Faktor Resiko Terganggunya Fungsi Kandung Kemih

Sebelum dikeluarkan dari dalam tubuh, sekresi urin yang diproduksi ginjal akan menetap terlebih dahulu, ini menjadi Fungsi kandung kemih. Urin merupakan hasil saringan dari cairan darah.

Fungsi kandung kemih tidak lain untuk menampung urin yang diproduksi ginjal dan mengeluarkannya melalui proses berkemih. Kandung kemih setiap manusia bisa menampung kurang lebih 600 ml.

Baca juga: INFEKSI KANDUNG KEMIH DIOBATI DENGAN APA?

konsultasi

Bagaimana Faktor Resiko Terganggunya Fungsi Kandung Kemih

Fungsi kandung kemih bisa mengalami gangguan ketika kesehatan Anda bermasalah atau menurun, beberapa kalangan paruh baya beresiko tinggi mengalami gangguan isk. Sebab seiring bertambahnya usia, dinding kandung kemih akan mengalami berbagai perubahan.

Jaringan elastis pada kandung kemih mempunyai tekstur kaku, otot yang melemah, dan fleksibilitas kandung kemih akan mengembang ketika terisi urin atau berkurang. Kandung kemih menjadi tak bisa menahan urin sebanyak sebelumnya.

Pada kalangan wanita, otot kandung kemih yang lemah dapat menyebabkan vagina turun, sehingga menekan dan menghambat saluran untuk berkemih. Sementara pada pria, saluran kemih bisa terhalang oleh pembesaran kelenjar prostat. Selain itu, beberapa kondisi yang bisa mengganggu fungsi kandung kemih, yakni:

1.Retensi urine

Kondisi ini terjadi ketika urin tidak dapat keluar dari kandung kemih secara lancar karena terhambat atau tertekan kegiatan otot kandung kemih. Retensi urin bisa menyebabkan kandung kemih membengkak karena menahan terlalu banyak urin.

konsultasi

fungsi kandung kemih

2.Kandung kemih yang terlalu aktif

Kondisi ini merupakan salah satu penyebab umum dari inkontinensia urin. Penyakit tersebut disebabkan oleh otot kandung kemih yang bekerja terlalu aktif dan menyebabkan keluarnya urin akibat hasil kontraksi otot.

3.Batu kandung kemih

Batu akan terbentuk di dalam ginjal dan turun ke kandung kemih. Batu tersebut yang menghambat aliran urin menuju kandung kemih, kondisi ini dapat menimbulkan rasa nyeri yang cukup mengganggu.

4.Inkontinensia urine

Kondisi ini yakni kesulitan untuk menahan buang air kecil yang bisa menyebabkan penderitanya mengompol. Masalah ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Anda bisa mendiskusikan kemungkinan dari penyebab bersama dokter.

konsultasi

5.Cystitis

Infeksi pada kandung kemih dapat menyebabkan rasa sakit, perasaan tidak nyaman, ragu untuk buang air kecil, buang air kecil menjadi lebih sering. Cystitis pada umumnya disebabkan oleh sebuah infeksi saluran kemih dan pemasangan kateter pada urin.

Untuk bisa mendiagnosa kondisi ini, dokter akan menjalankan penelusuran riwayat kesehatan dan menjalankan pemeriksaan secara fisik. Dokter juga akan memeriksa urin atau memasukan tabung berisikan kamera ke dalam saluran kemih dan melihat kondisi Anda dengan jelas.

Perawatan pada gangguan kandung kemih cukup bervariasi, mulai dari pengobatan, pemasangan kateter, latihan senam kegel, untuk mengurangi tekanan dalam kandung kemih, hingga prosedur operasi.

Segera hubungi dokter apabila Anda merasa sulit mengendalikan buang air kecil atau mempunyai gejala seperti sering buang air kecil atau mengompol tanpa disadari, walaupun sebenarnya urin yang keluar tidak dalam jumlah banyak. Waspadai masalah keluhan seperti nyeri ketika berkemih, warna urin menjadi lebih gelap, nyeri punggung, berdarah, dan demam.

Bagi Anda yang merasa terganggu dengan kondisi tersebut segera lakukan pemeriksaan bersama kami Klinik Apollo terbaik di Jakarta. Seluruh pasien bisa melakukan konsultasi dengan mudah melalui chat online. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai fungsi kandung kemih, semoga bermanfaat.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.klinikgonore.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.