Apa Saja Obat Anyang Anyangan Pada Wanita?

Anyang anyangan pada wanita terjadi ketika bakteri memasuki dan menginfeksi saluran kemih. Lalu apa obat anyang anyangan pada wanita tersebut? Setiap bagian dari saluran kemih dapat terinfeksi seperti uretra, kandung kemih (infeksi juga disebut sistitis), ureter dan ginjal. Anyang anyangan adalah salah 1 masalah kesehatan yang paling umum di antara wanita dewasa. Hingga sebagian dari semua wanita akan mengalami anyang anyangan dalam hidup nya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Anyang Anyangan?

Anyang anyangan adalah proses membuang kotoran cair dari tubuh dalam bentuk air seni. Bagi kebanyakan orang, kandung kemih menahan urine hingga nyaman untuk persediaan kencing. Kencing biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Pada kebanyakan orang kencing dalam 4 kali hingga 8 kali dalam 1 hari tergantung pada asupan cairan.

Anyang anyangan juga dapat termasuk perlu kencing lebih sering, mengalami kebutuhan mendesak untuk kencing atau ketika seseorang kencing lebih sering daripada biasanya. Kencing yang menyakitkan (juga disebut disuria) lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Baik pada pria dan wanita itu menghasilkan rasa sakit, ketidaknyamanan, terbakar atau menyengat.

Nyeri dapat dirasakan di area urine dan meninggalkan tubuh (uretra) atau di dalam tubuh di prostat (pada pria), kandung kemih atau di belakang tulang kemaluan di bagian bawah panggul (pelvic). Sering kencing atau anyang anyangan dapat menunjukkan masalah fisik lain dan harus dievaluasi oleh dokter.

Apa Yang Menyebabkan Anyang Anyangan?

Terkadang anyang anyangan dan kencing yang menyakitkan terjadi secara bersamaan. Pada wanita, kencing yang menyakitkan paling sering merupakan gejala infeksi saluran kemih (ISK). ISK sering kali meliputi kebutuhan mendesak untuk kencing, rasa tidak nyaman, menyakitkan atau terbakar ketika kencing, demam dan perut yang sakit atau ketidaknyamanan. Lalu apakah ada obat anyang anyangan pada wanita? Berbagai masalah lain dapat menyebabkan anyang anyangan, termasuk:

• Diabetes (Kencing Manis)
Seseorang yang memperhatikan anyang anyangan atau jumlah urine yang luar biasa besar keluar, maka harus mengkonsultasikannya dengan dokter. Gejala-gejala ini dapat menunjukkan bahwa seseorang memiliki diabetes (kencing manis) tipe 1 atau tipe 2. Peningkatan anyang anyangan adalah ketika cara tubuh menghilangkan glukosa (gula) yang tidak digunakan.

• Pengobatan Diuretik
Ini dapat menghilangkan kelebihan cairan dari tubuh. Obat anyang anyangan pada wanita biasanya diresepkan untuk mengobati tekanan darah tinggi atau penumpukan cairan lainnya.

• Sistitis Interstitial
Kondisi di mana dinding kandung kemih menjadi meradang dapat termasuk anyang anyangan, kebutuhan mendesak untuk kencing dan rasa sakit di kandung kemih. Wanita mengalami sebagian kasus sistitis interstitial.

• Sindrom Kandung Kemih Terlalu Aktif
Kontraksi yang tidak disengaja dari kandung kemih menciptakan dorongan mendadak dan tak terkendali untuk kencing. Sering kencing di malam hari atau Nocturia. Dan dapat menyebabkan inkontinensia atau bocor. Pada kebanyakan wanita hamil memperhatikan anyang anyangan. Ini karena ketika rahim tumbuh, maka dapat menekan kandung kemih.

• Masalah Prostat
Pria yang mengalami pembesaran prostat juga dikenal sebagai Benign Prostatic Hyperplasia (BPH) , kemungkinan mengalami peningkatan frekuensi kencing. Ketika membesar, prostat menekan uretra yang dapat menghalangi aliran urine dan mengiritasi kandung kemih serta menyebabkannya berkontraksi lebih sering. Kontraksi ini terasa seperti kebutuhan untuk kencing.

Ketahui Gejala Anyang Anyangan Pada Wanita

Anyang anyangan relatif umum dan mudah diobati. Jika memiliki salah 1 dari gejala-gejala ini maka harus segera melakukan pemeriksaan dan mendapatkan obat anyang anyangan pada wanita dengan tepat, gejalanya dapat termasuk:

• Nyeri atau terbakar saat kencing.
• Sering kencing.
• Keinginan kuat dan gigih untuk kencing.
• Demam rendah.
• Air seni keruh atau berdarah.
• Tekanan atau kram di pangkal paha atau di kandung kemih.

Anyang Anyangan Dan Cara Mendiagnosisnya

Dokter dapat menentukan saat adanya anyang anyangan dengan menanyakan gejala, melakukan pemeriksaan fisik dan menyarankan tes atau pengujian urine. Karena sebagian besar anyang anyangan disebabkan oleh bakteri yang dapat diobati dengan pengobatan antibiotik. Namun, bakteri menjadi semakin kebal terhadap pengobatan antibiotik yang berarti pengobatan antibiotik umum tidak menghilangkan infeksi. Pengobatan antibiotik harus dikonsumsi sesuai resep dokter.

Selalu pastikan untuk melakukan semua pengobatan atau obat anyang anyangan pada wanita sesuai resep dokter, terutama pengobatan antibiotik. Meskipun gejalanya kemungkinan hilang dalam 1 hari atau lebih, namun sangat penting untuk mengkonsumsi semua pengobatan antibiotik atau obat anyang anyangan pada wanita karena infeksi tersebut dapat memanas lagi dan menjadi sulit untuk dihilangkan. Terkadang gejala anyang anyangan dapat disebabkan oleh penyakit lain, seperti infeksi menular seksual (IMS). Jika gejala nya disebabkan oleh penyakit yang berbeda, pengobatan atau obat anyang anyangan pada wanita dapat berbeda sesuai yang diperlukan.

Obat Anyang Anyangan Pada Wanita02

Kenali Obat Anyang Anyangan Pada Wanita

Jika mengalami gejala anyang anyangan, segera lakukan konsultasi dengan dokter. Infeksi yang diobati dengan obat anyang anyangan pada wanita lebih awal dapat menyebabkan kenyamanan dan lebih mudah diobati. Untuk menghilangkan ketidaknyamanan sementara, bisa disarankan dengan pengobatan antibiotik.

Pengobatan ini akan menyebabkan air seni dan air mata menjadi berwarna oranye. Jika mengalami gejala anyang anyangan setelah pengobatan, segera lakukan konsultasi ulang dengan dokter karena infeksinya kemungkinan memerlukan tes atau pengujian tambahan, seperti untuk memastikan bahwa infeksinya telah hilang atau untuk mengidentifikasi jenis bakteri penyebab infeksi dan pengobatan.

Pengobatan anyang anyangan ini hanya bisa dilakukan di Klinik Apollo dengan cara menghubungi nomor kami di 081233881616 atau dengan mengkonsuiltasikannya melalui layanan medis secara online dibawah ini. Biaya pengobatan di Klinik Apollo sangat terjangkau. Dan pengobatan yang dilakukan sangat aman dan terpercaya.