Ciri Ciri Keputihan Bakteri Dan Jamur

Pernahkah Anda merasa area genital gatal, tidak nyaman dan menimbulkan ciri ciri keputihan bau tak sedap? Bisa jadi Anda mengalami infeksi pada vagina. Kondisi tersebut sering terjadi pada kalangan wanita yang tidak terlalu memperdulikan kebersihan vaginanya. Apakah tanda dan gejala yang Anda alami karena adanya infeksi vagina? Lalu apa saja gejala lain yang timbul karena vagina terserang infeksi? Apa saja penyebabnya? Simak ulasan lengkap kami dibawah ini.

Baca juga: UMUMNYA INI PENYEBAB KEPUTIHAN BERWARNA HIJAU

Apa Saja Ciri Ciri Keputihan Bakteri Dan Jamur?

Jadi sebenarnya, organ genital wanita dirancang untuk bisa membersihkan dirinya sendiri dengan cara mengeluarkan sekresi seperti air ludah yang tidak menimbulkan warna dan bau. Namun jika Anda sudah mengalami ciri ciri keputihan dan cairan yang keluar dari vagina, bisa jadi ini merupakan tanda adanya infeksi.

Jadi pada dasarnya, ada beberapa penyebab infeksi pada vagina yang sering menyerang kaum wanita, yakni infeksi diakibatkan oleh jamur atau bakteri. Jadi keduanya mempunyai tanda dan gejala yang mirip, namun penangananya berbeda. Lalu bagaimana cara mengetahui infeksi yang diderita akibat jamur atau bakteri?

Gejala Ciri Ciri Keputihan Akibat Bakteri

Bakteri yang menjadi penyebab sebuah infeksi pada vagina tidak lain yakni vagonis. Bakteri ini pada umumnya, selalu ada dalam vagina wanita, namun jika sudah mengakibatkan infeksi, maka jumlah bakteri vaginosis yang tumbuh tidak terlalu banyak.

Jika Anda mengalami infeksi bakteri di vagina, maka gejala yang akan muncul diantaranya:

•Warna cairan yang muncul, tidak hanya putih saja, namun kuning, hijau, atau keabu-abuan

•Menimbulkan gatal

•Ciri ciri keputihan menimbulkan bau tidak sedap

Sementara penyebab infeksi vagina lainnya yakni karena jamur candida albania. Sama dengan vaginosis, jamur ini tumbuh disekitar vagina dalam jumlah rendah, bahkan dalam keadaan normal sekalipun. Namun jamur ini akan tumbuh dengan cepat dan akhirnya menimbulkan infeksi.

Berikut tanda dan gejala akibat jamur yang bisa terjadi:

•Ciri ciri keputihan hadir tanpa bau sama sekali, namun bentuknya menyerupai keju

•Timbul rasa gatal

•Iritasi di bagian vagina

•Vagina terasa panas ketika buang air kecil

•Sakit ketika berhubungan seksual

Apa Penyebab Keputihan Karena Jamur?

Walaupun banyak faktor yang sebabkan infeksi vagina, namun kebersihan dapat dibilang salah satu peran utamanya. Jika Anda kurang perhatikan kebersihan pada vagina, maka mulai sekarang, ubahlah kebiasaan tersebut jika tak ingin mengalami infeksi di bagian vagina.

Sudah banyak penelitian yang menyatakan jika infeksi vagina cenderung terjadi pada kalangan wanita yang tidak bisa menjaga kebersihan dengan baik, apalagi ketika masa-masa haid. Saat menstruasi, vagina menjadi lebih rentan terserang infeksi jamur atau virus lainnya.

Hal ini semakin diperparah akibat Anda malas untuk membersihkan vagina atau mengganti ganti pembalut secara rutin. Sehingga, muncul tanda dan gejala infeksi yang sudah kami uraikan diatas.

Bagaimana Cara Mengatasi Keputihan Karena Infeksi?

Jangan cemas, Anda bisa mengurangai tanda dan gejala infeksi vagian dengan cara membersihkan dengan rutin. Salah satunya caranya yakni menggunakan cairan antiseptic khusus vagina, terutama yang mempunyai kandungan povidone–iodine.

Gunakan hanya untuk bersihkan area luar vagina dan hindari dari bagian dalam, agar tidak mengganggu bakteri baik yang menetap. Jika Anda merasakan tanda dan gejala diatas, segera lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo untuk mendapatkan penanganan terbaik. Mengenai reservasi Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai ciri ciri keputihan bakteri dan jamur, semoga bermanfaat.