Gejala Herpes Kulit Di Mata

Penyakit ini disebabkan oleh dua jenis virus herpes, yakni varicella-zoster dan virus herpes simplex 1, lalu bagaimana gejala herpes kulit?. Varicella zoster sama dengan virus yang menyebabkan cacar air, sementara herpes simplex serupa dengan penyebab herpes di area mulut.

Pada umumnya, kalangan yang terserang gejala herpes kulit mata sudah pernah terkena virus tersebut baik cacar air atau herpes di mulut. Riwayat sakit ini pada umumnya menjadi tolak ukur dokter ketika mendiagnosa penyakit herpes dibagian mata.

Kedua jenis virus pada awalnya akan hidup di bagian saraf tanpa menimbulkan masalah apapun. Namun perlahan virus akan berpindah ke area lain dan membuat kekebalan tubuh turun secara drastis.

Baca juga: BERBAGAI CIRI CIRI PENYAKIT HERPES

Bagaimana Gejala Herpes Kulit Di Mata

Ini dia serangkaian gejala yang akan muncul ketika seseorang mengalami penyakit satu ini dan reaksinya bisa berbeda antara satu dengan lainnya.

•Merasa silau ketika terpapar cahaya matahari

•Terasa seperti ada pasir atau kotoran dalam mata

•Nyeri pada salah satu bola dan area sekitar mata

•Mata menjadi merah dan sering bariar.

•Kornea mata menjadi lebih keruh dan bengkak

Sementara itu, terdapat gejala lain jika seseorang menderita gejala herpes kulit mata yang disebabkan oleh herpes zoster, waspadai beberapa hal yang bisa timbul diantaranya:

•Kornea mata menjadi keruh dan bengkak.

•Timbul kemerahan di kelopak mata, dahi, dan ujung hidung

•Sakit kepala dan demam

•Nyeri pada salah satu bola mata atau sekitar mata lainnya

•Padangan menjadi sedikit buram

Dengan melihat tanda dan gejala yang timbul, dokter akan melakukan pemeriksaan dengan cara meneteskan cairan pewarna secara khusus di mata. Lalu kondisi mata Anda akan dilihat dengan cahaya ultraviolet, untuk menentukan penanganan medis yang tepat dan akurat.

gejala herpes kulit

Pengobatan Herpes Di Area Mata

Mengingat penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus, dokter akan memberi obat antivirus agar proses penyembuhan berjalan lebih cepat. Berbagai metode pengobatan yang dijalankan untuk mengatasi gejala herpes kulit mata, diantaranya:

1.Obat antivirus

Memberi obat antivirus yang harus Anda minum secara teratur dengan dosis tertentu menjadi langkah awal untuk mencegah perkembangan virus. Ada juga obat yang dioleskan dalam bentuk krim, salep, atau suntikan.

2.Obat kortikosteroid

Pada kasus herpes simplex yang sudah berlanjut hingga komplikasi, dokter akan memberi resep obat tambahan. Hal ini berlaku ketika herpes sudah menyerang bagian kornea dan dikhawatirkan akan menimbulkan kerusakan yang semakin serius.

Namun harus Anda garis bawahi, bahwa obat dengan bentuk tetes mata bisa meningkatkan tekanan di dalam bola mata. Maka dari itu, sebaiknya Anda rutin periksakan diri ke dokter, agar efek samping obat bisa terkontrol dengan baik.

Sebagai catatan tambahan, rasa nyeri bisa dirasakan penderita walaupun gejala dirasa sudah membaik. Maka tidak disarankan untuk berhenti konsumsi obat tanpa anjuran dari dokter.

3.Transplantasi kornea

Penyakit herpes di bagian mata yang sudah mencapai stadium lanjut dapat menyebabkan luka di kornea. Hal tersebut tidak bisa diremehkan, karena bisa mengganggu penglihatan serta kebutaan. Jika sudah begini, transplantasi kornea menjadi metode serta kunci menangani kondisi tersebut.

Apakah Herpes Mata Dapat Dicegah?

Herpes mata bisa dicegah, maka Anda harus mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dan jagalah agar daya tahan tubuh tetap stabil. Selalu konsumsi makanan bergizi dan mempunyai waktu istirahat yang cukup. Untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut Anda bisa konsultasi bersama kami di Klinik Apollo. Lakukan reservasi terlebih dahulu di 081233881616. Sekian kami sampaikan mengenai gejala herpes kulit, semoga bermanfaat.