Inilah Tanda Dan Gejala Infeksi Saluran Kencing Berbahaya

Jika seorang wanita berpeluang terkena gejala infeksi saluran kencing (ISK), maka dalam hidupnya akan berisiko mengalami kondisi yang lebih serius lagi pada kebanyakan wanita dengan infeksi berulang (kekambuhan). Terkadang selama bertahun-tahun dapat mengalaminya. Dengan pengobatan, maka dapat menangani ISK dan dapat mengurangi kemungkinan terkena lagi (kambuh).

Apa Itu Infeksi Saluran Kencing?

Infeksi saluran kencing (ISK) adalah infeksi di bagian manapun dari sistem kemih, ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra. Sebagian besar infeksi melibatkan saluran kemih bagian bawah, kandung kemih dan uretra. Wanita memiliki risiko lebih besar terkena ISK daripada pria. Infeksi terbatas pada kandung kemih dan bisa menyakitkan dan menjengkelkan. Namun, konsekuensi serius dapat terjadi jika ISK menyebar atau menular ke ginjal. Dokter biasanya mengobati ISK dengan pengobatan antibiotic. Akan tetapi dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi peluang terkena ISK sejak awal.

Apa Yang Menyebabkan Infeksi Saluran Kencing?

Gejala infeksi saluran kencing (ISK) biasanya terjadi ketika bakteri memasuki saluran kemih melalui uretra dan mulai berkembang biak di kandung kemih. Meskipun sistem kemih dirancang untuk mencegah miskroskopis, namun pertahanan ini terkadang gagal. Ketika terjadi, bakteri dapat memegang dan tumbuh menjadi infeksi besar di saluran kemih. ISK yang paling umum terjadi terutama pada wanita dan dapat mempengaruhi kandung kemih dan uretra.

Baca Juga : Simak Tanda Atau Ciri Ciri Infeksi Saluran Kencing Pada Umumnya

Tanda Dan Gejala Infeksi Saluran Kencing

Infeksi saluran kencing (ISK) tidak selalu menyebabkan tanda dan gejala infeksi saluran kencing, akan tetapi tanda dan gejala infeksi saluran kencing dapat termasuk:

• Keinginan yang kuat dan gigih untuk kencing.
• Sensasi terbakar saat kencing.
• Sering kencing.
• Air seni yang tampak keruh.
• Urine yang tampak berwarna merah mudah dan cerah atau berwarna coklat dan tanda darah dalam urine.
• Urine yang berbau tajam.
• Nyeri panggul (pelvic) pada wanita terutama di pusat panggul (pelvic) dan disekitar area tulang kemaluan.

Gejala infeksi saluran kencing kemungkinan diabaikan atau terkadang keliru dengan kondisi lain pada orang dewasa.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Infeksi Saluran Kencing?

Tes atau pengujian dan prosedur yang digunakan untuk mendiagnosis gejala infeksi saluran kencing dapat meliputi:

• Menganalisis Sampel Urine
Sampel urine dianalisis di laboratorium untuk mencari sel darah putih, sel darah merah atau bakteri. Untuk menghindari kontaminasi sampel, maka harus menyeka area genital terlebih dahulu dengan bantalan antiseptik dan mengumpulkan urine di tengah aliran.

• Menumbuhkan Bakteri Saluran Kemih Di Laboratorium
Analisis laboratorium dari urine terkadang dilanjutkan dengan kultur urine. Tes atau pengujian ini dapat menemukan bakteri yang menyebabkan infeksi dan dapat menentukan pengobatan yang paling efektif.

• Membuat Gambar Saluran Kemih
Jika sering mengalami infeksi yang kemungkinan disebabkan oleh kelainan pada saluran kemih, maka harus dilakukan ultrasonografo, pemindaian tomografi terkompurisasi (CT) atau MRI.

• Melihat Bagian Dalam Kandung Kemih
Jika memiliki ISK berulang (kekambuhan) maka dapat melakukan sistoskopi dengan menggunakan Cystoscope untuk melihat bagian dalam uretra dan kadnung kemih. Cystoscope dimasukkan ke dalam uretra dan diteruskan ke kandung kemih.

Gejala Infeksi Saluran Kencing01

Cara Tepat Atasi Infeksi Saluran Kencing

Pengobatan antibiotik biasanya adalah pengobatan pertama untuk ISK. Pengobatan yang diresepkan tergantung pada kondisi kesehatan dan jenis bakteri yang ditemukan dalam urine. Kelompok pengobatan antibiotik tidak umum direkomendasikan untuk ISK sederhana, karena risiko pengobatan ini umumnya lebih besar daripada manfaat untuk mengobati ISK tanpa komplikasi. Dalam beberapa kasus, seperti ISK yang rumit atau infeksi ginjal kemungkinan harus melakukan pemeriksaan ulang dengan dokter.

Gejala hilang dalam beberapa hari pengobatan. Akan tetapi kemungkinan harus melanjutkan pengobatan antibiotic selama 1 minggu atau lebih. Dengan mengkonsumsi semua antibiotik sesuai resep dari dokter. Untuk ISK tanpa komplikasi yang terjadi ketika dinyatakan sehat, dokter dapat merekomendasikan pengobatan yang lebih singkat seperti pengobatan antibiotik selama 1 hari hingga 3 hari. Akan tetapi pengobatan singkat ini cukup untuk mengobati infeksinya tergantung pada gejala dan riwayat medisnya.

Dokter kemungkinan juga meresepkan pengobatan penghilang rasa sakit yang mematikan kandung kemih dan uretra untuk meredakan rasa terbakar saat kencing akan tetapi rasa sakit biasanya hilang setelah melakukan pengobatan antibiotik. Pengobatan ini bisa dilakukan di Klinik Apollo. Klinik Apollo sudah banyak menangani penderita infeksi ini dan hasilnya sembuh. Hubungi kami di nomor 081233881616 atau dibawah ini.