ISK Adalah Saluran Kemih Yang Terkena Infeksi Bakteri

ISK adalah infeksi saluran kemih atau infeksi yang menyerang atau menular bagian mana pun dari saluran kemih termasuk ginjal, ureter, kandung kemih atau uretra. Bakteri dari usus adalah penyebab paling umum dari ISK, akan tetapi jamur dan virus juga dapat menyebabkan infeksi. 2 jenis bakteri Escherichia Coli (E. Coli) dan Staphylococcus Saprophyticus.

Pengertian ISK Adalah

ISK adalah infeksi yang sangat umum yang mempengaruhi bagian dari sistem kemih. Sistem kemih terdiri dari ginjal, kandung kemih, ureter (tabung yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih) dan uretra (tabung yang menghubungkan kandung kemih dengan area luar). ISK adalah kondisi yang biasanya disebabkan oleh bakteri. ISK adalah kondisi yang dapat memengaruhi bagian mana pun dari sistem kemih, akan tetapi paling sering terjadi di kandung kemih dan si uretra. ISK adalah kondisi yang bisa terasa menyakitkan dan menyebalkan, akan tetapi biasanya sembuh dengan pengobatan antibiotik.

Penyebab Umum ISK Adalah

Sistem kemih dapat mengeluarkan kotoran dari tubuh dalam bentuk urine. Ginjal bertindak sebagai organ yang menyaring untuk mengeluarkan beberapa kotoran di tubuh dari darah, seperti urea dan amonia. Kemudian dikonversi menjadi urine dan melewati ureter ke kandung kemih dan kemudian melalui uretra untuk meninggalkan tubuh.

ISK terjadi ketika bagian dari saluran kemih terinfeksi, biasanya dengan bakteri yang hidup dalam sistem pencernaan. Bakteri memasuki saluran kemih melalui uretra, misalnya dari anus. Kondisi ini bisa terjadi jika bakteri dalam tinja ditransmisikan ke uretra, seperti ketika seorang wanita menyeka area alat kelamin dari belakang ke depan daripada area alat kelamin dari depan ke belakang.

Apa Saja Tanda Dan Gejala ISK?

Gejala umum ISK dapat meliputi:

• Sensasi terbakar saat kencing.
• Sering kencing.
• Kencing lebih sering dari biasanya.
• Kencing hanya dengan beberapa tetes.
• Kebutuhan kencing yang mendesak.
• Air seni yang keruh atau gelap, berdarah atau berwarna merah muda.
• Urine dengan bau yang kuat dan tidak enak.
• Perasaan mengosongkan kandung kemih namun tidak sepenuhnya mengosongkan.
• Nyeri panggul (pelvic).
• Sakit punggung.
• Merasa tidak enak badan.
• Demam.

Gejala yang mengindikasi infeksi tersebut melibatkan ginjal (Pielonefritis) yang meliputi:

• Demam dan menggigil.
• Mual dan muntah.
• Diare.
• Sakit punggung.

Meskipun ISK dapat menyerang siapa saja, namun wanita lebih rentan terhadap infeksi. Ini karena uretra adalah tabung yang mengeluarkan urine dari kandung kemih, lebih pendek pada wanita daripada pria. Dan ini dapat memudahkan bakteri untuk masuk dan mencapai kandung kemih. Sebagian wanita akan mengalami ISK pada suatu saat dalam hidup nya. Pengobatan antibiotik digunakan untuk mengobati ISK dan kadangkala digunakan dalam dosis rendah dalam waktu jangka panjang untuk mencegah kekambuhan. Ada juga beberapa cara alami untuk melindungi dari infeksi dan mengurangi risiko kekambuhan.

Bagaimana Cara ISK Didiagnosis?

Dokter akan menanyakan mengenai gejalanya dan melakukan pemeriksaan fisik. Jika mencurigai adanya ISK, biasanya akan meminta sampel urine yang dapat diuji untuk menunjukkan kemungkinan ISK, seperti sel darah putih, sel darah merah dan nitrit. Sampel urine juga dapat diuji di laboratorium untuk menentukan jenis bakteri apa yang ada dan menentukan pengobatan antibiotik terbaik yang akan digunakan. Tes atau pengujian tambahan biasanya tidak diperlukan. Namun, tes atau pengujian tambahan kemungkinan disarankan jika gejalanya tidak membaik dengan pengobatan atau mengalami ISK berulang (kekambuhan). Tes atau pengujian tambahan juga dapat direkomendasikan jika:

• Pria yang terkena ISK, namun jarang terjadi sehingga sangat penting untuk melakukan pemeriksaan mengenai penyebab ISK yang mendasarinya.
• Adanya darah di urine.
• Adanya risiko lebih besar untuk mengalami komplikasi, seperti, jika infeksinya terjadi pada wanita hamil atau orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Tes atau pengujian lebih lanjut kemungkinan melibatkan tes atau pengujian ulang sampel urine atau tes dan pengujian lainya pada saluran kemih.

Isk Adalah01

Cara Mengobati ISK Dengan Cepat Dan Tepat

ISK sering diobati dengan pengobatan antibiotik. Dokter biasanya akan meresepkan pengobatan antibiotik untuk menghilangkan gejala dalam beberapa hari. Seperti halnya pengobatan antibiotik apa pun, sangat penting untuk menyelesaikan seluruh pengobatan yang ada, bahkan jika gejalanya telah hilang atau menghilang. Terkadang, seseorang dengan infeksi ginjal atau seseorang yang berisiko komplikasi kemungkinan memerlukan pengobatan yang lebih efektif.

Pengobatan ISK ini juga bisa dilakukan di Klinik Apollo. Klinik Apollo menangani permasalahan ISK dan penyakit kelamin lainnya. Hubungi kami di kontak nomor 081233881616 atau bisa juga dengan menghubungi kami melalui layanan online seperti dibawah ini. Selalu percayakan pengobatan Anda hanya di Klinik Apollo.