Alami Keputihan Gatal, Ini Pengobatannya!

Keputihan gatal akibat peradangan infeksi dan tidak menular pada mukosa vagina (vaginitis) seringkali disertai peradangan vulva (vulvovaginitis). Gejalanya kemungkinan termasuk iritasi, terbakar, eritema dan terkadang disuria dan dispareunia. Gejala nya adalah salah 1 keluhan ginekologis yang paling umum.

Keputihan gatal atau iritasi di bagian tubuh mana pun dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Akan tetapi ketika terjadi di area yang sensitif seperti vagina dan vulva (labia, klitoris dan lubang vagina) itu bisa sangat menyebabkan ketidaknyamanan. Pada kebanyakan keputihan gatal dan iritasi pada alat kelamin bukanlah masalah utama. Akan tetapi karena kondisinya dapat menjadi gejala infeksi.

Apa Pengertian Keputihan?

Keputihan gatal dan iritasi pada vagina adalah gejala umum yang mempengaruhi setiap wanita setidaknya 1 kali dalam hidupnya. Mengetahui kondisi keputihan dapat membantu memahami penyebab dan gejala nya dan akan membantu mengetahui pentingnya untuk mencari perhatian medis. Kondisi normal bagi wanita adalah memiliki sejumlah kecil keputihan.

Keputihan normal adalah lendir serviks (leher rahim) yang biasanya tidak berbau dan bening atau berwarna terang. Keputihan akan berubah selama siklus menstruasi setiap bulannya. Biasanya, keputihan menjadi lebih tebal dan lebih meningkat dalam jumlah setiap waktu antar siklus dengan perubahan ini yang muncul sekitar 2 minggu sebelum periode berikutnya. Pada kebanyakan wanita melihat lebih sedikit keputihan setelah menopause daripada yang dimiliki sebelum menopause.

konsultasi

Apa Yang Menyebabkan Keputihan Gatal?

Infeksi ragi biasanya disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari jenis jamur yang disebut Candida juga dikenal sebagai ragi . Sejumlah kecil ragi dan organisme lain biasanya ditemukan di vagina, serta di mulut dan di saluran pencernaan. Infeksi ragi terjadi ketika keseimbangan organisme di vagina terganggu dan jumlah ragi yang tumbuh terlalu banyak dan dapat menyebabkan infeksi.

Infeksi ragi kemungkinan besar akan terlihat sebelum atau setelah periode menstruasi. Beberapa jenis infeksi ragi lebih sulit diobati dan disebabkan oleh penyebab lain. Konsultasikan dengan dokter mengenai pemeriksaan untuk jenis lain jika gejalanya tidak membaik. Keseimbangan organisme dalam vagina dapat diubah dengan:

• Pengobatan antibiotik karena dapat membunuh bakteri normal di vagina dan membiarkan ragi tumbuh.
• Kelebihan berat badan (obesitas).
• Diabetes (kencing manis).
• Kehamilan.
• Infeksi HIV.
• Steroid.
• Pil KB dan kontrasepsi lainnya.
• Pakaian dalam ketat yang memerangkap kelembapan dan panas, terutama di musim panas. (celana dalam katun adalah pilihan yang baik karena menyerap kelembaban lebih baik).

Baca Juga : Trikomoniasis Jadi Penyebab Keputihan Warna Hijau?

konsultasi

Keputihan Gatal Dan Gejala Lainnya

Gejala yang paling umum dari infeksi ragi adalah keputihan gatal. Keluarnya sering tebal, berwarna putih dan seperti dadih (hampir seperti keju). Debit tidak berbau. Tanda-tanda lain adalah terasa terbakar, kemerahan dan iritasi pada area vagina. Infeksi ragi yang parah dapat menyebabkan pembengkakan labia (bibir) di luar vagina.

Terkadang wanita mengalami rasa sakit ketika kencing saat urine melewati jaringan yang sakit. Hubungan seksual kemungkinan juga menyakitkan pada wanita karena radang vagina. Infeksi ragi sering menyebabkan keputihan yang tebal, putih dan kasar yang biasanya tidak berbau (atau hanya berbau sedikit berbeda dari biasanya). Selain itu juga kemungkinan memiliki lapisan krim berwarna keputihan di dalam dan sekitar vagina.

Sebagian besar infeksi jamur menyebabkan gatal, terbakar dan kemerahan di dalam atau di sekitar vagina. Gatal pada vagina biasanya semakin parah saat semakin lama mengalami infeksi. Seks dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan menyakitkan. Dalam kasus yang ekstrem, akan adanya celah atau luka pada vagina atau vulva.. Jika memiliki banyak iritasi, kemungkinan dapat menyengat ketika kencing.

konsultasi

Bagaimana Keputihan Didiagnosis?

Dokter akan menggunakan kapas untuk mengambil sampel keputihan. Sampel diletakkan pada slide bersama dengan setetes cairan khusus. Kemudian akan melihat sampel di bawah mikroskop untuk melihat adanya ragi yang terlalu banyak. Ada tes atau pengujian berbasis lainnya untuk mengevaluasi keputihan. Dokter juga dapat melakukan kultur keputihan, terutama jika memiliki infeksi jamur yang terus muncul kembali (kambuh).

Keputihan Gatal01

Cara Ampuh Atasi Keputihan Gatal

Infeksi ragi diobati dengan pengobatan oral atau dengan pengobatan vagina atau supositoria vagina (bahan padat sebagian yang di masukkan ke dalam vagina, di mana dapat larut dan melepaskan obat). Beberapa pengobatan anti-ragi vagina dapat disarankan. Pengobatan anti ragi vagina lainnya memerlukan resep dari dokter.

Ada baiknya tidak menggunakan tampon selama pengobatan karena akan menyerap pengobatan dan dapat membuatnya kurang efektif. Beberapa pengobatan anti-ragi vagina yang berbahan dasar minyak dapat melemahkan kondom dan diafragma lateks, sehingga lebih cenderung rusak.

Konsultasikan dan lakukan pemeriksaan dengan dokter mengenai penggunaan kondom poliuretan atau tidak berhubungan seksual sama sekali. Usahakan tidak menggunakan pengobatan anti ragi tanpa resep dari dokter. Pengobatan yang diresepkan untuk infeksi jamur tidak akan menyembuhkan infeksi vagina jenis lain seperti Bacterial Vaginosis (BV) atau IMS yang memerlukan pengobatan resep lain untuk mengobati keputihan gatal.

Pengobatan ini bisa Anda lakukan hanya di Klinik Apollo. Karena di Klinik Apollo terdapat dokter ginekologi nya juga. Anda tidak perlu khawatir, penangana di Klinik Apollo sangat aman dan terpercaya. Hubungi nomor Klinik Apollo di 081233881616 atau bisa juga dengan melakukan konsultasi melalui layanan konsultasi seperti dibawah ini. Pengobatan dilakukan dengan dokter yang sudah ahli dan berpengalaman didalam bidangnya. Sudah banyak yang melakukan pengobatan keputihan di Klinik Apollo dan hasilnya sembuh. Biaya pengobatannya juga sangat terjangkau.

Baca Juga : Sangat Berbahaya Jika Wanita Alami Keputihan Berbau Amis

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikgonore.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.