yang menyebabkan penyakit ini hanya dari menyentuh area yang terinfeksi pada orang lain. Jika bersentuhan dengan penis, vagina, mulut atau anus dari seseorang yang membawa bakteri ini maka bisa tertular penyakit ini. Kuman ini tidak bisa hidup lebih dari beberapa detik di luar tubuh.

Oleh karena itu tidak bisa tertular PMS ini hanya dengan menyentuh benda-benda seperti kursi toilet atau pakaian. Akan tetapi wanita yang menderita penyakit ini dapat menularkan penyakitnya pada bayinya selama persalinan pervaginam. Bayi yang lahir dengan operasi caesar tidak bisa tertular dari ibunya.

Apa Saja Tanda Dan Gejala Penyakit Gonorrhea?

Gejalanya kemungkinan tidak ada meskipun infeksi penyakitnya aktif. Gejalanya dapat muncul dari 1 hari hingga 14 hari setelah terpapar infeksi. Pria dan wanita mengalami gejala yang sedikit berbeda, gejalanya dapat meliputi:

1. Gejala Gonorrhea Pada Pria
• Cairan berwarna putih, kuning atau hijau menyerupai nanah.
• Peradangan atau pembengkakan kulup.
• Nyeri pada testis atau skrotum.
• Terasa sakit atau sering kencing.
• Cairan berwarna putih, terasa gatal, nyeri, perdarahan atau nyeri saat buang air besar (BAB).
• Terasa gatal, kesulitan dalam menelan atau pembengkakan kelenjar getah bening leher.
• Sakit mata, sensitifitas cahaya atau cairan yang keluar dari mata yang menyerupai nanah.
• Berwarna merah, bengkak, terasa hangat dan nyeri sendi.

2. Gejala Gonorrhea Pada Pria
• Hubungan seksual yang menyakitkan.
• Demam.
• Keputihan berwarna kuning atau hijau.
• Pembengkakan vulva.
• Perdarahan diantara periode.
• Periode yang lebih berat.
• Perdarahan setelah hubungan intim.
• Muntah dan sakit perut atau panggul (pelvic).
• Terasa sakit atau sering kencing.
• Sakit tenggorokan, terasa gatal, sulit menelan atau pembengkakan kelenjar getah bening leher.
• Sakit mata, sensitifitas cahaya dan cairan yang keluar dari mata menyerupai nanah.
• Berwarna merah, bengkak, terasa hangat dan nyeri sendi.

3. Gejala Gonorrhea Pada Anal
• Terasa gatal, perdarahan atau nyeri saat buang air besar (BAB).
• Cairan berwarna putih dari anal.

Sensasi gatal atau terbakar pada mata kemungkinan merupakan gejala konjungtivitis. Jika air mani atau cairan yang terinfeksi bersentuhan dengan mata, maka seseorang dapat mengalami konjungtivitis.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penyakit Ini?

Untuk menentukan adanya bakteri penyakit gonorrhea di tubuh, dokter menganalisis sampel sel. Sampel dapat dikumpulka dengan melakukan:

• Tes Atau Pengujian Urine
Ini dapat membantu mengidentifikasi bakteri di uretra.

• Usap Area Yang Terkena
Usap tenggorokan, uretra, vagina atau dubur dapat mengumpulkan bakteri yang dapat diidentifikasi di laboratorium.

• Tes Atau Pengujian Untuk Infeksi Menular Seksual (IMS) Lainnya
Dokter dapat merekomendasikan tes atau pengujian untuk IMS lainnya. Penyakit ini meningkatkan risiko infeksi terutama klamidia yang sering menyertai penyakit ini. Tes atau pengujian untuk HIV juga direkomendasikan untuk mendiagnosis IMS. Tergantung pada faktor risiko, tes dan pengujian untuk IMS tambahan juga dapat disarankan.

Penyakit Gonorrhea01

Cara Mengatasi Penyakit Gonorrhea Dengan Cepat

Pengobatan untuk penyakit gonorrhea terbagi menjadi:

• Pengobatan Gonorrhea Pada Dewasa
Orang dewasa dengan penyakit ini diobati dengan pengobatan antibiotik. Karena strain yang muncul dari Neisseria Gonorrhoeae terkadang kebal dengan pengobatan. Oleh karena itu dilakukan pengobatan intravena dalam kombinasi, dan pengobatan lain secara oral.

• Pengobatan Gonorrhea Untuk Pasangan Seksual
Pasangan seksual Anda juga harus menjalani tes atau pengujian dan pengobatan untuk penyakit ini, bahkan jika tidak memiliki gejala. Bahkan jika telah melakukan pengobatan karena penyakit ini, maka dapat terinfeksi kembali jika pasangan seksual Anda tidak melakukan pengobatan.

• Pengobatan Gonorrhea Pada Bayi
Bayi yang lahir dari ibu dengan penyakit ini harus melakukan pengobatan di matanya sesegera mungkin setelah lahir untuk mencegah infeski. Jika infeksi mata berkembang, bayi dapat diobati dengan pengobatan antibiotik.

Pengobatan penyakit ini bisa dilakukan di Klinik Apollo. Salah satu klinik yang menangani permasalahan penyakit kelamin. Selain itu juga menangani penyakit andrologi, ginekologi dan PMS lainnya. Biaya pengobtaannya juga sangat terjangkau. Segera hubungi kami di nomor 081233881616 atau dengan layanan online dibawah ini.