Bagaimana Cara Menyembuhkan Herpes Dengan Benar?

Herpes adalah infeksi yang disebabkan oleh virus, baik virus tipe 1 maupun virus tipe 2. Lalu bagaimana cara menyembuhkan herpes tersebut? Meskipun sebagian besar infeksi herpes genital disebabkan oleh virus tipe 2 dan sebagian besar infeksi herpes oral disebabkan oleh virus tipe 1, namun virus tipe 1 atau virus tipe 2 dapat menyebabkan luka yang dikenal sebagai herpes genital. Herpes genital adalah penyakit menular seksual (PMS). Tidak ada pengobatan untuk herpes genital, akan tetapi pengobatan dapat membantu mengendalikan infeksinya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Herpes?

Herpes genital adalah infeksi menular seksual (IMS) umum yang disebarkan atau ditularkan oleh virus. Ini ditularkan ketika seseorang yang terinfeksi melakukan aktifitas seksual dengan seseorang yang tidak terinfeksi, di mana adanya kontak antara bagian tubuh yang terbuka dan basah seperti mulut, penis, vagina dan anus.

Herpes muncul sebagai bintik-bintik yang kecil di sekitar area genital dan area sekitarnya, termasuk anus. Bintik-bintik tersebut kemudian terisi dengan cairan sebelum pecah untuk meninggalkan luka. Herpes genital adalah kondisi penyakit seumur hidup dan gejalanya dapat muncul kembali sekitar 4 kali hingga 5 kali dalam beberapa tahun pertama kali terinfeksi.

Seiring berjalannya waktu, gejalanya menjadi semakin jarang dan tidak terlalu parah. Beberapa orang dengan herpes genital tidak akan mengalami gejala apa pun selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun setelah pertama kali terinfeksi virus, sementara yang lain tidak akan pernah mengalami gejala apa pun dan kemungkinan tidak mengetahuinya bahwa menderita herpes.

Penyebab Umum Herpes

Setiap kulit ke kulit menyentuh dengan area yang terinfeksi dapat menularkan herpes, bahkan jika seseorang tersebut yang memiliki herpes tidak memiliki luka yang terlihat atau gejala lainnya. Begitu menderita herpes, virus itu selalu ada di tubuh, sehingga bisa menular melalui hubungan seks oral, seks vagina atau seks anal. Dan bagaimana cara menyembuhkan herpes tersebut?.

Herpes oral, infeksi pada bibir, mulut atau gusi yang menyebabkan luka dan dapat menyebar atau menular dari mulut ke area genital selama seks oral. Dan seperti halnya herpes oral dapat menginfeksi alat kelamin dan menyebabkan herpes genital, herpes genital dapat berpindah dari alat kelamin 1 orang ke mulut orang lain dan menyebabkan herpes oral. Ada pun 2 tipe virus yang menyebabkan herpes, diantaranya:

• Herpes Simpleks Virus (HSV) Tipe 1
• Herpes Simpleks Virus (HSV) Tipe 2

HSV tipe 1 adalah virus yang dapat menyebabkan luka di sekitar mulut. Ini dapat menyebabkan herpes genital ketika menyebar atau menular melalui seks oral. Akan tetapi sebagian besar, herpes genital disebabkan oleh HSV tipe 2.

Baca Juga : Hindari Beberapa Bahaya Herpes Genitalis

Tanda Umum Dari Pada Herpes

Pada kebanyakan orang dengan herpes genital tidak memiliki gejala apa pun. Bahkan kemungkinan tidak mengetahui saat terinfeksi. Beberapa orang dengan herpes genital dapat mengalami gejala luka di area genital dan anal. Luka sembuh dalam beberapa minggu. Gejalanya dapat disebabkan oleh stress, penyakit, kelelahan atau sinar matahari.

Seorang wanita bisa mengalami gejala ketika sedang menstruasi. Gejala pertama sering kali merupakan gejala yang paling parah. Gejalanya biasanya menjadi kurang parah dari waktu ke waktu. Beberapa orang tidak memiliki gejala sama sekali. Akan tetapi pada kebanyakan orang yang menderita herpes mengalami luka di bibir, di dalam mulut atau di dalam vagina, penis, paha atau bokong.

Lepuhan atau luka ini berbeda dari kebanyakan orang. Gejalanya dapat muncul dari sekitar 1 minggu hingga 2 minggu setelah terinfeksi. Kulit di sekitar area genital kemungkinan membesar dan terbakar pada awalnya dan menyebabkan sensasi kesemutan, terbakar atau gatal. Ketika virus bereplikasi, lepuhan berwarna merah kecil yang biasanya berkumpul bersama di area, kemungkinan mulai muncul.

Cairan kemudian terbentuk di dalam lepuhan, dan berpenampilan berwarna kuning. Lepuhan ini kemudian pecah, meninggalkan luka berwarna merah yang menyakitkan dan lembut untuk disentuh. Lepuhan ini dapat disertai dengan gejala lain termasuk sakit kepala, sakit tubuh, sakit saat kencing dan umumnya merasa tidak sehat seolah-olah demam. Gejala tidak muncul setelah pertama kali terinfeksi dan cenderung muncul dalam beberapa minggu pertama setelah tertular infeksi. Gejalanya juga dapat muncul setelah beberapa bulan atau beberapa tahun atau tidak pernah muncul sama sekali.

Bagaimana Herpes Didiagnosis?

Jika memiliki luka yang di rasa kemungkinan adanya herpes, lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter. Dokter biasanya mengambil sampel dari luka dengan menyeka luka terbuka dengan kapas. Jika tidak memiliki gejala, dokter memilih untuk mengambil sampel darah untuk menguji herpes, meskipun hasilnya tidak selalu jelas. Untuk mengetahui seseorang menderita herpes genital, dokter dapat melakukan tes atau pengujian pada:

• Cairan dari luka.
• Darah (jika tidak ada luka).

Seseorang dengan herpes genital harus mengkonsultasikan dengan pasangan seksualnya agra melakukan pemeriksaan dan pengujian juga. Karena seseorang kemungkinan tidak pernah memiliki gejala atau kemungkinan tidak memiliki gejala selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun setelah infeksi.

Cara Menyembuhkan Herpes02

Cara Menyembuhkan Herpes Dengan Cepat

Tidak ada pengobatan atau cara menyembuhkan herpes dengan cepat. Akan tetapi dokter dapat meresepkan pengobatan atau cara menyembuhkan herpes untuk membantu seperti:

• Menghentikan gejala atau membuat lebih jarang terjadi dan menjadi tidak terlalu parah jika terjadi.
• Mengurangi risiko penyebaran atau penularan herpes genital ke orang lain.

Dokter dapat meresepkan pengobatan atau cara menyembuhkan herpes yang mempercepat penyembuhan, membuat gejalanya tidak terlalu menyakitkan dan menurunkan risiko gejala. Pengobatan atau cara menyembuhkan herpes ini tidak membunuh virus dan tidak mencegah dari gejalanya di masa yang akan datang.

Bahkan ketika tidak memiliki gejala apa pun, virus ada di dalam tubuh dan dapat memanas. Namun, gejala luka biasanya menjadi lebih sedikit dan kurang parah seiring berjalannya waktu. Gejala dapat dicegah atau diobati sejak dini dengan pengobatan atau cara menyembuhkan herpes dengan anti virus untuk mengurangi gejala.

Meskipun herpes tidak dapat disembuhkan, namun dapat diobati. Pengobatan atau cara menyembuhkan herpes dapat mengurangi kemungkinan luka akibat paparan sinar matahari. Pengobatan atau cara menyembuhkan herpes yang diresepkan oleh dokter dapat digunakan untuk mengobati infeksi herpes, mencegah kekambuhan herpes genital dan mengurangi kemungkinan penularan infeksi ke pasangan.

Segera lakukan pemeriksaan dan pengobatan dengan dokter. Hubungi kami di kontak nomor 081233881616 atau bisa melalui layanan konsultasi online seperti dibawah ini. Biaya pengobatannya juga sangat terjangkau. Selain itu pelayanannya sangat baik dan sangat mengutamakan kepuasan dan kesembuhan setiap pasiennya.