Cara Terhindar Dari Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita

Mungkin Anda sudah merasa rajin menjaga kesehatan jantung, ginjal dan organ tubuh bagian lain, namun bagaimana dengan infeksi saluran kencing pada wanita? Sering disepelekan, kandung kemih harus dijaga kesehatannya.

Terlebih bagi kalangan wanita, Anda lebih mudah terserang infeksi saluran kencing dari pria. Lalu apa saja yang harus dilakukan pada kalangan wanita untuk menjaga kandung kemih tersebut. Simak uraian selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: INILAH TANDA DAN GEJALA INFEKSI SALURAN KENCING BERBAHAYA

Bagaimana Cara Terhindar Dari Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita

Sama seperti bagian organ tubuh lainnya, Anda wajib menjaga kesehatan kandung kemih. Sebab apabila tidak, bakteri yang masuk kedalam uretra dan menyebabkan infeksi saluran kencing pada wanita.

Bahkan jika tidak segera ditangani, bakteri akan naik ke ginjal dan mengakibatkan infeksi. Supaya hal tersebut tidak terjadi, jangan lupa menjaga kesehatan kandung kemih sejak dini. Berikut beberapa cara yang harus Anda terapkan:

1.Hindari kebiasaan menahan buang air kecil

Jika selama ini Anda termasuk kalangan yang sering menahan buang air kecil, sebaiknya hentikan kebiasaan buruk ini. Buang air kecil akan membantu Anda membuang bakteri, namun ketika Anda menahannya, maka bakteri yang seharusnya terbuang akan kembali masuk dan menyebabkan infeksi.

Terlebih infeksi saluran kencing pada wanita sering terjadi. Kondisi ini tentunya akan semakin parah jika Anda terus-menerus menahan kencing. Setiap ada hasrat ingin buang air kecil, segera pergi ke kamar mandi dan keluarkan sampai tuntas.

Perhatikan cara Anda membersihkan organ genital, yakni dari depan ke belakang. Hal ini bertujuan untuk mencegah perpindahan bakteri dari anus ke bagian uretra yang dapat memicu infeksi saluran kencing pada wanita.

infeksi saluran kencing pada wanita

2.Menjaga berat badan

Beberapa sumber mengungkapkan bahwa wanita dengan berat badan berlebih mempunyai resiko mengalami susah menahan kencing. Semakin bertambah berat badan Anda, maka timbunan lemak pada tubuh akan terus menekan kandung kemih. Maka urin menjadi semakin terdesak dan membuat Anda susah kendalikan hasrat ingin buang air kecil.

Maka dari itu, kendalikan berat badan Anda mulai dari sekarang, caranya dengan olahraga, perbanyak makan buah dan sayur, serta memantau berat badan secara rutin. Semua metode ini akan membuat Anda sehat, namun mencegah keinginan buang air kencing secara terus menerus.

3.Hindari makanan asam

Sistitis merupakan gangguan kandung kemih yang cukup kronis dan umum dialami wanita dibandingkan pria. Anda pada umumnya akan merasa sakit dibagian kandung kemih, sensasi ingin buang air kecil terus-menerus, dan terkadang ingin mengompol.

4.Konsumsi air putih yang banyak

Tentunya Anda akan bolak balik kamar mandi, minum air putih akan membantu membilas bakteri yang ada di kandung kemih. Semakin banyak bakteri yang terbuang bersama dengan urin, maka kandung kemih akan semakin sehat dan terhindar dari berbagai jenis infeksi.

Ketika Anda kekurangan minum air putih, tubuh tidak hanya mengalami dehidrasi, namun membuat urin menjadi lebih pekat dan memicu sembelit. Kedua kondisi ini lama kelamaan akan mengiritasi kandung kemih dan memicu kondisi inkontinensia urin. Maka Anda harus pastikan minum air putih sebanyak 8 gelas perhari nya.

Bisa juga dengan konsumsi sayur dan buah untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Bagi Anda yang mengalami tanda dan gejala mengganggu lakukan konsultasikan bersama kami di Klinik Apollo terbaik Jakarta. Mengenai reservasi Anda bisa hubungi 081233881616. Demikian mengenai infeksi saluran kencing pada wanita, semoga bermanfaat.