Simak Ciri Ciri Herpes Yang Perlu Diketahui

Herpes adalah infeksi virus yang ditandai dengan pecahnya lepuhan dan luka di sekitar area genital. Ketahui ciri ciri herpes secara umum. Penularan herpes melalui hubungan seks vaginal, seks anal maupun seks oral dengan seseorang yang terinfeksi salah 1 virus yang menyebabkan herpes. Setelah terinfeksi dengan virusnya, virus akan tetap berada di tubuh selamanya, bahkan setelah lukanya hilang.

Beberapa orang dengan herpes memiliki gejala luka genital yang terus muncul kembali, karena virus menjadi aktif kembali, sementara orang lain tidak memiliki gejala sama sekali dan bahkan tidak mengetahui saat memiliki virus di dalam tubuhnya. Oleh karena itu sangat mungkin untuk menularkan virus ke pasangan seksual meskipun tidak memiliki gejala.

Herpes Dan Pengertiannya

Herpes adalah salah 1 infeksi virus menular seksual yang paling umum, persisten dan sangat menular yang sebagian besar disebabkan oleh virus tipe 2 dan dalam kebanyakan kasus yang pertama kali muncul oleh virus tipe 1. Infeksi herpes primer dan berulang (kekambuhan) paling sering menyebabkan luka dan peradangan di sekitar area genital.

Pada wanita, area infeksi utamanya adalah vulva dan vagina dengan beberapa kasus melibatkan area serviks (leher rahim) dan perianal. Pada pria heterosesksual, infeksi biasanya terjadi pada kelenjar atau batang penis sedangkan infeksi anal juga terjadi pada pria homoseksual. Seseorang yang terinfeksi di seluruh dunia dan sebagian besar kasus terjadi pada usia 16 tahun hingga 40 tahun yang bertepatan dengan peningkatan aktifitas seksual diantara usia-usia ini. Pada kebanyakan orang tidak menunjukkan gejala atau tidak menyadari infeksinya.

Penyebab Umum Herpes

Herpes genital disebabkan oleh Herpes Simpleks Virus (HSV) tipe 2 atau Herpes Simpleks Virus (HSV) tipe 1. HSV tipe 2 adalah virus yang paling umum menyebabkan herpes genital. Virus ini biasanya menyebar atau menular melalui kontak kulit ke kulit yang dekat atau melalui sekresi genital saat berhubungan seksual misalnya selama hubungan seks vagina atau hubungan seks anal.

HSV tipe 1 adalah virus yang biasanya menyebabkan luka, akan tetapi juga dapat menyebabkan herpes genital. Virus ini dapat menyebar atau menular selama seks oral dari kulit di sekitar mulut dimana telah menyebabkan luka, ke kulit disekitar alat kelamin orang lain dimana dapat menyebabkan luka genital.

Baca Juga : Penyakit Herpes Zoster Secara Umum

Inilah Ciri Ciri Herpes Menular

Pada kebanyakan orang yang menderita herpes tidak memiliki gejala atau gejalanya sangat ringan. Kemungkinan tidak adanya ciri ciri herpes yang terlihat atau bisa juga salah mengira kondisi kulit lain seperti jerawat atau rambut yang tumbuh ke dalam. Karena pada kebanyakan orang yang menderita herpes tidak mengetahuinya saat memilikinya.

Luka herpes genital biasanya muncul sebagai 1 lepuhan atau lebih pada sekitar alat kelamin, rektum atau mulut. Lepuhan dapat pecah dan meninggalkan luka yang menyakitkan yang kemungkinan membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk sembuh. Saat pertam kali seseorang tersebut mengetahui adanya ciri ciri herpes, kemungkinan juga mengalami demam, sakit pada tubuh atau kelenjar yang membengkak.

Ciri ciri herpes genital berulang (kekambuhan) sering terjadi terutama selama tahun pertama setelah infeksi. Ciri ciri herpes berulang (kekambuhan) biasanya lebih pendek dan tidak terlalu parah dari ciri ciri herpes saat pertama kali terkena. Meskipun infeksinya dapat tetap berada di tubuh selama hidupnya, jumlah ciri ciri herpes cenderung menurun dari tahun ke tahun.

Lakukan pemeriksaan dengan dokter jika pasangan seksual Anda menderita penyakit menular seksual (PMS) atau jika adanya gejala PMS seperti rasa sakit yang tidak baisa, bau busuk, terbakar saat kencing atau perdarahan pada vagina antar periode pada wanita. Berikut ini ciri ciri herpes secara umum:

• Gejalanya mirip dengan gejala flu yang dapat terjadi pada paparan pertama.
• Sensasi kesemutan atau rasa terbakar pada kulit atau didekat alat kelamin dan anus.
• Nyeri di pantat, di kaki atau di alat kelamin.
• Cairan yang keluar dari vagina.
• Area benjolan yang berwarna merah di dekat area virus yang telah masuk ke dalam tubuh seperti pada penis, dekat anus atau pada vulva (area genital wanita).
• Benjolan yang berwarna merah ini berubah menjadi lepuhan yang diisi dengan cairan yang bening dan terbuka untuk meninggalkan luka yang menyakitkan.
• Luka ini membentuk kerak setelah beberapa hari dan sembuh dalam waktu sekitar 1 minggu hingga 2 minggu tanpa meninggalkan bekas luka.

Biasanya luka pertama berlangsung selama 2 minggu hingga 3 minggu dan seringkali yang paling parah, sangat penting untuk memeriksakan ke dokter untuk meminimalkan rasa sakit dan komplikasi yang terkait dengan serangan ini. Ciri ciri herpes kemudian biasanya tidak terlalu parah dan cenderung tidak berlangsung selama gejala pertama akan tetapi dapat bervariasi dari orang ke orang.

Apakah Bisa Herpes Didiagnosis?

Jika memiliki luka genital, lakukan pemeriksaan dengan dokter. Dokter dapat merekomendasikan swab dari salah 1 luka. HSV paling mudah dideteksi ketika infeksinya masih aktif. Penyakit ini dapat didiagnosis dengan melakukan pemeriksaan kulit yang terkena dan dengan mengambil swab cairan dari blister. Tes atau pengujian darah dapat mendeteksi virus, akan tetapi tidak digunakan secara rutin. Pemerikisaan kesehatan seksual secara rutin tidak bisa mendeteksi herpes kecuali adanya gejala yang sangat mengkhawatirkan.

Ciri Ciri Herpes02

Bagaimana Cara Mengobati Herpes?

Meskipun tidak adanya pengobatan untuk herpes, dokter dapat meresepkan pengobatan antivirus yang dapat membantu membuat gejalanya tidak terlalu parah dan dapat berlangsung lebih singkat. Jika gejalanya sangat sering atau parah, pengobatan supresif (pengobatan untuk menekan gejala) dapat menjadi pilihan.

Pengobatan ini dilakukan ketika pengobatan antivirus dilakukan secara terus menerus selama beberapa bulan. Pengobatan antivirus direkomendasikan untuk penekan bersamaan dengan penggunaan kondom atau pengaman saat berhubungan seksual, maka dapat membantu mengurangi risiko penularan virus ke pasangan yang tidak terinfeksi.

Pengobatan bisa dilakukan secara langsung di Klinik Apollo. Klinik Apollo adalah salah 1 klinik yang menangani permasalahan penyakit kelamin. Tidak hanya itu, penyakit andrologi dan penyakit ginekologi juga dapat ditangani di Klinik Apollo. Hubungi segera kami di 081233881616 atau dengan konsultasi dibawah ini.