Ciri-Ciri Keputihan Abnormal

Pada umumnya semua kalangan wanita pasti pernah mengalami keputihan, kondisi alami ini mempunyai fungsi membersihkan dan melindungi alat kelamin wanita dari berbagai iritasi dan infeksi, lalu bagaimana keputihan abnormal?. Wanita yang sedang mengandung dapat alami keputihan yang berhubungan dengan kehamilan tersebut. Ketika Anda mengalami keputihan, seorang wanita pada umumnya akan mengeluarkan lendir yang berasal dari kelaminnya.

Keputihan abnormal terjadi akibat adanya infeksi berupa kuman, tumor di saluran reproduksi dan alergi. Keputihan jenis ini mempunyai ciri lendir menggumpal, mengeluarkan bau tidak sedap, berwarna merah atau hijau, menyebabkan rasa nyeri serta jumlahnya sangat banyak.

Lendir yang diproduksi kelenjar dalam alat kelamin wanita serta serviks atau leher rahim ini akan keluar sambil membawa sel mati atau bakteri, sehingga membuat kelamin wanita tetap bersih. Namun keputihan ada yang bersifat normal dan tidak normal. Berikut kami berikan uraian mengenai ciri keputihan yang normal dan sebaliknya.

Baca juga: PENYEBAB KEPUTIHAN ABNORMAL APA SAJA?

konsultasi

Ciri-Ciri Keputihan Tidak Normal

Jadi pada umumnya lendir saat keputihan normal berwarna bening, putih, dan tidak menimbulkan bau. Apabila menempel pada pakaian dalam warnanya akan berubah menjadi kuning, konsistensinya seperti lendir tergantung masa hormone dan tak disertai gatal atau perih di area kelamin. Siklus menstruasi akan berpengaruh pada warna, jumlah, serta kekentalan lendir tersebut. Contohnya jumlah lendir lebih banyak pada masa subur atau ibu menyusui.

Keputihan yang tidak normal merupakan tanda adanya penyakit tertentu. Beberapa ciri keputihan yang tidak normal, diantaranya:

Terdapat perubahan pada warna dan kekentalan lendir keputihan

•Bau lendir yang cukup tajam

•Jumlah lendir yang berlebihan

•Terdapat rasa gatal di area kelamin wanita dan nyeri perut

•Terdapat pendarahan di luar siklus haid.

Ciri sekresi diatas menunjukan bahwa ada keputihan abnormal yang biasanya terjadi karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai jenis kuman, parasit, dan jamur.

konsultasi

 keputihan abnormal

Cara Mengatasi Keputihan Abnormal

Jika keputihan yang Anda alami termasuk sekresi abnormal, maka perlu diobati, karena bisa menyebabkan berkembangnya infeksi ke bagian organ dalam. Mengatasi gatal saat keputihan maupun ciri sekresi abnormal lainnya bisa dilakukan dengan beberapa metode berikut ini:

•Sebaiknya hindari hubungan seksual terlebih dahulu

•Menghindari penggunaan celana ketat yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat

•Sering ganti celana dalam jika mudah berkeringat atau lembab

•Kami sarankan jangan gunakan panty liner, namun jika tetap ingin mengenakan produk tersebut, sebaiknya pilih yang tak mengandung pengharum dan tidak digunakan lebih dari 6 jam

•Setelah buang air kecil, sebaiknya segera bilas dari arah depan ke belakang dengan sebuah handuk

•Jangan menggunakan produk pembersih alat kelamin wanita yang bisa sebabkan perubahan keseimbanmgan bakteri dan alat vital

konsultasi

Jika cara-cara diatas belum bisa membantu Anda menangani masalah keputihan abnormal, Anda bisa tanyakan kepada dokter mengenai masalah tersebut. Mereka akan melakukan diagnosis dan penyebab adanya keputihan tidak normal yang dialami serta pengobatan yang sesuai. Anda bisa menanyakan semua informasi melalui dokter yang ahli dalam bidangnya.

Kami merupakan Klinik Apollo yang akan membantu semua masalah pasien salah satunya keputihan tidak normal. Fasilitas dan layanan kami sangat terjamin, dan akan membuat pasien merasa nyaman melakukan pemeriksaan bersama. Untuk memperoleh informasi lebih lanjut segera lakukan reservasi dengan mudah melalui 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai keputihan abnormal, semoga informasi yang kami uraikan memberi manfaat dan wawasan kepada kalian semua.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.klinikgonore.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.