Penyakit Herpes Disembuhkan Dengan Pengobatan Apa?

Penyakit herpes adalah salah 1 infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum. Ini adalah infeksi yang disebabkan oleh 2 virus yang berbeda akan tetapi terkait erat. Penyakit ini disebabkan oleh virus tipe 1 dan virus tipe 2. Virus tipe 1 biasanya ditularkan dengan menyentuh dan mencium akan tetapi juga dapat ditularkan melalui kontak seksual.

Infeksi virus tipe 1 dapat menyebabkan luka dan lepuhan di bibir, luka di sekitar gigi dan gusi atau tanpa adanya gejala. Virus tipe 1 juga disebarkan atau ditularkan melalui kontak seksual oral dan dapat menyebabkan herpes genital. Virus tipe 2 hampir selalu menyebar atau menular melalui kontak seksual dan dapat menyebabkan herpes genital dengan luka yang menyakitkan di sekitar vulva, serviks (leher rahim) anus dan penis.

Apa Itu Penyakit Herpes?

Penyakit herpes adalah infeksi yang disebabkan oleh virus. Herpes oral menyebabkan luka di sekitar mulut atau wajah. Herpes genital memengaruhi alat kelamin, bokong atau area anus. Herpes genital adalah penyakit menular seksual (PMS). Ini mempengaruhi alat kelamin, bokong atau area anus. Infeksi herpes lainnya dapat mempengaruhi mata, kulit atau bagian tubuh lainnya. Virus ini bisa berbahaya pada bayi yang baru lahir atau pada seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Apa Yang Menyebabkan Penyakit Ini?

Penyakit herpes disebabkan oleh Herpes Simpleks Virus (HSV). Ini menyebar dan menular melalui kontak kulit ke kulit seperti selama berhubungan seks vaginal, seks oral atau seks anal. HSV tetap ada dalam tubuh seumur hidup, akan tetapi sebagian besar tetap tidak aktif. Ada 2 jenis penyakit herpes yaitu Herpes Simpleks Virus (HSV) tipe 1 dan Herpes Simpleks Virus (HSV) tipe 2. Ke 2 nya dapat memasuki tubuh melalui kulit mulut, penis, vagina dan dubur yang halus dan lembab. Ke 2 jenis ini dapat menyebabkan:

• Luka di mulut.
• bulu kemaluan.
• Infeksi yang menyakitkan di jari dan di tangan.

Penularan herpes genital melalui hubungan seks vaginal, seks anal atau seks oral.

Tanda Dan Gejala Penyakit Herpes

Infeksi genital dengan penyakit herpes kemungkinan tidak menyebabkan gejala apa pun dan seseorang tersebut kemungkinan tidak mengetahui saat memiliki virus hingga dapat menularkannya kepada orang lain atau terkena gejala ketika virusnya diaktifkan kembali. Jika gejalanya muncul, biasanya sering termasuk benjolan atau luka yang menyakitkan (juga disebut vesikel). Benjolan atau luka ini dapat disalahartikan sebagai ruam lain (seperti jerawat atau rambut yang tumbuh ke dalam).

Gejala pertama biasanya yang terburuk dan paling menyakitkan yang terjadi dalam waktu 2 hari hingga 20 hari setelah kontak dengan virus. Luka biasanya akan hilang dalam 2minggu hingga 3 minggu. Pertama kali seseorang terinfeksi virus disebut herpes primer. Gejala penyakit herpes ini dapat termasuk:

• Kesemutan di area genital pada awalnya
• Benjolan yang kecil dan berwarna merah yang menyakitkan yang berubah menjadi lepuhan yang kecil dalam waktu 24 jam hingga 72 jam.
• Biasanya dapat muncul di labia, klitoris, vagina, vulva, serviks (leher rahim), anus, paha atau bokong wanita dan penis, skrotum, anus atau bokong pada pria.

Gejala lain dari infeksi herpes primer dapat termasuk rasa terbakar dan menyakitkan jika air seni melewati luka, tidak dapat kencing jika vulva bengkak (karena banyak luka). Pembengkakan, kelenjar getah bening lunak di pangkal paha, leher dan dibawah lengan (bengkak dalam 6 minggu). Nyeri otot, sakit kepala, demam dan mual.

Gejala biasanya hilang dalam 2 minggu hingg 3 minggu, bahkan lebih cepat jika melakukan pengobatan. Luka biasanya berkeropeng dan sembuh tanpa bekas luka. Akan tetapi setelah hilang, virus tetap berada di dalam tubuh, bahkan dengan pengobatan. Infeksi dapat menyebar dan menular serta menyebabkan luka lagi beberapa hari, minggu, bulan, atau bahkan bertahun-tahun kemudian. Gejala biasanya lebih buruk selama herpes primer.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penyakit Ini?

Dokter dapat mendiagnosis herpes dengan melihat luka selama pemeriksaan fisik dan dengan menguji cairan yang diambil dari luka untuk melihat adanya HSV tipe 1 atau HSV tipe 2. Ada juga tes atau pengujian darah secara khusus yang dapat membantu pada beberapa penderitanya untuk mengetahui jenis virus yang menyebabkan gejala atau untuk mengetahui adanya salah 1 pasangan seksual yang telah terinfeksi oleh herpes.

Tes atau pengujian herpes kemungkinan tidak dimasukkan ketika dokter melakukan pengujian infeksi menular seksual (IMS) lainnya. Karena dokter tidak merekomendasikan skrining rutin. Jika merasa memiliki gejala herpes atau memiliki pasangan dengan herpes genital, segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter dan apakah memerlukan tes atau pengujian dan pengobatan.

Penyakit Herpes01

Cara Mengobati Penyakit Herpes Dengan Benar

Dokter dapat meresepkan pengobatan untuk mempercepat penyembuhan, membuat gejala tidak terlalu menyakitkan, dan menurunkan risiko gejala. Pengobatan ini tidak membunuh virus dan tidak mencegah dari gejala di masa yang akan datang. Bahkan ketika tidak memiliki gejala apa pun, virus ada di dalam tubuh dan dapat memanas.

Namun, gejala luka biasanya menjadi lebih sedikit dan tidak terlalu parah seiring berjalannya waktu. Gejala dapat dicegah atau diobati sejak dini dengan pengobatan anti virus untuk mengurangi gejala. Untuk lebih jelasnya lakukan konsultasi secara langsungd dengan dokter. Pengobatan untuk jenis penyakit ini bisa dilakukan di Klinik Apollo. Hubungi kami di nomor 081233881616 atau dibawah ini.