Gejala Penyakit Herpes Pada Wanita

Penyakit herpes pada wanita masuk bisa digolongkan menjadi 2 jenis, yakni herpes simpleks dan herpes zoster. Keduanya memang disebabkan oleh virus, namun jenisnya tidak sama. Herpes zoster disebabkan oleh jenis virus varisela zoster, sedangkan herpes simpleks disebabkan oleh herpes simpleks virus. Perbedaan jenis virus ini tentunya akan membuat manifestasi seseorang berbeda.

Menurut beberapa sumber, Hsv sendiri terdiri dari 2 macam, meski keduanya saling berhubungan yakni type 1 yang berhubungan dengan infeksi di area bibir dan rongga mulut. Sedangkan type 2 akan menyerang organ genital Anda. Begitu seseorang terserang Hsv baik type 1 atau 2, virus ini akan menetap dalam tubuh, dalam keadaan laten dan menjadi kambuh kembali.

Baca juga: GEJALA HERPES APAKAH DAPAT DISEMBUHKAN?

Apa Saja Gejala Penyakit Herpes Pada Wanita

Anda harus waspada terhadap penyakit herpes pada wanita, teruma jenis simpleks. Menurut sumber, kebanyakan orang yang mempunyai herpes virus simpleks tidak akan menunjukan gejala apapun sebelum pada akhirnya divonis dokter. Anda harus ketahui bahwa gejala herpes bisa berbeda berdasarkan jenis kelamin. Berikut beberapa gejala herpes yang bisa Anda alami, diantaranya:

1.Gejalanya seperti terkena flu

Penderita akan merasakan nyeri dan mempunyai gejala mirip seperti flu yang cukup intens. Hal ini meliputi rasa lelah hingga adanya kelenjar getah bening yang lunak pada area pangkal paha. Anda akan melalui fase awal infeksi yang cukup aktif dan kondisi ini membuat Anda sedikit kewalahan. Namun wabah dari penyakit herpes pada wanita cenderung ringan seiring berjalanya waktu. Pada masa ini, Anda tidak boleh mengabaikan proses pengobatan yang ada.

penyakit herpes pada wanita

2.Area genital terasa melepuh

Salah satu gejala klasik penyakit herpes pada wanita yakni munculnya luka kulit yang melepuh dan menimbulkan rasa nyeri di sekitar genital. Tidak seperti benjolan atau luka jenis lainnya, melepuh akibat herpes tentunya sangat mengganggu.

Kondisi seperti ini terjadi karena area genital memang rentan menjadi tempat penularan. Baik ketika melakukan hubungan intim atau oral. Jaringan vagina dan kulit di area vagina pun menjadi lebih mudah terserang luka atau virus.

Blister ini bisa menghilang dan muncul secara tiba-tiba, sejumlah faktor akan membangunkan mereka, seperti stress tingkat tinggi. Jika tidak ada blister yang timbul, rasa gatal di area vagina bisa dicurigai sebagai virus yang berhubungan dengan herpes.

3.Mati rasa atau kesemutan

Herpes memang cenderung menimbulkan mati rasa atau kesemutan di area mulut dan area genital Anda, lalu menjalar ke bagian pinggul, kaki, hingga pantat, bahkan muncul sebelum luka muncul. Walaupun jarang terjadi, namun kondisi ini akan menimbulkan kerusakan di bagian saraf.

4.Pengobatan herpes

Herpes merupakan penyakit yang didiagnosis dengan pemeriksaan secara fisik dan beberapa tes akurat seperti antibody. Apabila hasilnya Anda terserang herpes, obat antivirus akan diresepkan oleh dokter untuk mengurangi tingkat keparahannya.

Hindari produk sabun mandi yang terlalu harum dan menyebabkan iritasi lebih lanjut. Sebab kemungkinan tertular penyakit herpes semakin tinggi, bahkan ketika Anda tidak mempunyai tanda dan gejala apapun, Anda masih bisa menularkan virus. Penting untuk memberi tahu pasangan seks bahwa Anda menderita herpes menggunakan kondom ketika akan berhubungan seksual.

Semua harus memahami tanda dan gejala herpes pada kalangan wanita, tangani secara cepat sebelum memberi dampak buruk pada tubuh. Kami Klinik Apollo akan memberi penanganan terbaik kepada semua pasien. Lakukan reservasi dengan mudah melalui 081233881616. Sekian kami sampaikan mengenai penyakit herpes pada wanita, semoga bermanfaat.