Gejala Herpes Apakah Dapat Disembuhkan?

Herpes dibagi menjadi 2 yaitu herpes oral (herpes labialis) dan herpes genital. Gejala herpes dapat bervariasi dari orang ke orang. Kondisi ini disebabkan oleh jenis virus yang berbeda. Dalam kebanyakan kasus, virus herpes memasuki epidermis atau lapisan terluar dari kulit dan menyebabkan luka berkembang.

Luka ini terbuka dan memiliki kecenderungan untuk kambuh, menyebar atau menular melalui kontak kulit ke kulit dan dapat dikelola dengan terapi antivirus. Meskipun lukanya bisa sangat dalam, beberapa orang dengan infesi ini kemungkinan tidak menunjukkan gejala yang sama. Bahkan pada kebanyakan orang yang telah terinfeksi herpes tidak akan pernah memiliki gejala yang nyata.

Herpes Itu Apa?

Herpes adalah salah 1 infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum. Infeksi ini dapat sangat mengganggu. Pada kebanyakan orang yang tidak pernah memiliki gejala atau gejalanya sangat ringan sehingga tidak diketahui saat terinfeksi. Akan tetapi pada beberapa orang, infeksi ini menyebabkan gejala herpes seperti gatal dan nyeri di area genital.

Setelah gejala herpes yang pertama, virus herpes tetap berada di sel-sel darah dibawah kulit dan menjadi tidak aktif. Biasanya akan menjadi aktif kembali (kambuh) dari waktu ke waktu, melewati kulit kembali dan menyebabkan lebih banyak luka. Hal-hal seperti stress, penyakit, pasangan seks baru atau menstruasi dapat memicu gejala herpes yang baru. Seiring berjalannya waktu, gejala herpes lebih jarang terjadi, lebih cepat sembuh dan tidak terlalu sakit.

Apa Yang Menyebabkan Herpes?

Herpes disebabkan oleh virus, baik itu Herpes Simpleks Virus tipe 1 (HSV-1) atau Herpes Simpleks Virus tipe 2 (HSV-2). Salah 1 virus yang dapat menyebabkan luka pada bibir dam luka pada alat kelamin. HSV-1 lebih sering menyebabkan luka sedangkan HSV-2 lebih sering menyebabkan luka genital atau luka kelamin.

Kenali Gejala Herpes Secara Umum

Pada kebanyakan orang tidak pernah memiliki gejala apapun. Terkadang gejalanya sangat ringan sehingga kemungkinan tidak terlihat atau tidak dikenali sebagai tanda herpes. Untuk orang-orang yang dapat melihat adanya infeksi yang pertama, biasanya muncul dari 2 hari hingga 14 hari setelah terkena herpes kelamin.

Beberapa orang yang memiliki gejala lepuhan yang terasa gatal dan menyakitkan pada penis atau sekitar pembukaan vagina. Lepuhannya pecah dan terbuka serta berubah menjadi cairan, luka dangkal yang membutuhkan waktu hingga 3 minggu untuk sembuh. Terkadang orang-orang terutama wanita juga memiliki gejala seperti flu yaitu demam, sakit kepala dan nyeri otot. Seseorang kemungkinan juga melihat adanya pengeluaran cairan yang abnormal (tidak normal) dan rasa sakit ketika kencing. Infeksi herpes kelamin bisa parah pada orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rusak seperti seseorang dengan HIV.

Apakah Herpes Bisa Didiagnosis?

Dokter dapat mendiagnosis herpes kelamin dengan melakukan pemeriksaan. Dokter menanyakan mengenai gejala dan faktor risiko yang merupakan hal-hal yang membuat terkena infeksi. Jika ini adalah gejala pertama, dokter dapat mengambil sampel jaringan dari rasa sakit untuk dilakukan tes dan pengujian. Tes dan pengujian dapat membantu memastikan penderita herpes dan kemudian menjalani tes atau pengujian darah.

Gejala Herpes02

Cara Tepat Dalam Mengobati Herpes

Meskipun tidak adanya pengobatan, obat-obatan dapat menghilangkan rasa sakit dan terasa gatal serta membantu luka lebih cepat sembuh. Jika memiliki banyak gejala maka dapat diobati setiap hari untuk membatasi jumlah gejala. Setelah gejala pertama, beberapa orang hanya memiliki beberapa gejala selama hidupnya, sementara yang lainnya kemungkinan memiliki 4 gejala hingga 6 gejala dalam 1 tahun.

Biasanya jumlah gejala dapat berkurang setelah beberapa tahun. Pengobatan dapat bekerja dengan baik jika dilakukan sesegera mungkin setelah munculnya gejala. Terutama pada gejala yang kambuh kembali. Lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter sesegera mungkin di Klinik Apollo. Klinik Apollo menangani permasalahan herpes dan penyakit kelamin lainnya. Hubungi kami di kontak nomor 081233881616 atau dengan layanan dibawah ini.