Vagina Kering Tanda Impoten Pada Wanita?

Vagina kering merupakan salah satu masalah yang mungkin dihadapi wanita di area kewanitaannya, kondisi ini dapat menimbulkan impoten?. Masalah ini disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari stress hingga efek samping dari obat antibiotic. Namun benarkah, impoten juga menjadi pemicunya kekeringan pada vagina wanita?

Baca juga: PENGERTIAN DAN GEJALA IMPOTENSI

Apakah Vagina Kering Tanda Impoten Pada Wanita?

Vaginitis atrofi merupakan bahasa medis yang berarti vagina mengalami kekeringan, iritasi pada vagina yang disebabkan oleh penipisan atau penyusutan jaringan yang disertai dengan penurunan lubrikasi pada dinding vagina. Banyak yang mengatakan bahwa kondisi vagina kering ini adalah tanda impoten yang terjadi pada wanita, tentunya masalah ini akan menurunkan kinerja seksual seorang wanita.

Vagina yang kering dikatakan sebagai tanda menopause seseorang. Nah ini dia gejala vaginitis atrofi, yang harus Anda pahami.

•Nyeri ketika buang air kecil

•Timbul sensasi nyeri yang mengganggu ketika proses penetrasi

•Nyeri pada vagina disertai dengan gatal dan rasa seperti terbakar

•Terjadinya pendarahan ringan setelah penetrasi terjadi

impoten

Penyebab Impoten Pada Kalangan Wanita

Turunnya hormon estrogen menjadi penyebab utama mengapa vagina mengalami kekeringan. Hal ini membenarkan asumsi bahwa vagina kering merupakan salah satu tanda seseorang akan mengalami menopause.

Pengangkatan ovarium, terapi hormone, kemoterapi dan radiasi juga bisa menyebabkan kadar hormone estrogen menurun. Bahkan wanita setelah melahirkan yang sedang menyusui juga bisa mengalami penurunan estrogen dan gejala vaginitis atrofi.

Iritasi pada bagian vagina bisa disebabkan oleh tisu toilet, penggunaan tampon, dan alat kontrasepsi yang bisa menyebabkan vagina kering. Pada beberapa kasus, kondom berbahan lateks juga bisa menyebabkan alergi yang memicu pengeringan jaringan tersebut.

Pada beberapa kalangan wanita, vagina kering sering dialami sebelum melakukan penetrasi dengan pasangan. Hal tersebut disebabkan karena pasangan tidak bisa membangkitkan gairah seksual selama proses foreplay. Padahal proses ini sangat penting untuk membantu wanita menghasilkan pelumas alami di sekitar vaginanya.

Bagi Anda yang mempunyai masalah seperti vagina kering, jangan khawatir, sebab semua masalah bisa diatasi. Ketika vagina Anda kering jangan sekali-sekali melakukan penetrasi, sebab akan menimbulkan masalah yang cukup serius. Sebaiknya lakukan beberapa perawatan ini, agar vagina tidak kering, ketika hendak melakukan penetrasi:

Yang pertama yakni perlambat proses foreplay dan nikmati sensasinya. Kekeringan di area vagina dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi wanita yang akan melakukan penetrasi. Maka dari itu, pasangan pria harus lebih perhatian dalam memberi foreplay pada pasangan. Sementara itu, wanita harus benar-benar nikmati setiap rangsangan yang diberikan oleh pasangan, agar vagina bisa menghasilkan pelumas alami.

Anda juga bisa menggunakan lubrikasi tambahan, pada zaman modern, banyak lubrikasi tambahan yang sudah dijual di pasaran. Pelumas ini memang aman digunakan untuk membantu agar vagina Anda tidak mudah kering. Selain itu, ada jenis kondom yang sudah mempunyai pelumas tambahan yang bisa Anda gunakan untuk atasi masalah ini.

Untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut Anda bisa berdiskusi bersama dokter. Ahli medis akan melakukan pemeriksaan pada area panggul, khususnya pada kulit di bagian vagina. Kadar hormone testosterone dan estrogen akan diambil untuk dilakukan tes lanjutan. Jika diperlukan, dokter akan melakukan terapi penggantian hormon serta meresepkan beberapa jenis obat.

Bagi Anda yang mengalami masalah diatas atau impoten dan kondisinya semakin serius, lakukan reservasi sekarang bersama kami di Klinik Apollo Jakarta untuk mendapatkan penanganan terbaik. Lakukan reservasi dengan mudah di 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai impoten pada wanita, semoga bermanfaat.