Apa Penyebab Keputihan Yang Berbahaya

Pada umumnya keputihan adalah proses alami yang berfungsi untuk membersihkan dan melindungi vagina dari berbagai infeksi dan iritasi, bagaimana dengan keputihan yang berbahaya?. Keputihan yang normal tidak akan menimbulkan bau, warna, dan tak memberi sensasi gatal pada area kewanitaan.

Nah jika keputihan yang Anda alami berwarna coklat atau merah, pada umumnya mengindikasi adanya darah dalam cairan. Terdapat berbagai faktor yang bisa menyebabkan terjadinya keputihan berdarah? Simak ulasan selengkapnya bersama kami dibawah ini.

Baca juga: CIRI KEPUTIHAN SETELAH BERHUBUNGAN SEKS, AMAN?

Lalu Apa Penyebab Keputihan Yang Berbahaya?

Keputihan merupakan keluarnya sekresi atau lendir dari vagina. Cairan ini diproduksi oleh kelenjar dalam vagina sebagai cara alami sistem reproduksi untuk membersihkan area genital tersebut. Keputihan pada umumnya terjadi akibat perubahan hormonal, masuk siklus haid, stress, atau berbagai kegiatan seksual.

Sekresi yang terjadi akibat perubahan hormonal merupakan sebuah kondisi dan jenis yang normal. Sedangkan keputihan yang berbahaya akan timbul akibat berbagai kondisi medis tertentu. Namun seringnya keputihan yang tidak normal disebabkan karena adanya jamur, parasit, bakteri atau infeksi yang terjadi pada vagina.

Keputihan yang berbahaya bisa dilihat dari konsistensi, warna, bau, dan volume yang ditimbulkan. Nah ketika cairan yang keluar dari vagina Anda mengalami perubahan warna menjadi putih susu, hijau, keabuan, lalu berbau, rasa tidak nyaman, panas dan gatal, hal tersebut bisa terjadi sebagai tanda adanya infeksi pada saluran reproduksi Anda.

keputihan yang berbahaya

1.Hormon dan siklus menstruasi

Terdapat beberapa faktor penyebab seseorang mengalami keputihan berdarah yang berhubungan dengan hormone dan siklus haid, yakni akibat siklus anovulasi atau keadaan dimana ovarium gagal melepaskan sel telur. Fase ini terjadi pada kalangan wanita yang baru pertama kali menstruasi dan masuk pada fase menopause.

Wanita yang menderita sindrom ovarium polikistik sering mengalami bercak keputihan yang berbahaya karena mengalami siklus tersebut. Kalangan wanita yang menggunakan alat kontrasepsi hormone juga bisa mengalami pendarahan di bagian uterus, hal ini bisa menyebabkan keputihan berwarna merah dan coklat.

Pada umumnya kondisi ini lebih sering terjadi pada mereka yang menggunakan alat kontrasepsi seperti pil kb atau suntikan. Iud hormonal faktanya bisa menimbulkan bercak keputihan, terutama selama beberapa bulan pertama setelah penggunaan. Keputihan yang hadir disertai darah bisa terjadi akibat pengaruh dari kelanjer tirodi yang terlalu aktif atau sebaliknya, mereka akan menyebabkan ketidakseimbangan kadar hormone pada kalangan wanita.

2.Infeksi pada sistem reproduksi

Beberapa infeksi saluran reproduksi seperti klamidia, gonore, dan kutil kelamin terkadang bisa menyebabkan perdarahan ringan yang menimbulkan keputihan berdarah. Infeksi bacterial vaginosis, infeksi trikomonas, dan jamur disebabkan oleh protozoa yang menyebabkan keputihan menjadi kental, menimbulkan bau amis, walau terkadang infeksi tidak menimbulkan gejala sama sekali. Selain itu, vagina yang lecet akibat kegiatan seksual juga bisa menyebakan keputihan hadir bercampur darah, terutama kalangan wanita yang mempunyai vagina kering.

3.Kondisi medis

Jika keputihan yang hadir bersama bercak kecoklatan atau kemerahan yang disertai dengan perdarahan muncul ketika hamil, ini akan menandakan sebuah masalah pada rahim, seperti persalinan prematur, keguguran, atau kelainan plasenta. Selain itu, timbulnya bercak darah juga bisa terjadi karena ada indikasi pada masalah reproduksi wanita seperti timor, kanker atau fibroid rahim.

Bagi Anda yang mengalami berbagai tanda dan gejala diatas, bisa segera lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo Jakarta untuk dapatkan penanganan terjamin. Mengenai reservasi, Anda bisa hubungi 081233881616. Demikian mengenai keputihan yang berbahaya, semoga bermanfaat.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang kami sediakan di website www.klinikgonore.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.