Waspadai Penyakit Gonorhea Karena Sangat Menular

Gonorhea adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri ini dapat menginfeksi lapisan selaput lendir pada tubuh. Penyakit ini dapat menginfeksi saluran genital termasuk serviks (leher rahim), uterus, tuba fallopi, uretra (tabung urine dan semen keluar dari tubuh) dan epididimis (tabung di testis yang menyimpan dan membawa sperma). Penyakit ini juga dapat menginfeksi mata melalui kontak dengan cairan yang terinfeksi.

Apa Itu Gonorhea?

Gonorhea adalah IMS yang disebabkan oleh bakteri. Ini dapat ditularkan melalui kontak seksual. Semua orang yang aktif secara seksual kemungkinan berisiko mengalami penyakit ini. Penyakit ini dapat menginfeksi uretra (tabung urine dan air mani keluar dari tubuh), serviks (leher rahim), dubur, tenggorokan, mulut dan mata.

Pada kebanyakan orang dengan penyakit ini tidak memiliki gejala apapun. Jika gejalanya muncul biasanya muncul alam 1 hari hingga 7 hari setelah infeksi. Gejalanya dapat meliputi nyeri vagina, kencing yang menyakitkan dan keluarnya cairan yang normal dari vagina, uretra atau dubur. Untuk menguji penyakit ini, sampel diambil dari area yang diduga infeksi dan diuji atau dites keberadaan bakterinya.

Penyakit ini dapat diobati dan disembuhkan dengan menggunakan pengobatan antibiotik, meskipun beberapa jenis penyakit telah menjadi kebal terhadap beberapa pengobatan antibiotik. Penyakit yang dapat meningkatkan risiko penularan HIV melalui hubungan seksual. Penggunaan kondom yang benar dan konsisten dapat mengurangi risiko penularan penyakit ini.

Baca Juga : Penyakit Gonorrhea Apakah Bisa Disembuhkan?

Apa Yang Menyebabkannya?

Seseorang terkena gonorhea dari melakukan hubungan seks anal, seks vaginal atau seks oral dengan seseorang yang menderita penyakit tersebut. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang bernama Neisseria Gonorrhoeae. Penyakit ini masih dapat ditularkan melalui cairan bahkan jika seorang pria tidak mengalami ejakulasi.

Penyakit ini dapat menyebar atau menular dari ibu yang tidak diobati ke bayinya saat melahirkan. Seseorang yang pernah menderita penyakit ini dan telah mengobatinya dapat terinfeksi lagi jika melakukan kontak seksual dengan seseorang yang terinfeksi penyakit ini. Ketika infeksinya terjadi pada anak-anak biasanya disebabkan oleh pelecehan seksual.

Tanda-Tanda Gonorhea Menular

Pada kebanyakan orang dengan gonorhea tidak memiliki gejala. Jika gejalanya muncul biasanya muncul 2 hari hingga 7 hari setelah infeksi (masa inkubasi) dan kemungkinan mengalami berbagai tingkat.

• Infeksi Serviks (Leher Rahim)
Gejalanya dapat berupa peningkatan atau perubahan dalam cairan yang mengalir keluar dari pembukaan vagina, peredaran vagina antar periode, hubungan seksual yang menyakitkan, kencing yang menyakitkan dan rasa sakit di perut bagian bawah.

• Infeksi Uretra
Gejalanya dapat meliputi keluarnya cairan uretra berwarna putih, kuning atau hijau, kencing yang menyakitkan, rasa gatal pada uretra dan nyeri testis dan pembengkakan.

Gejala penyakit ini dapat bervariasi untuk setiap orang jika telah menjalani operasi dan tergangung pada jenis operasinya juga.

• Infeksi Rektum Atau Anus
Gejala dapat berupa gatal pada anal, keputihan pada anal, keputihan atau cairan berwarna putih pada anal, buang air besar (BAB) yang menyakitkan atau urgensi untuk buang air besar (BAB).

• Infeksi Tenggorokan (Faringeal Gonore Atau Kencing Nanah) Dan Mulut
Infeksi pada mulut atau tenggorokan sering tidak memiliki gejala. Namun seseorang dengan infeksio ini dapat mengalami sakit tenggorokan.

• Infeksi Mata
Infeksi penyakit pada mata yang menghasilkan kondisi yang disebut konjungtivitis (mata berwarna merah muda). Gejalanya dapat meliputi mata merah yang terasa gatal dan cairan yang keluar berwarna hijau, putih atua kuning yang mneutupi kulit mata.

Gejala penyakit ini kemungkinan ringan atau bisa keliru untuk infeksi lain.

Bagaimana Cara Akurat Mendiagnosisnya?

Sebagian besar waktu, tes atau pengujian urine dapat digunakan untuk menguji gonorhea. Namun jika seseorang telah melakukan hubungan seks oral atau seks anal, penyeka dapat digunakan untuk mengumpulkan sampel dari tenggorokan dan dubur. Dalam beberapa kasus, swab dapat digunakan untuk mengumpulkan sampel dari uretra pria (saluran kemih) atau serviks (leher rahim) wanita.

Gonorhea02

Cara Mengobati Gonorhea Dengan Mudah

Gonorhea dapat disembuhkan dengan pengobatan yang tepat. Biasanya direkomendasikan dengan terapi ganda (menggunakan 2 pengobatan) untuk pengobatan penyakit ini. Sangat penting untuk mengkonsumsi semua pengobatan yang diresepkan untuk menyembuhkan penyakit ini. Pengobatan untuk penyakit ini tidak boleh dibagikan dengan siapapun.

Meskipun pengobatan dapat menghentikan infeksi, namun tidak dapat memperbaiki kerusakan permanen yang telah terjadi oleh penyakit tersebut. Resistensi antimikroba pada penyakit ini semakin menjadi perhatian dan pengobatan penyakit ini menjadi semakin sulit. Jika gejalanya berlanjut selama lebih dari beberapa hari setelah diobati, maka harus melakukan pemeriksaan dan pengobatan kembali dengan dokter untuk dievaluasi.

Pengobatan terampuh untuk penyakit ini bisa dilakukan di Klinik Apollo. Sudah banyak yang melakukan pengobatan di Klinik Apollo dan hasilnya sembuh. Pada kebanyakan orang mempercayakan pengobatannya hanya di Klinik Apollo. Bukan hanya itu, biaya pengobatannya juga sangat terjangkau.

Anda tidak perlu khawatir, pengobatan dilakukan secara langsung oleh dokter yang bersangkutan. Dan dibantu dengan peralatan medis yang canggih dan modern. Untuk info lebih lanjut mengenai pengobatan di Klinik Apollo. Anda bisa menghubungi kami di kontak nomor 081233881616 atau dengan mengkonsultasikannya melalui layanan medis seperti dibawah ini.

Dengan begitu pengobatan akan berjalan dengan aman dan efektif. Dokter yang menangani sudah ahli dan sangat berpengalaman didalam bidangnya. Melakukan pengobatan di Klinik Apollo tidak kalah dengan melakukan pengobatan di klinik-klinik lain. Klinik Apollo adalah salah 1 klinik terpercaya di Jakarta Indonesia yang mengobati penyakit kelamin.