Penyakit Herpes Zoster Secara Umum

Gejala penyakit herpes zoster merupakan infeksi kulit yang kehadirannya ditandai dengan bintil berair pada salah satu sisi tubuh. Bintil yang muncul biasanya akan menyebabkan rasa nyeri, terkadang disertai rasa perih dan gatal. Penyakit ini disebabkan oleh sebuah infeksi virus dengan nama varicella zoster, yang menjadi penyebab cacar. Dengan konsumsi obat antivirus bisa membantu percepat penyembuhan dan mengurangi resiko adanya komplikasi.

Walaupun bukan penyakit yang berbahaya, namun kondisi ini tidak boleh diabaikan, sebab bisa mengganggu serta menimbulkan rasa nyeri. Selain itu, herpes zoster juga mempunyai beberapa tanda dan gejala, seperti timbulnya cairan pada kulit di salah satu sisi tubuh.

Bintil tersebut hanya akan tumbuh di salah satu tempat, jaringan di sekitar bintil menjadi bengkak, serta akan berkembang menjadi luka yang melepuh. Selanjutnya, luka lepuhan tersebut akan pecah dan menjadi berkerak yang kemudian akan menghilang secara perlahan.

Bintil yang muncul menjadi tanda adanya herpes zoster, pada umumnya akan terasa nyeri seperti terbakar, kaku dan menjadi semakin sakit ketika disentuh. Pada umumnya rasa nyeri mulai muncul selama 3 hari sebelum bintil keluar, dan akan terus terasa nyeri bahkan setelah luka menghilang. Selain bintil, gejala lain yang kerap muncul pada penyakit ini yakni demam, sakit kepala, lemas dan menjadi lebih sensitive.

Baca juga: GEJALA HERPES KULIT DI MATA

Bagaimana Gejala Penyakit Herpes Zoster Secara Umum

Gejala penyakit herpes muncul karena adanya infeksi virus varicella zoster, yakni sebuah bakteri yang menyebabkan cacar. Pada umumnya virus ini menyerang kalangan yang belum pernah mengalami cacar air, namun tidak semua yang pernah mengalami cacar air pasti akan terjangkit herpes.

Jadi virus yang menyebabkan cacar ini akan selalu ada dalam tubuh, walaupun seseorang sudah sembuh dari infeksi tersebut. Virus yang tidak aktif tersebut akan bertahan dalam jangka panjang. Kemudian pada beberapa waktu, mereka akan kembali aktif dan menimbulkan herpes zoster atau cacar air.

Sayangnya sampai sekarang belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab virus ini aktif kembali. Namun terdapat beberapa kondisi yang diduga menjadi faktor yang bisa meningkatkan berbagai resiko bakteri mudah menyerang, diantaranya:

gejala penyakit herpes

1.Usia

Resiko serangan virus penyebab gejala penyakit herpes akan meningkat pada kalangan dengan usia 50 tahun keatas. Sebab resiko virus menyerang dan menginfeksi menjadi lebih besar seiring dengan pertambahan usia mereka.

2.Masalah imun

Gangguan di bagian imun atau sistem kekebalan tubug merupakan satu hal yang bisa memicu virus penyebab herpes zoster mudah sekali menyerang. Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan seseorang mempunyai kekebalan tubuh rendah, seperti kalangan pengidap aids, seseorang yang melakukan operasi pada organ tubuhnya, pengidap kanker, atau konsumsi obat-obatan dalam jangka panjang.

Untuk memperoleh diagnosa penyakit ini, dibutuhkan pemeriksaan melalui tanda dan gejala yang muncul. Setelah dipastikan Anda mengidap gejala penyakit herpes, pengobatan harus dijalankan segera, salah satunya dengan pemberian antivirus. Semakin cepat pengobatan dijalankan, maka akan semakin cepat proses penyembuhan dan efektifan obat dalam melawan virus yang menyerang tubuh Anda.

Bagi kalian yang mengalami tanda dan gejala penyakit herpes genital, segera jalankan pengobatan dan perawatan bersama kami Klinik Apollo untuk memperoleh penanganan yang tepat dan terjamin. Semua proses di jalankan dengan alat yang canggih dan modern. Untuk reservasi Anda bisa hubungi 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai gejala penyakit herpes zoster, semoga bermanfaat.