Infeksi Saluran Kemih Apakah Berbahaya?

Infeksi saluran kemih (ISK) disebabkan oleh mikroba seperti bakteri yang mengatasi pertahanan tubuh di saluran kemih. Kondisi ini dapat mempengaruhi ginjal, kandung kemih dan tabung yang mengalir diantaranya. Selain itu, ini adalah salah 1 jenis infeksi yang paling umum dan terjadi setiap tahunnya. Saluran kemih dapat dibagi menjadi saluran kemih bagian atas dan saluran kemih bagian bawah. Saluran kemih bagian atas terdiri dari ginjal dan ureter dan saluran kemih bagian abwah terdiri dari kandung kemih dan uretra.

Apa Yang Dimaksud Dengan Infeksi Saluran Kemih?

Infeksi saluran kemih adalah infeksi di bagian manapun dari sistem kemih seperti ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra. Sebagian besar infeski melibatkan saluran kemih bagian bawah, kandung kemih dan uretra. Wanita yang memiliki risiko lebih besar terkena ISK daripada pria. Infeksinya terbatas pada kadnung kemih yang bisa menyakitkan dan menjengkelkan. Namun konsekuensi serius dapat terjadi jika ISK menyebar atau menular ke ginjal. Dokter biasanya mengobati ISK dengan pengobatan antibiotik. Akan tetapi dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi peluang terkena ISK sejak awal.

Apa Yang Menyebabkan Infeksi Ini?

Meskipun sistem kemih bisa mencegah mikroskopis, namun pertahanan ini bisa gagal. Ketika terjadi, bakterinya dapat tumbuh menjadi infeksi yang besar di saluran kemih. ISK yang paling umum terjadi terutama pada wanita dan mempengaruhi kandung kemih dan uretra.

• Infeksi Kandung Kemih (Sistitis)
Jenis ISK ini biasanya disebabkan oleh Esherichia Coli (E. Coli), sejenis bakteri yang biasa ditemukan dalam saluran Gastrointestinal. Namun terkadang bakteri lain dapat menyebabkannya. Hubungan seksual dapat menyebabkan sistitis, akan tetapi tidak harus aktif secara seksual untuk dapat mengembangkannya. Semua wanita berisiko sistitis karena anatomi khususnya jarak pendek dari uretra ke anus dan pembuhkaan uretra ke kandung kemih.

• Infeksi Uretra (Urethritis)
Jenis ISK ini dapat terjadi ketika bakteri Gastrointestinal menyebar atau menular dari anus ke uretra. Karena uretra wanita dekat dengan vagina, IMS seperti herpes, gonore (kencing nanah), klamidia dan mikoplasma dapat menyebabkan urethritis.

Apa Saja Gejala Pada Infeksi Saluran Kemih?

Infeksi saluran kemih tidak selalu menyebabkan tanda dan gejala, akan tetapi ketika terjadi maka dapat termasuk:

• Keinginan yang kuat dan gigih untuk kencing.
• Sensasi terbakar saat kencing.
• Sering kencing.
• Air seni yang tampak keruh.
• Urine yang tampak berwarna merah, merah muda cerah atau berwarna cokelat dan tanda darah dalam urine.
• Urine yang berbau tajam.
• Nyeri panggul (pelvic) pada wanita terutama di pusat panggul (pelvic) dan di sekitar area tulang kemaluan.

Bagaimana Infeksi Ini Didiagnosis?

Tes dan prosedur yang digunakan untuk mendiagnsois ISK dapat meliputi:

• Menganalisis Sampel Urine
Dengan sampel urine untuk analisis di laboratorium untuk mencari sel darah putih, sel darah merah atau bakteri. Untuk menghindari kemungkinan kontaminasi dari sampel, selain itu dengan menyeka area genital terlebih dahulu dengan antiseptik dan mengumpulkan urine di tengah-tengah aliran.

• Menumbuhkan Bakteri Saluran Kemih Di Laboratorium
Analisis di laboratorium dari urine terkadang diikuti dengan kultur urine. Tes dan pengujian ini untuk mengetahui bakteri yang menyebabkan infeski dan pengobatan yang paling efektif.

• Gambar Saluran Kemih
Jika sering mengalami infeksi yang disebabkan oleh kelainan pada saluran kemih, kemungkinan harus melakukan ultrasonografi, pemindaian tomografi terkomputerisasi (CT) atau MRI.

• Menggunakan Ruang Lingkup Untuk Melihat Bagian Dalam Kandung Kemih
Jika memiliki ISK yang berulang, dokter dapat melakukan sistoskopi dengan menggunakan tabung yang panjang dan tipis dengan lensa (Cystoscope) untuk melihat bagian dalam uretra dan kandung kemih. Cystoscope dimasukkan ke dalam uretra dan diteruskan ke kandung kemih.

Infeksi Saluran Kemih01

Cara Tepat Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Pengobatan antibiotik biasanya diberikan untuk mengobati ISK. Pengobatan diresepkan tergantung pada kondisi kesehatan dan jenis bakteri yang ditemukan dalam urine. Jika sering mengalami ISK, dokter dapat membuat rekomendasi pengobatan tertentu seperti:

• Pengobatan antibiotik dosis rendah selama 6 bulan atau lebih.
• Diagnosis dan pengobatan lainnya jika tetap berhubungan.
• Pengobatan antibiotik dosis tunggal setelah berhubungan seksual jika infeksinya terkait dengan aktifitas seksual.
• Terapi hormon estrogen vagina jika pasca menopause.

Untuk infeksi yang parah atau infeksi yang berat, kemungkinan memerlukan pengobatan dengan antibiotik intravena. Namun Anda tidak perlu khawatir, pengobatan infeksi saluran kemih ini bisa dilakukan di Klinik Apollo dengan menghubungi kami di nomor 081233881616 atau dengan konsultasi melalui layanan dibawah ini.