Apakah Bisa Penyakit Herpes Kelamin Pria Diatasi Sejak Dini?

Penyakit herpes kelamin pria adalah infeksi virus yang berulang seumur hidup. Ada 2 jenis virus yaitu tipe 1 dan tipe 2. Sebagian besar kasus penyakit herpes kelamin rekuren disebabkan oleh virus tipe 2. Pada kebanyakan orang memiliki infeksi yang ringan dan tidak dikenali akan tetapi virusnya dapat mengenai saluran genital. Sebagian besar infeksi penyakit herpes kelamin pria ditularkan secara tidak disadari bahwa terinfeksi dan tidak menunjukkan gejala ketika penularan terjadi.

Apakah Yang Dimaksud Dengan Penyakit Herpes Kelamin?

Penyakit herpes kelamin pria adalah penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh virus tipe 1 dan tipe 2. Sebagian besar penyakit herpes kelamin pria disebabkan oleh virus tipe 2. Pada kebanyakan orang tidak memiliki atau hanya adanya tanda dan gejala dari infeksi virus tipe 1 dan tipe 2. Ketika gejalanya muncul, biasanya muncul sebagai lepuhan di sekitar alat kelamin atau dubur.

Ketika lepuhannya pecah dan meninggalkan luka yang kemungkinan akan sembuh dalam 2 minggu hingga 4 minggu saat pertama kali muncul. Biasanya gejala lain dapat muncul selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah gejala yang pertama, akan tetapi tidak terlalu parah dan jangka waktunya lebih pendek dibandingkan gejala saat pertama kali muncul. Meskipun infeksinya dapat bertahan didalam tubuh tanpa batasan waktu, jumlah gejala cenderung menurun selama beberapa tahun.

Adakah Penyebab Penyakit Herpes Kelamin?

Ada 2 jenis infeksi virus penyakit herpes kelamin pria yaitu Herpes Simpleks Virus (HSV) yang dapat menyebabkannya.

• HSV tipe 1 sering menyebar atau menular melalui kontak kulit ke kulit, HSV tipe 1 biasanya menyebabkan luka atau lepuhan di sekitar mulut dan dapat menyebar atau menular ke area genital melalui seks oral.
• HSV tipe 2 adalah tipe yang biasanya menyebabkan penyakit herpes kelamin pria dan dapat menyebar atau mneular melalui hubungan seksual dan kulit ke kulit. HSV tipe 2 adalah umum dan sangat menular dan dapat menyebar atau menular.

Gejala Utama Penyakit Herpes Kelamin Pria

Gejala penyakit herpes kelamin biasanya muncul dalam beberapa minggu setelah infeksi, akan tetapi gejalanya juga dapat muncul kemudian atau tidak muncul sama sekali. Beberapa orang yang terinfeksi penyakit herpes kelamin tidak memiliki gejala. Tanda dan gejala infeksi dapat bervariasi akan tetapi kemungkinan termasuk:

• Adanya luka yang menyakitkan pada alat kelamin, ini biasanya muncul pertama kali sebagai lepuhan yang kecil dan jelas dan kemudian terlihat seperti luka yang kecil berwarna merah muda atau berwarna merah yang lembut saat disentuh. Lepuhan biasanya muncul dalam kelompok akan tetapi kemungkinan hanya memiliki 1 lepuhan.
• Demam.
• Terasa nyeri otot secara umum.
• Adanya cairan berwarna putih.
• Kencing yang menyakitkan.
• Ketidakmampuan untuk kencing secara normal.
• Terasa nyeri saat berhubungan intim.
• Terasa gatal.
• Kelenjar getah bening yang membesar di selangkangan.

Cara Mendiagnosis Penyakit Herpes Kelamin

Dokter kemungkinan dapat mendiagnosis penyakit herpes kelamin berdasarkan riwayat dan pemeriksaan luka. Selain itu juga dapat mengambil sampel luka atau cairan dari luka dan melakukan pemeriksaan untuk virus penyakit herpes kelamin. Tes atau pengujian darah untuk antibodu penyakit herpes kelamin juga kemungkinan dilakukan. Namun tes atau pengujian darah tidak akan mendeteksi gejalanya saat aktif atau virus yang telah menginfeksinya. Penyakit herpes kelamin dapat didiagnosis melalui metode seperti:

• Pemeriksaan klinis.
• Pengambilan sampel jaringan dari lepuhan atau luka awal.
• Tes atau pengujian darah untuk memastikan diagnosis.

Penyakit Herpes Kelamin Pria02

Cara Ampuh Dalam Menangani Penyakit Herpes Kelamin

Tidak ada pengobatan untuk penyakit herpes kelamin. Namun pengobatan antivirus oral dapat diresepkan untuk membantu penyembuhan luka dan untuk mengurangi frekuensi infeksi berulang, selain itu untuk mempersingkat dan mencegah gejalanya. Terapi supresi untuk penyakit herpes simptomatik dapat mengurangi penularan ke pasangan.

Penyakit herpes kelamin dapat diobati akan tetapi tidak dapat disembuhkan. Pengobatan antivirus dapat mengendalikan sebagian gejala penyakit herpes kelamin. Untuk lebih jelas mengenai pengobatan penyakit herpes kelamin Anda bisa menghubungi kami di Klinik Apollo dengan nomor 081233881616 atau dengan layanan dibawah ini.