Berbagai faktor penyebab impoten pada pria

Kesehatan organ kelamin memang tidak bisa disepelekan, bagi seorang pria, kondisi yang membuat khawatir salah satunya penyebab impoten. Sebenarnya apa faktor hadirnya impotensi secara umum? Impotensi merupakan ketidakmampuan penis untuk ereksi atau melakukan proses ejakulasi. Ketika seorang pria mengidap impotensi, bukan berarti dia tidak mempunyai nafsu berhubungan seksual, namun ia tidak bisa menggunakan organ intimnya untuk menyalurkan hasrat seksualnya.

Baca juga: VAGINA KERING TANDA IMPOTEN PADA WANITA?

Apa Saja Berbagai Faktor Penyebab Impoten Pada Pria?

Mayoritas ejakulasi dini membuat kalangan pria tidak percaya diri, maka kondisi ini tentu menjadi sebuah masalah yang rumit. Ketika mempunyai hasrat seksual para pria masih bersemangat untuk mengajak pasangannya bercinta, hanya saja organ intim tidak dapat bekerja seperti kondisi normal. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab impotensi pada kalangan pria, diantaranya sebagai berikut:

1.Gangguan sistem endokrin

Sistem endokrin tubuh akan menghasilkan hormone yang mengatur metabolisme, sistem seksual, suasana hati, reproduksi dan masih banyak lainnya. Diabetes merupakan penyakit endokrin yang bisa menyebabkan seseorang mengalami impotensi. Penyakit diabetes akan mempengaruhi kemampuan tubuh untuk memanfaatkan hormone insulin.

Salah satu efek samping yang berhubungan dengan diabetes kronis yakni rusaknya saraf. Hal tersebut akan mempengaruhi penis pria. Komplikasi penyakit lain yang berhubungan dengan diabetes yakni gangguan aliran darah dan kadar hormone. Keduanya bisa menjadi penyebab impotensi terjadi.

2.Penyakit yang berhubungan dengan jantung

Kolestrol dan tekanan darah tinggi menjadi salah satu penyebab impotensi yang dialami oleh pria, karena tidak lancarnya peredaran darah pada penis. Terdapat beberapa penyakit yang berhubungan dengan penyumbatan darah pada jantung dan menyebabkan impotensi.

penyebab impoten

3.Gangguan saraf

Berbagai kondisi neurologis bisa meningkatkan resiko impotensi pada pria. Masalah saraf akan mempengaruhi kemampuan otak untuk berkomunikasi dengan sistem reproduksi. Kelainan neurologis yang berkaitan dengan impotensi seperti tumor otak, penyakit tulang belakang, stroke, kalangan yang menjalankan operasi prostat dan lain sebagainya.

Para pecinta pesepeda jarak jauh juga mempunyai resiko mengalami impotensi yang bersifat sementara. Terjadinya masalah ini karena tekanan berulang kali pada pantat dan area vital yang bisa mempengaruhi fungsi saraf.

4.Sedang minum obat tertentu

Beberapa jenis obat yang telah diresepkan dokter bahkan dapat menyebabkan impotensi pada pria. Maka dari itu, Anda harus memahami komposisi pada setiap obat yang diberikan dokter. Anda harus memahami jenis obat yang mempunyai efek samping seperti menyebabkan impotensi.

5.Gaya hidup dan penyakit mental

Gangguan kecemasan, masalah psikologis, depresi, dan lain sebagainya bisa menyebabkan seseorang mengalami masalah pada area vitalnya. Tidak mempunyai harapan hidup, stress, sedih berkepanjangan, dan tekanan hidup termasuk faktor penyebab pada disfungsi organ seksual.

Tidak hanya itu, gaya hidup yang kurang sehat menjadi sebab penyakit ini terjadi, seperti kebiasaan merokok, minum minuman alkohol yang berlebihan, dan menggunakan obat narkoba.

Sering melakukan mastrubasi juga dapat membuat seseorang tidak dapat memfungsikan organ seksualnya dengan baik dan tidak mampu mempertahankan ereksi secara maksimal. Menurut beberapa sumber, sebenarnya impotensi bisa diatasi dengan menjalankan gaya hidup yang sehat seperti melakukan diet sehat, olahraga dan menjaga kesehatan mental.

Gangguan saraf, medikasi, penyakit endokrin, penyakit yang berhubungan dengan jantung, serta gaya hidup menjadi penyebab impoten yang paling sering dialami seorang pria. Apabila Anda ingin menjaga organ seksual secara maksimal, mulai gaya hidup sehat dari sekarang.

Ketika Anda mengalami tanda dan gejala yang mengganggu, segera lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo Jakarta untuk memperoleh penanganan terjamin. Mengenai reservasi Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai penyebab impoten, semoga bermanfaat.