Penanganan Dan Pencegahan Untuk Penyakit Herpes Genitalis

Herpes genitalis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh virus. Infeksi virus dapat menyebabkan luka yang menyakitkan di sekitar bibir, alat kelamin atau anus. Terkadang infeksi virus tidak dapat menyebabkan luka. Kemungkinan saat terinfeksi virus tdiak mengetahuinya. Tidak ada pengobatan untuk virus ini namun infeksinya dapat diobati.

Herpes Genitalis Adalah

Herpes genitalis adalah infeksi kulit dan selaput lendir (lapisan yang tipis dan lembab dari banyaknya bagian tubuh seperti hidung, mulut, tenggorokan dan alat kelamin) di area genital dan sekitarnya seperti anus, bokong dan bagian dalam paha. Kondisi ini disebabkan oleh virus tipe 1 dan tipe 2. Ke 2 jenis virus ini dapat menginfeksi mulut (menghasilkan luka) atau area genital (herpes genitalis). Seseorang dengan usia dibawah 25 tahun, virus tipe 1 lebih umum. Sedangkan pada seseorang dengan usia diatas 25 tahun, paling sering mengalami virus tipe 2.

Apa Yang Menyebabkan Herpes?

Herpes Simpleks Virus (HSV) biasanya menyebar atau menular melalui kontak dengan lepuhan. Namun pada kebanyakan orang dengan herpes dapat menularkan virusnya dari area genital dan dapat menginfeksi orang lain bahkan tanpa adanya lepuhan. Luka di mulut merupakan penyebab infeksi genital yang potensial selama kontak mulut ke kelamin (seks oral).

Infeksi pada bayi dapat terjadi selama persalinan pervaginam jika ibunya menderita herpes terutama jika gejala utama terjadi. Bayi yang terinfeksi dengan cara ini bisa mengalami sakit yang parah. Konsultasikan dengan dokter mengenai riwayat infeksi herpes ini sehingga risiko komplikasi ini dapat diminalisir.

Ketahui Setiap Gejala-Gejala Herpes Genitalis

Pada awalnya, kemungkinan adanya gejala seperti flu, demam, menggigil, nyeri otot, kelelahan dan mual. Luka dapat muncul sebagai lepuhan yang kecil dan berisi cairan pada alat kelamin, bokong atau area lainnya. Luka dapat berkelompok dan area dimana luka muncul kemungkinan bengkak dan lunak. Jika lukanya ada di alat kelamin, perasaan menyengat atau seperti terbakar saat kencing adalah kondisi yang sangat umum.

Gejala pertama herpes dapat berlangsung dalam 2 minggu hingga 4 minggu. Selama ini luka terbuka dan cairan dapat keluar. Selama beberapa hari, luka menjadi berkerak dan kemudian sembuh tanpa meninggalkan bekas luka. Ketika seseorang terinfeksi dengan virus herpes, kemungkinan tidak menyadarinya dan disebut infeksi subklinis. Karena banyaknya orang dengan herpes tidak menyadarinya saat terinfeksi.

Gejalanya jika terjadi atau muncul termasuk lepuhan yang kecil yang menyakitkan dan pecah untuk membentuk luka atau bisul yang menyakitkan. Luka keropeng biasanya sembuh dalam 1 minggu hingga 2 minggu. Gejala pertama kemungkinan sangat parah dengan banyaknya lepuhan. Pada tahap pertama, gejalanya seperti flu yang umum dapat terjadi seperti:

• Merasa tidak enak badan.
• Demam.
• Sakit kepala.
• Sakit di area punggung.
• Sakit di area kaki.

Memiliki infeksi menular seksual (IMS) seperti herpes dapat meningkatkan risiko terkena infeksi HIV jika terpajan HIV. Tidak ada bukti bawah wanita dengan riwayat herpes memerlukan tes pap smear lebih sering daripada wanita lain.

Bagaimana Herpes Didiagnosis Agar Akurat

Herpes genitalis didiagnosis dengan sampel dari area yang terinfeksi selama gejala. Virus herpes biasanya akan tumbuh dari kapas yang diambil dari luka yang pecah. Tes atau pengujian ini dapat mengidentifikasi strain tipe 1 dan tipe 2 dari virus herpes. Tes atau pengujian PCR dilaboratorium patologi juga dapat digunakan.

Tes atau pengujian darah dapat membantu mendiagnosis dalam beberapa kasus, akan tetapi hasilnya kemungkinan sulit untuk dikenali. Untuk lebih jelas lagi Anda bisa melakukan konsultasi langsung dengan dokter. Dokter dapat menyarankan beberapa cara sesuai dengan tingkat kaparahan penyakit yang diderita.

Herpes Genitalis01

Cara Mengobati Herpes Genitalis Dengan Aman

Pengobatan antivirus yang digunakan selama gejala dapat mempersingkat gejala. Ketika digunakan setiap hari, pengobatan antivirus dapat mengurangi jumlah gejala yang disebut terapi supresif. Dalam beberapa kasus, terapi supresif dapat mencegah gejala untuk waktu yang lama. Selain itu juga dapat mengurangi risiko penularan herpes ke orang lain.

Terapi antivirus khusus yang dapat digunakan untuk mengurangi keparahan infeksi herpes tahap awal dan juga dapat mengurangi keparahan kekambuhan oleh karena itu pengobatan dilakukan secara terus menerus untuk mengurangi kekambuhan. Antiseptik dapat mengeringkan lepuhan dan dapat membantu mencegah infeksi tahap lanjut.

Untuk info pengobatan lebih lanjut hubungi kami di Klinik Apollo. Dengan begitu dokter dapat melakukan pemeriksaan dan melakukan pengobatan sesuai dengan tingkat keparahan penyakit yang diderita. Hubungi segera kami di nomor 081233881616 atau dengan layanan konsutasi online dibawah ini.