Hindari Beberapa Bahaya Herpes Genitalis

Herpes genitalis adalah penyakit menular seksual (PMS) umum yang disebarkan atau ditularkan oleh virus. Namun hindari setiap bahaya herpes genitalis yang kemungkinan menyerang kapan saja. Penyakit ini ditularkan ketika seseorang yang terinfeksi melakukan aktifitas seksual dengan seseorang yang tidak terinfeksi, di mana adanya kontak antara bagian tubuh yang terbuka dan basah seperti mulut, penis, vagina dan anus.

Herpes genitalis muncul sebagai bintik-bintik yang kecil di sekitar area genital dan area sekitarnya, termasuk anus. Bintik-bintik tersebut kemudian terisi dengan cairan sebelum pecah untuk meninggalkan luka. Herpes genitalis adalah kondisi penyakit seumur hidup dan gejala serta bahaya herpes genitalis dapat muncul kembali antara 4 kali hingga 5 kali dalam beberapa tahun pertama terinfeksi.

Seiring berjalannya waktu, gejala dan bahaya herpes genitalis menjadi semakin jarang terjadi dan tidak terlalu parah. Beberapa orang dengan herpes genitalis tidak akan mengalami gejala dan bahaya herpes genitalis apa pun selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun setelah pertama kali terinfeksi virus, sementara yang lain tidak akan pernah mengalami gejala atau bahaya herpes genitalis apa pun dan mungkin tidak mengetahuinya saat menderita herpes genitalis.

konsultasi

Apa Pengertian Dari Herpes Genitalis?

Herpes genitalis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang umum yang menyerang pria dan wanita. Ciri-ciri herpes genitalis termasuk nyeri, gatal dan luka di area genital. Akan tetapi kemungkinan tidak memiliki tanda atau gejala herpes genitalis. Jika terinfeksi, maka dapat menular meskipun tidak memiliki luka yang terlihat.

Virus herpes genitalis menyebabkan herpes genital. Kontak seksual adalah cara utama penyebaran aau penularan virus. Setelah infeksi awal, virus ini tidak aktif di tubuh dan dapat diaktifkan kembali beberapa kali dalam 1 tahun. Tidak ada pengobatan untuk herpes genitalis, akan tetapi pengobatan dapat meringankan gejala dan dapat mengurangi risiko menulari orang lain. Kondom juga dapat membantu mencegah penularan virus.

Penyebab Dan Bahaya Herpes Genitalis

Ada beberapa jenis infeksi Herpes Simpleks Virus (HSV) yang dapat menyebabkan herpes genital, yaitu:

• Herpes Simpleks Virus (HSV) Tipe 1
Ini adalah jenis yang biasanya menyebabkan luka atau lepuhan demam di sekitar mulut, meskipun dapat menyebar atau menular ke area genital selama seks oral. Kekambuhan jauh lebih jarang terjadi daripada infeksi HSV tipe 2.

• Herpes Simpleks Virus (HSV) Tipe 1
Ini adalah jenis yang biasanya menyebabkan herpes genitalis. Virus menyebar atau menular melalui kontak seksual dan kontak kulit ke kulit. HSV tipe 2 sangat umum dan sangat menular, baik sakit terbuka atau tidak. Karena virus mati dengan cepat di luar tubuh, hampir tidak mungkin untuk mendapatkan infeksi melalui kontak dengan toilet, handuk atau benda lain yang digunakan oleh seseorang yang terinfeksi.

Bahaya herpes genitalis dapat meningkat jika:

• Seorang wanita lebih mungkin untuk memiliki herpes genitalis daripada pria. Virus ini ditularkan secara seksual lebih mudah dari pria ke wanita daripada dari wanita ke pria.
• Memiliki banyak pasangan seksual. Setiap pasangan seksual bertambah dapat meningkatkan risiko terkena virus yang menyebabkan herpes genitalis.

Baca Juga : Apakah Pengobatan Herpes Bisa Dilakukan Dengan Cepat?

konsultasi

Gejala Dan Bahaya Herpes Genitalis

Beberapa orang yang tidak memiliki gejala sama sekali. Akan tetapi pada kebanyakan orang yang menderita herpes mengalami adanya luka di bibir, di dalam mulut atau di dalam vagina, penis, paha, atau bokong. Lepuhan atau luka ini berbeda untuk semua orang dan pada beberapa orang hanya terinfeksi 1 kali dan orang lain mengalami gejala berkali-kali selama hidupnya. Pada kebanyakan orang yang telah terinfeksi HSV tidak mengetahui saat terinfeksi karena tidak memiliki tanda atau gejala atau karena tanda dan gejala nya sangat ringan. Saat tanda dan gejalanya muncul, gejala herpes genitalis dapat meliputi:

• Rasa sakit atau gatal yang muncul dalam 2 hari hingga 10 hari setelah kontak dengan pasangan seksual yang terinfeksi.
• Benjolan berwarna merah yang kecil atau lepuhan berwarna putih yang kecil yang kemungkinan muncul beberapa hari kemudian.
• Bisul yang terbentuk ketika lepuhan pecah dan mengalir atau berdarah.
• Keropeng yang terbentuk sebagai bisul yang telah sembuh.
• Bisul dapat membuat sakit saat kencing. Kemungkinan juga mengalami rasa sakit dan kelembutan di area genital hingga infeksinya sembuh.

Selama gejala awal, kemungkinan memiliki tanda-tanda dan gejala seperti flu atau seperti pembengkakan kelenjar getah bening di pangkal paha, sakit kepala, nyeri otot dan demam. Bahaya herpes genitalis yang terkait dapat meliputi:

• Infeksi menular seksual (IMS) lainnya. Memiliki luka kelamin meningkatkan risiko penularan atau tertular IMS lainnya, termasuk AIDS.
• Infeksi pada bayi yang baru lahir. Bayi yang lahir dari ibu yang terinfeksi dapat terpapar virus selama proses persalinan. Ini dapat menyebabkan kerusakan otak, kebutaan atau kematian pada bayi yang baru lahir.
• Masalah kandung kemih. Dalam beberapa kasus, luka yang terkait dengan herpes genitalis dapat menyebabkan peradangan di sekitar tabung yang mengirimkan urine dari kandung kemih ke area luar (uretra). Pembengkakan dapat menutup uretra selama beberapa hari, membutuhkan pemasangan kateter untuk mengalirkan kandung kemih.
• Meningitis. Dalam kasus yang jarang terjadi, infeksi HSV menyebabkan radang selaput dan cairan serebrospinal yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang.
• Peradangan rektal (proktitis). Herpes genitalis dapat menyebabkan peradangan pada lapisan rektum, terutama pada pria yang berhubungan seksual dengan pria.

konsultasi

Herpes Genitalis Dan Cara Mendiagnosisnya

Jika memiliki luka yang dirasa kemungkinan itu herpes genitalis, lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter agar direkomendasikan beberapa tes atau pengujian agar dihasilkan diagnosis untuk pengobatan. Dokter kemungkinan menyarankan untuk mengambil sampel dari penderitanya dengan menyeka luka terbuka dengan kapas. Jika tidak memiliki gejala, dokter dapat memilih beberapa sampel untuk diambil dari sampel darah untuk menguji herpes genitalis, meskipun hasilnya tidak terlalu jelas.

Bahaya Herpes Genitalis02

Pengobatan Ampuh Untuk Herpes Genitalis

Jika terinfeksi herpes genitalis, dokter kemungkinan akan meresepkan pengobatan antivirus oral untuk membantu meringankan gejalanya selama tahap pertama dan tahap berulang. Dokter kemungkinan juga menyarankan pengobatan antivirus setiap hari sebagai terapi penekan untuk mengurangi gejala dan melindungi penularan terhadap pasangan seksual.

Pengobatan antivirus tidak dapat menghapus atau menghilangkan virus sepenuhnya. Virus akan terus hidup dalam tubuh, jadi jika berhenti melakukan pengobatan yang dapat menekan virus, kemungkinan dapat memiliki gejala yang lebih sering atau lebih intens dan risiko penularan virus kepada orang lain dapat meningkat.

Oleh karena itu jangan pernah menunggu munculnya bahaya herpes genitalis. Usahakan segera melakukan pengobatan dengan dokter, Anda bisa melakukan pengobatan di Klinik Apollo untuk mengobati herpes genitalis. Atau bisa juga menghubungi nomor 081233881616 atau dengan mengkonsultasikannya seperti dibawah ini.

Baca Juga : Penyakit Herpes Disembuhkan Dengan Pengobatan Apa?

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikgonore.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.