Penyebab Isk Dapat Menimbulkan Penyakit Orkitis?

Orchitis merupakan kondisi peradangan pada salah satu atau kedua testis yang pada umumnya disebabkan oleh bakteri atau virus, infeksi ini menjadi salah satu penyebab isk? Biasanya infeksi penyebab orkitis ditularkan melalui hubungan seks yang berkembang menjadi penyakit menular seksual. Selain itu, ternyata orkitis disebabkan oleh virus penyebab isk.

Baca juga: ISK ADALAH SALURAN KEMIH YANG TERKENA INFEKSI BAKTERI

Apakah Penyebab Isk Dapat Menimbulkan Penyakit Orkitis?

Bakteri penyebab orkitis mempunyai hubungan dengan epididimis, yakni sebuah peradangan pada tabung di belakang testis yang menyimpan dan membawa sperma. Penderita penyebab isk pada umumnya akan menggunakan kateter untuk melancarkan urine, namun pasangan tersebut berisiko memicu orkitis.

Orkitis menyebabkan rasa nyeri dan bisa mempengaruhi kesuburan penderitanya. Beberapa jenis obat dapat meringankan tanda dan gejala orkitis. Namun perlu waktu beberapa pekan untuk hilangkan rasa nyeri di skrotum tersebut. Tanda orkitis pada umumnya akan berkembang secara tiba-tiba, ini dia gejalanya:

•Membengkaknya salah satu testis

•Nyeri yang ringan kemudian menjadi parah

•Mual dan muntah

•Demam

•Perasaan tidak enak badan atau masuk angin

Banyak kalangan yang sering mengartikan nyeri pada pangkal paham sama dengan nyeri pada testis. Padahal, nyeri pangkal paha terjadi pada lipatan kulit antara perut dan paha, bukan testis. Penyebab nyeri pangkal pada umumnya berbeda dari penyebab testis tersebut.

penyebab isk

Bagaimana Cara Mendiagnosa Seseorang Terserang Orkitis?

Untuk mendiagnosa orkitis dokter akan menanyakan berbagai riwayat mengenai kesehatan serta gejala kepada Anda terlebih dahulu. Setelah bertanya, dokter akan menjalankan pemeriksaan fisik untuk menentukan tingkat peradangan. Bahkan beberapa penderita memerlukan sebuah pemeriksaan prostat untuk melihat bagian yang meradang.

Untuk periksa kondisi ini, dokter perlu memasukan jari kedalam rectum untuk memeriksa prostat. Dokter akan meminta sampel urin pasien dan menyeka cairan jenis apapun untuk dianalisis. Tes tersebut dilakukan untuk menentukan apakah seseorang mempunyai penyakit menular seksual atau infeksi kandung kemih.

Faktor Risiko Penyebab Penyakit Orkitis

Pada sebagian besar masalah, orkitis berawal dari infeksi menular seksual. Maka dari itu, ketika berganti-ganti pasangan atau tidak menggunakan pengaman ketika berhubungan seksual, dapat meningkatkan resiko terjadinya orkitis. Selain penyebab infeksi saluran kemih, faktor resiko ini juga meningkatkan peluang penyakit orkitis pada seseorang.

•Tidak menjalankan imunisasi gondong

•Mempunyai riwayat penyakit menular seksual

•Menjalankan operasi yang melibatkan kelamin atau infeksi saluran kemih

•Mempunyai saluran kemih sejak lahir

•Pengidap penyebab isk

Penderita orkitis bisa mengalami penyusutan pada testis yang dikenal dengan istilah atrofi testis. Selain penyusutan, penderitanya juga berisiko mengalami mandul atau berkurangnya produksi testosterone.

Namun kemungkinan komplikasi sangat rendah, apabila orkitis hanya menyerang satu bagian saja. Orkitis juga bisa sebabkan abses skrotum, yakni sebuah jaringan yang terserang infeksi dan dipenuhi testis.

Sampai sekarang, orkitis yang disebabkan oleh virus tidak mempunyai obat. Namun orkitis yang disebabkan oleh virus dapat hilang dengan sendirinya. Tanda dan gejala tersebut bisa diatasi dengan melakukan perawatan secara mandiri.

Penderita dapat konsumsi penghilang rasa sakit atau mengangkat testis yang akan membuat kondisi menjadi lebih nyaman. Jika kondisi peradangan menjadi semakin parah, pengidap orchitis kemungkinan memerlukan bantuan medis untuk dilakukan torsi atau proses memutar tali sperma. Masa pemulihan pengidap orchitis bisa memakan waktu beberapa minggu.

Untuk mendapatkan informasi mengenai hubungan orchitis dengan infeksi saluran kemih lakukan konsultasi sekarang di Klinik Apollo Jakarta. Mengenai reservasi Anda bisa segera hubungi nomor 081233881616. Demikian mengenai penyebab isk, semoga bermanfaat.