Apakah Pengobatan Herpes Bisa Dilakukan Dengan Cepat?

Pada kebanyakan orang dengan virus herpes genital tidak memiliki gejala dan tidak menyadari saat mengidapnya. Lakukan pengobatan herpes sejak dini agar tidak terjadi komplikasi. Herpes adalah infeksi umum. Seseorang bisa tertular herpes genital dari melakukan kontak kulit, kontak vaginal, kontak anal atau seks oral dengan seseorang yang memiliki salah 1 virus.

Penularan herpes dari pasangan seksual yang terinfeksi yang tidak memiliki luka yang terlihat. Penggunaan kondom dapat mengurangi risiko penularan virus. Seorang ibu dapat menularkan infeksi kepada bayinya selama persalinan jika ibu tersebut memiliki gejala pada saat itu. Setelah seseorang terinfeksi virus, virus itu akan tetap berada di dalam tubuh seseorang dan dapat aktif kembali.

konsultasi

Apa Itu Herpes?

Herpes adalah infeksi menular seksual (IMS) yang cukup umum di kalangan pria gay. Ini disebabkan oleh 2 virus yang berbeda akan tetapi terkait erat. Memiliki herpes tipe 2 dapat meningkatkan risiko penularan HIV. Luka yang berkembang lebih mungkin terinfeksi HIV selama hubungan seksual. Ketika mengalami sakit, sistem kekebalan tubuh mencoba menyembuhkannya, oleh karena itu ada banyak sel kekebalan tubuh yang terkonsentrasi di area tersebut.

Itu adalah sel-sel yang terinfeksi HIV. Jika HIV dalam air mani, cairan vagina atau darah bersentuhan dengan herpes maka risiko infeksinya tinggi. Herpes genital adalah infeksi menular seksual (IMS) yang umum yang menyerang pria dan wanita. Ciri-ciri herpes genital termasuk nyeri, gatal dan luka di area genital.

Akan tetapi kemungkinan tidak memiliki tanda atau gejala herpes genital. Jika terinfeksi, maka dapat menular walaupun tidak memiliki luka yang terlihat. Virus herpes dapat menyebabkan herpes genital. Kontak seksual adalah cara utama penyebaran atau penularan virus. Setelah infeksi awal, virus ini tidak aktif di tubuh dan dapat diaktifkan kembali beberapa kali dalam 1 tahun. Tidak ada pengobaan herpes genital, akan tetapi pengobatan dapat meringankan gejala dan mengurangi risiko penularan ke orang lain. Kondom juga dapat membantu mencegah penularan virus.

Apa Yang Menyebabkan Herpes?

Ada 2 jenis infeksi Herpes Simpleks Virus (HSV) yang dapat menyebabkan herpes genital diantaranya:

• Herpes Simpleks Virus (HSV) Tipe 1
Ini adalah jenis yang biasanya menyebabkan luka atau lepuhan demam di sekitar mulut, meskipun dapat menyebar atau menular ke area genital selama seks oral. Kekambuhan jauh lebih jarang terjadi daripada infeksi HSV tipe 2.

• Herpes Simpleks Virus (HSV) Tipe 2
Ini adalah jenis yang biasanya menyebabkan herpes genital. HSV tipe 2 sangat umum dan sangat menular, baik sakit terbuka atau tidak.

Karena virus mati dengan cepat di luar tubuh, hampir tidak mungkin untuk tertular infeksi melalui kontak dari toilet, handuk atau benda lain yang digunakan oleh seseorang yang terinfeksi.

Baca Juga : Penyakit Herpes Disembuhkan Dengan Pengobatan Apa?

konsultasi

Tanda-Tanda Herpes Secara Umum

Terkadang, tidak ada gejala yang terkait dengan herpes. Namun, beberapa gejala dapat terjadi dan ini biasanya akan muncul antara 2 hari hingga 7 hari setelah paparan. Untuk HSV tipe 1 gejalanya dapat muncul dengan kesemutan atau rasa gatal, diikuti oleh luka di sekitar mulut atau pada lubang depan atau pantat. Jika adanya luka, mereka biasanya akan membentuk keropeng. Untuk HSV tipe 2 gejalanya muncul sebagai luka, luka yang menyakitkan atau kesemutan di dekat pantat. Selain itu kemungkinan juga akan mengalami:

• Nyeri otot.
• Demam.
• Sakit kepala.
• Mual.
• Gejala mirip flu.
• Kelenjar bengkak.
• Terasa gatal atau kesemutan, terbakar atau sakit.
• Bintik-bintik atau luka yang menyakitkan yang berubah menjadi lepuhan yang dipenuhi cairan.
• Kemerahan atau ruam di sekitar area genital.
• Pembengkakan area genital.
• Sakit saat kencing.
• Keputihan.

Meskipun kemungkinan tidak mengalami gejala sama sekali, namun masih dapat menyebarkan atau menularkan virus ke pasangan seksual. Selain itu juga dapat mengalami gejala paling cepat 2 hari setelah terinfeksi herpes genital namun tidak mengalami gejala selama berbulan-bulan, bertahun-tahun atau mungkin tidak ada gejala sama sekali.

konsultasi

Bagaimana Herpes Dilakukan Diagnosis?

Jika mengalami gejala, konsultasikan dengan dokter dan lakukan tes atau pengujian herpes. Dokter perlu melakukan swab luka dan biasanya merekomendasikan pemeriksaan IMS secara lengkap. Jika tes atau pengujian menghasilkan diagnosis positif, segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter.

Jika memiliki luka yang di rasa kemungkinan herpes, maka lakukan pemeriksaan. Disarankan pengambilan sampel dari luka dengan menyeka luka terbuka dengan kapas. Jika tidak memiliki gejala, maka dapat memilih untuk mengambil sampel darah untuk menguji herpes, meskipun hasilnya tidak terlalu jelas.

Pengobatan Herpes01

Pengobatan Herpes Yang Umum Dilakukan

Tidak ada pengobatan herpes, karena virus akan tetap ada di dalam tubuh selama masa hidup nya. Namun, dokter dapat meresepkan pengobatan herpes yang akan mengurangi gejala dan mempercepat pemulihan. Selain itu juga, jika menderita herpes, gejalanya mungkin muncul kembali, terutama jika sistem kekebalan tubuh menurun atau selama masa-masa stress.

Pengobatan herpes dapat mengurangi gejala atau kekambuhan gejala yang akan menjadi lebih berkurang dari waktu ke waktu. Pengobatan herper terbaik untuk menghindari gejalanya adalah dengan makan makanan yang sehat dan istirahat dengan baik. Pengobatan herpes dapat direkomendasikan jika gejalanya sering berjangkit.

Pengobatan herpes yang parah adalah pengobatan antivirus. Meskipun pengobatan herpes ini akan membantu mengurangi jumlah gejala yang kemungkinan dimiliki. Dan dapat mempercepat proses penyembuhan, pengobatan herpes ini tidak akan menyembuhkan virus. Pengobatan herpes dapat digunakan dalam beberapa cara, diantaranya:

• Untuk mengobati gejala herpes saat terjadi.
• Untuk mencegah atau mengurangi kekambuhan herpes.

Herpes genital terulang kembali (kekambuhan) pada tahap yang berbeda untuk seseorang yang berbeda. Beberapa orang kemungkinan mengalami beberapa gejala setiap tahun nya sementara beberapa orang tidak akan memiliki gejala selama bertahun-tahun. Untuk informasi dan saran lebih lanjut mengenai pengobatan segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan di Klinik Apollo.

Klinik Apollo adalah salah 1 klinik terbaik di Jakarta Indonesia yang menangani permasalahan penyakit kelamin. Tidak hanya itu, klinik ini sudah banyak menangani pasien dengan kondisi ini. Untuk lebih jelasnya mengenai info pengobatan di Klinik Apollo, hubungi kami di kontak nomor 081233881616 atau bisa juga dengan melakukan konsultasi melalui layanan dibawah ini.

Baca Juga : Simak Ciri Ciri Herpes Yang Perlu Diketahui

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikgonore.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.