Gejala ISK Bisa Diatasi Dengan Pengobatan Yang Ampuh

ISK atau infeksi saluran kemih adalah infeksi dalam sistem kemih. Kenali setiap gejala ISK secara umum. Berikut beberapa yang termasuk ke dalam ISK meliputi kandung kemih dan uretra. Kandung kemih adalah organ yang mengumpulkan dan menyimpan urine. Uretra adalah tabung yang membawa urine dari kandung kemih keluar dari tubuh.

Ada 2 jenis ISK yaitu sistitis dan urethritis. Sistitis adalah infeksi kandung kemih. Urethritis adalah infeksi pada uretra. Jika tidak segera diobati, ke 2 nya dapat menyebar atau dapat menular dan menyebabkan infeksi ginjal. Meskipun ISK sangat umum, namun harus tetap menanggapinya dengan serius.

Apa Pengertian ISK Itu?

Infeksi saluran kemih atau ISK adalah infeksi umum yang dapat mempengaruhi kandung kemih, ginjal dan tabung yang terhubung dengannya. Semua orang dapat mengalaminya akan tetapi yang paling umum terjadi pada wanita. Beberapa wanita mengalaminya secara teratur (ISK berulang atau kekambuhan). ISK bisa terasa menyakitkan dan tidak nyaman, akan tetapi biasanya hilang dalam beberapa hari dan dapat dengan mudah diobati dengan pengobatan antibiotik.

Apa Yang Menjadi Penyebab ISK?

ISK terjadi ketiak saluran kemih terinfeksi dan biasanya oleh bakteri. Dalam kebanyakan kasus, bakteri dari usus masuk ke saluran kemih melalui uretra. Kemungkinan terjadi ketika menyeka pantat atau berhubungan seksual akan tetapi tidak jelas saat terjadi. Berikut ini beberapa risiko yang dapat meningkatkan terkena ISK.

• Kondisi yang menghalangi saluran kemih seperti batu ginjal.
• Kesulitan mengosongkan kandung kemih sepenuhnya.
• Menggunakan diafragma kontrasepsi atau kondom yang dilapisi spermisida.
• Diabetes (kencing nanah).
• Sistem kekebalan tubuh yang lemah dari kemoterapi atau HIV.
• Kateter kemih (tabung di kandung kemih yang digunakan untuk mengalirkan urine).
• Kelenjar prostat membesar pada pria.

Wanita kemungkinan lebih mungkin terkena ISK karena uretra lebih pendek daripada pria dan lebih dekat dengan anus.

Kenali Setiap Gejala ISK Secara Umum

Berikut ini beberapa gejala ISK pada umumnya dapat meliputi:

• Kebutuhan untuk kencing lebih sering dari biasanya.
• Rasa sakit atau ketidaknyamanan saat kencing.
• Terasa mendesak untuk kencing.
• Tidak dapat mengosongkan kandung kemih sepenuhnya.
• Nyeri yang rendah di perut.
• Urine yang keruh, berbau busuk atau mengandung darah.
• Perasaan umumnya tidak sehat, pegal dan lelah.

Infeksi ginjal atau ureter (tabung yang menghubungkan ginjal ke kandung kemih) atau ISK bagian atas dapat menyebabkan gejala ISK juga seperti:

• Demam.
• Rasa sakit di punggung.
• Menggigil.
• Merasa sakit.
• Kebingungan.
• Agitasi atau kegelisahan.

ISK rendah sering terjadi dan biasanya tidak menjadi perhatian utama. ISK bagian atas bisa serius jika tidak segera diobati karena dpaat merusak ginjak atau dapat menyebar dan menular ke aliran darah.

Bagaimana ISK Dilakukan Diagnosis?

Jika merasa khawatir mengenai ISK, maka harus mengkonsultasikan dengan dokter. ISK dapat ditemukan dan dianalisis dengan sampel uirne. Urine diperiksa dibawah mikroskop untuk mencari bakteri atau sel darah putih yang merupakan tanda-tanda infeksi. Dokter juga dapat mengambil biakan urine.

Ini adalah tes atau pengujian untuk mendeteksi dan mengidentifikasi bakteri dan ragi dalam urine. Dalam dalam urine kemungkinan menjadi penyebab ISK. Jika adanya darah dalam urine, maka harus mengkonsultasikannya dengan dokter. Darah dalam urine kemungkinan disebabkan oleh ISK akan tetapi kemungkinan juga berasal dari masalah lain di saluran kemih.

Jika mengalami demam dan gejala ISK, atau gekala yang tidak akana hilang meskipun sudah melakukan terapi, maka harus melakukan pemeriksaan ulang dengan dokter, kemungkinan melakukan tes atau pengujian lebih lanjut seperti ultrasonografi atau CT scan untuk melakukan pemeriksaan saluran kemih.

Gejala Isk01

Pengobatan Secara Ampuh Untuk ISK

ISK biasanya diobati dengan pengobatan antibiotik jangka pendek. Pada kebanyakan wanita menggunakan pengobatan antibiotik atau pengobatan oral selama 3 hari. Pada pria, wanita hamil dan orang lainnya dengan gejala ISK yang lebih serius kemungkinan membutuhkan pengobatan yang lebih lama.

Gejala ISK biasanya akan berlangsung selama 3 hari hingga 5 hari setelah baru melakukan pengobatan. Akan tetapi selalu pastikan menyelesaikan semua pengobatan antibiotik yang telah diresepkan oleh dokter bahkan jika merasa lebih baik. Pengobatan penghilang rasa sakit dapat membantu mengatasi rasa sakit.

Dengan mengkonsumsi banyak cairan juga dapat membantu merasa lebih baik. Selalu konsultasikan dengan dokter jika gejalanya tidak membaik atau kambuh setelah selesai melakukan pengobatan. Untuk lebih jelasnya mengenai pengobatan ini maka segera hubungi kami di Klinik Apollo dengan menghubungi nomor kami di 081233881616 atau dibawah ini.