Jenis Keputihan Berdasarkan Tipe Dan Warna

Sebagian kalangan wanita menganggap sekresi sebagai kondisi yang normal dan umum, lalu apa saja jenis keputihan?. Padahal tak semua keputihan sama. Ada warna tertentu yang merupakan tanda dari penyakit infeksi atau sebuah jamur.

Salah satu tanda adanya gangguan kesehatan tersebut yakni munculnya rasa gatal, bau dan sensasi panas. Maka dari itu, Anda harus kenali apa saja warna keputihan abnormal tersebut. Dengan memahami kondisi ini, maka Anda bisa mendeteksi adanya penyakit secara lebih cepat dan tepat.

Menurut ahli medis, keputihan secara garis besar disebabkan oleh beberapa hal, yakni sekresi karena kondisi normal atau fisiologis dan patologis. Keputihan fisiologis merupakan sekresi yang normal terjadi karena perubahan hormon, seperti ketika menstruasi, stress, hamil, menggunakan dan menggunakan alat kontrasepsi. Sementara itu, sekresi patologis merupakan sekresi yang hadir akibat kondisi kesehatan tertentu. Penyebabnya yakni akibat infeksi jamur, bakteri atau parasit.

Baca juga: UMUMNYA INI PENYEBAB KEPUTIHAN BERWARNA HIJAU

Bagaimana Jenis Keputihan Berdasarkan Tipe Dan Warna

1.Cokelat

Keputihan dengan warna coklat bisa disebabkan oleh siklus haid yang tidak normal. Apabila keputihan terus hadir, Anda bisa segera jadwalkan janji untuk berkonsultasi dengan dokter. Ini menjadi salah satu tanda kanker serviks atau rahim. Selain itu selama masa menopause, seorang wanita tidak boleh mengalami pendarahan pada vagina jenis apapun, sebab ini merupakan tanda adanya jaringan kanker rahim.

2.Hijau

Jika Anda mengalami keputihan berwarna hijau, ini bukan jenis keputihan normal. Kondisi tersebut menjadi tanda adanya infeksi bakteri atau infeksi menular seksual seperti trikomoniasis. Siapapun yang alami keputihan ini harus segera konsultasi bersama dokter. Jika Anda mendapatkan diagnose menderita trikomoniasis, Anda akan mendapatkan anjuran konsumsi antibiotic.

jenis keputihan

3.Putih dan kental

Apabila keputihan Anda berwarna putih dan kental, ini merupakan jenis keputihan normal. Cairan normal pada umumnya mempunyai ciri hadir dengan warna jernih, jika menempel pada pakaian dalam warnanya menjadi kuning, konsistensinya seperti lendir atau encer, tidak mempunyai bau serta tidak menimbulkan keluhan. Anda bisa mengalami peningkatan jumlah seleksi yang lebih tebal sebelum atau sesudah siklus haid.

4.Kuning

Warna keputihan kuning menjadi tanda kondisi tersebut abnormal. Jenis keputihan ini merupakan tanda Anda mengalami infeksi bakteri atau menular seksual. Selain itu, Anda bisa merasakan adanya bau yang menyertai keputihan tersebut atau tidak.

5.Infeksi jamur

Sekresi infeksi ragi disebabkan oleh tumbuhnya jamur secara berlebih pada vagina. Gejala keluarnya infeksi ini meliputi cairan dengan warna putih, tebal seperti keju, bersamaan dengan rasa gatal, kemerahan, adanya rasa terbakar, dan iritasi. Sekitar 90% wanita akan mengalami infeksi jamur pada perjalanan hidupnya.

Infeksi ragi tidak akan menular, jika gejalanya semakin membaik dengan pengobatan atau Anda alami lebih dari beberapa infeksi dalam setahun, maka Anda harus kunjungi dokter segera.

Disarankan jika Anda mengalami keputihan tidak normal segera atasi penyakit tersebut, karena bisa menyebarkan infeksi pada bagian organ dalam. Selain itu, keputihan abnormal memang memerlukan pengobatan dengan antibiotic, antijamur, atau anti parasit yang sesuai. Selain itu beberapa ahli medis juga menyarankan sebaiknya penderita hindari hubungan seksual terlebih dahulu ketika terjadi keputihan tidak normal.

Jadi benar jika keputihan merupakan hal normal pada kalangan wanita. Namun Anda harus mencegah jika terdapat indikasi mencurigakan. Misalnya segera ganti celana dalam jika berkeringat, hindari menggunakan celana yang terlalu ketat, jangan gunakan produk pembersih vagina yang bisa mengganggu Ph baik, serta basuh vagina Anda dari depan ke belakang.

Jika Anda mengalami masalah yang cukup rumit, lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo Jakarta untuk dapatkan penanganan terbaik. Untuk reservasi Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai jenis keputihan, semoga bermanfaat.