Simak Tanda Atau Ciri Ciri Infeksi Saluran Kencing Pada Umumnya

Keputihan Infeksi saluran kencing (ISK) adalah komplikasi pasca operasi umum untuk berbagai prosedur bedah. Kenali ciri ciri infeksi saluran kencing secara umum. Penderita yang mengembangkan ISK pada periode perioperatif memiliki tingkat mortabilitas yang lebih tinggi dan lama sehingga harus segera dikelola infeksinya. Organisme penyebab umum adalah bakteri Escherichia Coli (E. Coli), Klebsiella sp, Enterobacteur sp, Ptoteus sp, Pseudomonas sp dan Staphylococcus sp.

Apa Itu Infeksi Saluran Kencing?

Ciri ciri infeksi saluran kencing (ISK) pada seseorang adalah peradangan dari sistem ginjal ditandai dengan seringnya kencing yang menyakitkan dan disebabkan oleh iritasi mikroorganisme biasanya bakteri ke dalam uretra dan kandung kemih. ISK dapat menyebabkan penyakit ringan atau berat. Seperti serangan sistitis yaitu peradangan kandung kemih dan dapat menyebabkan sedikit rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Sedangkan ciri ciri infeksi saluran kencing yang menyebar atau menular ke saluran kemih bagian atas dapat menyebabkan komplikasi akut seperti obstruksi ureter dan gagal ginjal atau ke kondisi kronis seperti inkontinensia atau jaringan parut ginjal yang secara bertahap berkembang menjadi gagal ginjal. ISK yang parah atau berulang dapat menyebabkan ketidaknyamanan selama hidupnya dan penurunan kualitas hidup.

Apa Yang Menyebabkan Infeksi Saluran Kencing?

Pengembangan ISK karena:

• Penyakit atau kondisi tertentu seperti perbedaan dalam perubahan anatomi saluran kemih. Kemungkinan muncul dengan perbedaan-perbedaan atau berkembang di kemudian hari dalam hidupnya karena bedah atau trauma (cedera).
• Jika memiliki sistem kekebalan tubuh yang menurun karena kemoterapi atau Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS).
• Lebih rentan terhadap gejala ISK jika menderita diabetes (kencing manis) atau aktif secara seksual.
• Wanita hamil yang berisiko lebih tinggi terkena ISK.
• Infeksi bakteri abnormal (tidak normal) atau jenis jamur tertentu (seperti ragi) kemungkinan telah memasuki saluran kemih dan menyebabkan infeksi. Kemungkinan terjadi karena cara membersihkan diri setelah buang air besar (BAB). Untuk wanita khususnya, jika membersihkan bagian belakang dubur ke bagian depan tubuh dapat mencemari saluran kemih yang menyebabkan infeksi.
• Pria dengan radang prostat (prostatitis) dapat mengalami ISK.
• Kebersihan yang buruk, seseorang yang tidak membersihkan diri secara teratur kemungkinan lebih berisiko terkena ISK.

Orang lain yang kemungkinan berisiko ISK termasuk:

• Wanita yang berusia lanjut lebih berisiko terkena infeksi karena anatominya.
• Seseorang yang melakukan kateterisasi untuk kencing (dengan meletakkan tabung di kandung kemih) juga berisiko mengalami infeksi.
• Dokter melakukan pemeriksaan dengan sampel urine. Ini sering dilakukan untuk mendiagnosis kondisi ini dan terkadang setelah melakukan pengobatan dengan terapi antibiotik.

Sebutkan Ciri Ciri Infeksi Saluran Kencing Secara Umum

Berikut ini adalah ciri ciri infeksi saluran kencing secara umum, meliputi:

• Mengalami urgensi saat kencing atau sering kencing.
• Merasakan sakit atau mengalami sensasi terbakar saat kencing dan bisa disebabkan oleh radang uretra (urethritis).
• Tidak sering kencing, urine berwarna gelap atau merah darah.
• Air seni kemungkinan terlihat keruh atau adanya darah didalamnya.
• Urine kemungkinan memiliki bau yang kuat.
• Merasakan sakit di punggung, panggul (pelvic) atau area perut.
• Mengalami demam atau menggigil jika memiliki infeksi.
• Terlalu lelah atau sangat letik jika adanya infeksi.
• Infeksi yang parah bisa mengalami mual dan muntah.

Bagaimana Infeksi Saluran Kencing Didiagnosis?

ISK biasanya didiagnosis berdasarkan ciri ciri infeksi saluran kencing, pemeriksaan fisik dan laboratorium pemeriksaan urine. Pada pria, pemeriksaan fisik sangat penting untuk mendeteksi adanya infeksi pada alat kelamin dan pembesaran kelenjar prostat yang kemungkinan merupakan tanda penyakit serius.

Sampel urine yang bersih dimana urine dikumpulkan di tengah aliran untuk mencegah kontaminasi dengan orgasme yang ada pada pembukaan uretra memerlukan untuk analisis di laboratorium. Analisis dapat melibatkan deteksi sederhana untuk keberadaan bakteri atau kemungkinan melibatkan kultur dan identifikasi orgasme spesifik yang menyebabkan infeksi.

Ciri Ciri Infeksi Saluran Kencing01

Cara Tepat Mengobati Infeksi Saluran Kencing

Ciri ciri infeksi saluran kencing biasanya diobati dengan pengobatan antibiotik. Selain itu juga dengan pengobatan penghilang rasa sakit yang diresepkan oleh dokter untuk mengurangi rasa sakit saat kencing. Infeksi berulang membutuhkan terapi antibiotik jangka panjang. Namun dalam kasus yang akut dapat melibatkan obstruksi ureter, infeksi tidak dapat berhasil diberantas dengan pengobatan antibiotik hingga obstruksinya dihilangkan.

Dalam beberapa kasus, wanita dengan ISK berulang dapat diresepkan pengobatan antibiotik. Usahakan tidak melakukan hubungan seksual terlebih dahulu untuk mencegah infeksi. Pada wanita pascamenopaise yang mengalami ISK dengan penggunaan hormon estrigen vagina yang dapat mencegah penipisan epitel vagina.

Pengobatan untuk ciri ciri infeksi saluran kencing bisa Anda lakukan di Klinik Apollo. Hubungi kami segera di nomor 081233881616 untuk melakukan pengobatan. Atau bisa juga melakukan konsultasi seperti dibawah ini melalui layanan medis kami secara online. Sudah banyak yang melakukan pengobatan di Klinik Apollo dan hasilnya sembuh. Percayakan pengobatan Anda hanya di Klinik Apollo.