Buang Air Kecil Sakit Apakah Berdampak Fatal?

Buang air kecil sakit adalah rasa sakit dan ketidaknyaman atau terasa terbakar saat buang air kecil. Lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Pada pria, lebih umum terjadi pada pria dewasa dibandingkan pada pria remaja. Kondisi ini adalah beberapa penyebab yang lebih umum dari buang air kecil yang menyakitkan.

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah salah 1 penyebab utama buang air kecil yang menyakitkan. Infeksinya dapat terjadi di bagian manapun dari saluran kemih termasuk ginjal, ureter (tabung yang membawa urine dari ginjal ke kandung kemih), kandung kemih, uretra (tabung dari kandung kemih yang membawa urine keluar dari tubuh). ISK paling sering disebabkan oleh bakteri yang masuk ke saluran kemih melalui uretra.

Fakta Mengenai Buang Air Kecil Sakit

Buang air kecil sakit adalah menggambarkan ketidaknyaman selama buang air kecil. Rasa nyeri dapat bersal dari kandung kemih, uretra atau perineum. Uretra adalah tabung yang membawa urine keluar tubuh. Pada pria, area antara skrotum dan anus dikenal sebagai perineum. Pada wanita, perineum adalah area antara anus dan pembukaan vagina. Buang air kecil yang menyakitkan sangat umum. Rasa sakit, tebakar atau menyengat dapat mengindikasikan sejumlah kondisi medis.

Penyebab Mendasar Kondisi Ini

Buang air kecil sakit adalah tanda umum ISK. ISK dapat disebabkan oleh infeksi bakteri. Bisa juga karena radang saluran kemih. Uretra, kandung kemih, ureter dan ginjal membentuk saluran kemih. Ureter adalah tabung yang membawa urine dari ginjal ke kandung kemih. Peradangan di salah 1 orang ini dapat menyebabkan rasa sakit saat buang air kecil.

Wanita lebih mungkin terkena ISK daripada pria. Karena uretra lebih pendek pada wanita daripada pria. Uretra yang lebih pendek berarti bakteri memiliki jarak yang lebih pendek untuk melakukan perjalanan untuk mencapai kandung kemih. Wanita yang sedang hamil atau menopause juga memiliki risiko lebih tinggi terkena ISK.

Kondisi medis lainnya dapat menyebabkan buang air kecil yang menyakitkan pada pria dan wanita. Pria kemungkinan mengalami buang air kecil yang menyakitkan karena prostatitis. Kondisi ini adalah radang kelenjar prostat. Ini adalah penyebab utama rasa panas dan terbakar, menyengat dan tidak nyaman.

Kemungkinan juga mengalami rasa sakit saat buang air kecil jika memiliki infeksi menular seksual (IMS). Beberapa IMS yang dapat menyebabkan buang air kecil yang menyakitkan termasuk herpes genital, gonore (kencing nanah) dan klamidia. Sangat penting untuk diskrining infeksi ini terutama karena tidak selalu memiliki gejala.

Praktik seksual tertentu akan menenpatkan pada risiko lebih tinggi untuk IMS seperti berhubungan seks tanpa kondom atau berhubungan seks dengan banyak pasangan seksual. Seseorang yang aktif secara seksual harus melakukan tes atau pengujian untuk IMS. Penyebab lain dari buang air kecil sakit adalah sistitis atau radang selaput kandung kemih.

Buang Air Kecil Sakit Dan Gejala Lainnya

Gejala kondisi ini termasuk rasa sakit dan nyeri di kandung kemih dan area panggul (pelvic). Dalam beberapa kasus, terapi radiasi dapat menyebabkan sakit kandung kemih dan kencing. Kondisi ini dikenal sebagai radiasi sistitis. Kemungkinan mengalami kesulitan buang air kecil dengan nyaman jika memiliki batu ginjal. Batu ginjal dapat mengeras yang terletak di ginjal.

Terkadang buang air kecil yang menyakitkan bukan karena infeksi. Bisa juga karena produk yang digunakan di area genital. Sabun, lotion dan mandi busa juga dapat mengiritasi jaringan vagina. Pewarna dalam detergen dan produk peralatan mandi lainnya juga dapat menyebabkan iritasi dan menyebabkan buang air kecil sakit.

Bagaimana Cara Mendiagnosisnya?

Seseorang kemungkinan mengalami buang air kecil yang menyakitkan dari waktu ke waktu. Maka harus mengkonsultasikannya dengan dokter jika rasa sakitnya konsisten dan mengalami gejala seperti:

• Adanya darah dalam urine yang biasanya akan tampak berwarna merah muda, cokelat atau merah.
• Rasa sakit.
• Rasa sakit yang berlangsung lebih dari 24 jam.
• Cairan yang keluar yang tidak baisa dari penis atau dari vagina.
• Demam.

Jika seseorang yang dewasa mengalami demam yang lebih tinggi, maka harus segera melakukan pemeriksaan dengan dokter.

Buang Air Kecil Sakit02

Cara Tepat Atasi Buang Air Kecil Sakit

Dokter meresepkan pengobatan untuk mengobati buang air kecil yang menyakitkan. Pengobatan antibiotik dapat mengobati ISK, prostatitis bakteri dan beberapa IMS. Dokter kemungkinan juga meresepkan pengobatan untuk menenangkan kandung kemih yang teriritasi. Pengobatan yang digunakan termasuk pengobatan antidepresan.

Buang air kecil yang menyakitkan karena infeksi bakteri biasanya membaik cukup cepat setelah mengobatinya. Nyeri yang terkait dengan sistitis interstitial kemungkinan lebih sulit untuk diobati. Hasil dari terapi pengobatan kemungkinan lebih lambat. Pengobatan ini bisa dilakukan hanya di Klinik Apollo. Dengan menghubungi kami di nomor 081233881616 atau dibawah ini.