Ini Dia Jenis Dan Bahaya Keputihan

Keputihan merupakan sebuah sekresi yang keluar dari vagina, lalu apa saja bahaya keputihan?. Munculnya keputihan bisa bersifat alami jika terjadi dalam jumlah yang tidak berlebihan. Namun sebaliknya bisa menjadi salah satu gejala penyakit jika datang dengan hal aneh yang akan membuat diri Anda tidak nyaman. Misalnya warna mencolok, bau tak sedap, rasa sakit yang timbul di area kulit organ kewanitaan dan lain sebagainya.

Baca juga: Penyebab keputihan bagi kalangan wanita

Jenis Dan Bahaya Keputihan Bagi Kalangan Wanita

Maka dari itu, sebagai kaum wanita, setidaknya Anda harus mengetahui berbagai jenis warna keputihan yang bisa muncul kepada diri Anda. Warna keputihan mempunyai hubungan dengan kesehatan. Terutama di bagian organ intim. Maka pada kesempatan kali ini kami akan mengulas mengenai jenis dan bahaya keputihan untuk kalian semua.

1.Elastis dan jernih

Keputihan seperti ini pada umumnya muncul setelah berakhirnya siklus haid Anda, muncul dengan warna agak pekat. Coba ambil cairan tersebut menggunakan jari, lalu regangkan diantara kedua jari. Apabila berwarna jernih dan elastis setelah direntangkan secara maksimal, ini merupakan tanda jika Anda sedang mendekati masa ovulasi dan bersifat normal.

bahaya keputihan

2.Warna putih

Munculnya keputihan semacam ini biasanya hadir sebelum atau sesudah masa menstruasi. Namun Anda harus waspada kalau cairan putih yang keluar disertai dengan bau tak sedap dan gatal, bisa jadi hal tersebut sebagai tanda dan gejala area kewanitaan mengalami infeksi jamur. Segera lakukan konsultasi ke dokter untuk memperoleh langkah yang tepat.

3.Berwarna kuning

Anda harus waspada jika melihat cairan keputihan yang keluar berwarna kuning. Sebab bisa saja orgasme kuman akan berkembang dan tumbuh di dalam sana. Biasanya kuman masuk melalui sebuah hubungan seksual. Apabila sudah begini, Anda harus mewaspadai gejala adanya infeksi gonore, klamidia, dan trichomonas. Bakteri jahat jenis gardnerella, mycoplasma hominis, merupakan tanda yang cukup serius.

4.Cokelat

Biasanya keputihan yang datang dengan warna coklat terjadi pada masa haid, menopause, dan kehamilan awal. Sekresi ini bisa menjadi tanda penyakit di area vagina Anda. Jika keputihan Anda bersifat tidak normal, misalnya disertai dengan nyeri pantat, pinggang dan disertai bau tak sedap, Anda patut waspadai mungkin ini sebagai tanda awal penyakit kanker serviks atau pelvic inflammatory disease.

5.Warna hijau

Apabila cairan keputihan muncul dalam jumlah besar disertai bau busuk dan nyeri di area genital. Anda wajib mencurigai bahaya keputihan menjadi gejala infeksi organ reproduksi. Trichomonas vaginalis merupakan bakteri penyebab cairan keputihan menjadi warna kehijauan. Di level keputihan yang sudah semakin parah, Anda akan mengalami rasa gatal dan panas di sekitar kemaluan. Penyebabnya tidak lain adanya bakteri neisseria gonorrhoeae.

6.Berwarna abu-abu

Keputihan yang keluar dengan warna abu-abu disertai bau tak sedap, gatal, bengkak dan kemerahan perlu Anda perhatikan dengan baik. Sebab bisa jadi disebabkan oleh jenis bakteri yang berbahaya. Parahnya warna abu-abu akan diikuti dengan darah dan teksturnya encer. Kemungkinan Anda sedang terserang sel kanker.

Apapun warna keputihan yang Anda alami, jika terlihat tidak wajar yang ditandai dengan bau atau rasa nyeri, Anda bisa langsung hubungi dokter untuk memperoleh penanganan yang tepat. Jika tidak, bisa saja bahaya keputihan tersebut menjadi tanda penyakit yang cukup beresiko bagi Anda.

Kami Klinik Apollo akan menangani semua masalah yang Anda alami secara maksimal. Lakukan reservasi dengan mudah melalui nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai bahaya keputihan, semoga bermanfaat.