Sakit Ketika Buang Air Kecil? Waspadai Anyang-Anyangan

Resiko seorang wanita terserang anyang anyangan dalam hidupnya cukup besar. Kebanyakan wanita mengalami kondisi tersebut sampai berulang kali, bahkan hingga jangka panjang. Sering membasuh kemaluan dari belakang ke depan setelah buang air kencing? Segera hentikan kebiasaan tersebut, karena dapat menyebabkan anyang anyangan yang ditimbulkan oleh infeksi saluran kemih.

Hal tersebut datang karena bakteri dari usus besar yang ada disekitar anus seperti E Coli, mereka masuk kedalam saluran kemih karena cara membersihkan vagina yang salah. Bakteri tersebut akan meradang di sekitar kandung kemih jika tidak segera ditangani dapat menginfeksi organ lainnya, yakni ginjal.

Baca juga: FAKTOR RESIKO TERGANGGUNYA FUNGSI KANDUNG KEMIH

Apakah Sakit Ketika Buang Air Kecil Disebabkan Anyang Anyangan?

Anyang anyangan tidak akan menimbulkan beberapa tanda yang spesifik. Namun gejala berikut secara umum akan menjadi tanda anda mengalami anyang-anyangan.

•Buang air kencing lebih sering dengan volume sedikit demi sedikit

•Nyeri atau terdapat sensasi perih ketika buang air kecil

•Hasrat berlebih untuk buang air kecil

•Merasa kelelahan dan kurang sehat sepanjang waktu

•Menimbulkan bau tidak sedap pada urin, terkadang bercampur darah

•Nyeri pada bagian panggul terjadi pada kalangan wanita

1.Demam

Selain itu tanda dan gejala yang menyertai anyang-anyangan berbeda sesuai dengan sistem kemih yang terinfeksi seperti:

2.Ginjal

Penyakit yang menyerang ginjal atau pielonefritis pada umumnya disebabkan oleh bakteri, namun bisa timbul karena jamur. Cirinya yakni nyeri di bagian pinggang atas, mual, muntah, dan nyeri pada bagian pinggang belakang atas.

anyang anyangan

3.Kandung kemih

Nyeri ketika buang air kecil atau anyang-anyangan sering disebabkan oleh peradangan di bagian kandung kemih atau sistitis. Infeksi jenis ini pada umumnya disebabkan oleh bakteri jenis E Coli, bisa juga bakteri jenis lain yang umumnya ditemukan di area pencernaan.

Para penderita akan merasa tidak nyaman di bagian perut bagian bawah, buang air kecil berulang kali dan menimbulkan rasa nyeri, panggul terasa seperti ditekan, serta menimbulkan darah pada urin.

4.Saluran kencing

Lubang saluran kencing akan terasa perih ketika buang air kecil. Penyebabnya tidak jauh berbeda, yakni akibat penyebaran bakteri pada sistem percernaan dari anus ke saluran kemih. Karena posisi saluran wanita berdekatan dengan vagina, maka infeksi menular seksual seperti gonore, klamidia dan herpes dapat menyebabkan kondisi ini meradang.

Bagaimana Cara Mengatasi Anyang Anyangan?

Periksakan diri Anda ke dokter jika mengalami salah satu kondisi diatas, dokter akan menjalankan pemeriksaan secara fisik dan apabila diperlukan, penderita akan diambil bagian sampel urin untuk mendeteksi kemungkinan keberadaan bakteri penyebab anyang anyangan.

Pada umumnya, kondisi ini akan ditangani dengan memberi obat antibiotic yang harus dikonsumsi sampai tuntas, penanganan disesuaikan dengan jenis bakteri dalam urin. Selain itu dokter juga akan meresepkan obat anti nyeri untuk mengurangi sensasi perih atau buang air kecil secara terus-menerus.

Anda bisa mengompres perut bagian bawah dengan kantong atau botol yang berisikan air hangat, untuk mengurangi rasa nyeri pada bagian kandung kemih. Selain itu akan disarankan untuk minum lebih banyak air guna membantu melancarkan bakteri keluar dari saluran kemih.

Apabila Anda mengalami tanda dan gejala yang mengganggu, segera lakukan konsultasi bersama kami Klinik Apollo Jakarta. Bersama kami Anda akan mendapatkan perawatan dari dokter berpengalaman dan ahli dalam bidangnya. Mengenai informasi lebih lanjut Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian mengenai anyang-anyangan pada kalangan wanita, semoga bermanfaat.