Kenali Ciri Ciri Keputihan Yang Berbahaya Pada Wanita

Keputihan berlebihan dan tebal berwarna putih atau kekuningan, lengket, berbau dari vagina adalah ciri ciri keputihan yang berbahaya pada wanita. Masalah umum ini dapat terjadi karena kondisi yang tidak higienis, infeksi saluran genital atau gangguan fungsi kekebalan tubuh. Sebagian besar wanita merasa malu dengan masalah ini

Apa Pengertian Dari Keputihan?

Keputihan didefinisikan sebagai aliran yang berwarna putih di saluran vagina wanita. Keluarnya bisa seperti aliran ang normal atau bisa lengket dan kental. Pada sebagian besar wanita, sifat keputihan berubah-ubah seiring bertambahnya usia atau seringnya bepergian. Keputihan adalah fenomena yang cukup normal dan sehat pada wanita hingga batas tertentu.

Keputihan sebenarnya adalah bentuk cairan dari semua sel dan mati di saluran vagina bersamaan dengan bahan beracun lainnya yang terus menerus dikeluarkan dari vagina. Pada wanita yang sehat, debit tersebut berwarna putih, akan tetapi jika keputihannya berubah menjadi gelap maka harus segera dilakukan pemeriksaan dengan dokter.

konsultasi

Penyebab Umum Keputihan Wanita

Ciri ciri keputihan yang berbahaya dapat disebabkan oleh asupan berlebihan junk food berminyak, pedas dan tidak sehat. Ketidakseimbangan hormon yang disebabkan karena tekanan mental yang parah dan trauma juga dapat menyebabkan keputihan pada wanita. kegemaran berlebihan dalam aktifitas seksual. Diet dan gaya hidup yang tidak benar selama siklus menstruasi. Kebersihan vagina yang tidak tepat dapat menyebabkan keputihan. Alkohol yang berlebihan dan merokok. Ada berbagai alasan karena keputihan dapat terjadi pada wanita. Berikut ini beberapa penyebab yang diketahui:

• Infeksi Jamur
Seperti ragi, dapat menyebabkan infeksi pada saluran vagina yang mengarah pada ciri ciri keputihan yang berbahaya. Ketika wanita terinfeksi jamur maka cairan yang keluar kental dan berwarna putih disertai dengan rasa gatal. Jenis keputihan ini disebut kandidiasis vagina.

• Penyakit Menular Seksual (PMS)
Beberapa PMS dapat menyebabkan keputihan pada wanita. Jenis PMS yang paling utama adalah trikomoniasis. Cairan yang keluar berwarna kehijauan atau kuning.

• Kebersihan Yang Tidak Higienis
Berbagi peralatan mandi terutama toilet umum dapat menyebabkan infeksi pada vagina yang mengakibatkan keputihan. Bisa diamati ketika lupa mengambil tampon atau diafragma.

• Masalah Serviks (Leher Rahim)
Ada 2 jenis masalah dengan serviks (leher rahim), erosi serviks (leher rahim) dan polip serviks (leher rahim) dapat menyebabkan keputihan. Ciri ciri keputihan yang berbahaya ini biasanya lebih banyak setelah hubungan intim. Kotoran yang berwarna coklat dan menyerupai darah yang terkoagulasi.

Baca Juga : Keputihan Berwarna Coklat Pada Wanita Pertanda Apa?

konsultasi

Ciri Ciri Keputihan Yang Berbahaya Pada Wanita

Ciri ciri keputihan yang berbahaya dan yang paling menonjol adalah kelainan pada kondisi umum keputihan. Ciri ciri keputihan yang berbahaya dapat meliputi:

• Cairan lebih gelap dari biasanya dan pada kebanyakan berwarna kuning, hijau atau coklat.
• Berwarna putih akan tetapi dalam jumlah yang banyak.
• Keputihan yang disertai dengan rasa gatal atau nyeri di perut bagian bawah.
• Tindakan seksual yang menyakitkan.
• Sakit punggung dan sakit di kaki, terasa gatal yang intens pada vagina.
• Sering kencing.
• Lekas marah dan kurangnya konsentrasi dalam kinerja.
• Gangguan pencernaan seperti sembelit.
• Kelelahan karena kehilangan cairan vital saat dikeluarkan.
• Bau yang kuat atau berbusa dan ruam atau bintik-bintik serta sakit pada alat kelamin.

konsultasi

Bagaimana Cara Mendiagnosis Keputihan?

Dokter mengajukan beberapa pertanyaan untuk membantu menentukan penyebab keputihan termasuk penggunaan antibiotik, memiliki pasangan seksual, gejala menopause, gejala diabetes (kencing manis) dan perubahan tertentu lainnya dalam kesehatan atau gaya hidup. Dengan menjalani pemeriksaan panggul (pelvic) dengan menggunakan spekulum untuk melihat serviks (leher rahim) secara langsung.

Selama pemeriksaan panggul (pelvic), sampel cairan dikumpulkan untuk dilakukan tes atau pengujian. Dengan melihat cairan di bawah mikroskop maka dapat dilakukan diagnosis infeksi ragi, bakteri vaginosis atau infeksi Trichomonas. Berdasarkan penampilan dinding vagina, dapat diketahui diagnosis vaginitis atrofi.

Dengan memeriksa kelembutan serviks (leher rahim), rahim atau indung telur dengan meletakkan jari-jari di dalam vagina. Kelembutan dapat mengindikasi adanya PMS atau penyakit radang panggul (PID). Mendiagnosis gonore (kencing nanah) atau klamidia membutuhkan hasil tes atau pengujian laboratorium.

Ciri Ciri Keputihan Yang Berbahaya02

Cara Tepat Mengobati Keputihan Yang Berbahaya

Infeksi diobati dengan pengobatan antibiotik. 1 dosis pengobatan antibiotik oral dapat disarankan. Pemilihan lain dengan menggunakan pengobatan antibiotik dalam bentuk lain terutama jika memiliki efek samping yang signifikan ketika menggunakan pengobatan antibiotik oral. Jika didiagnosis menderita vaginosis bakteri atau trikomoniasis maka diresepkan pengobatan antibiotik.

Jika mencurigai memiliki PMS berdasarkan riwayat dan pemeriksaan fisik, kemungkinan diberikan pengobatan antibiotik intravena dan oral sebelum hasil tes atau pengujian dipastikan diagnosisnya. Jika memiliki infeksi jamur berulang dan mengenali ciri ciri keputihan yang berbahaya, biasanya disarankan pengobatan antijamur.

Jika tidak membaik, konsultasikan dan lakukan pemeriksaan dengan dokter dan lakukan pemeriksaan untuk memastikan diagnosis dan melakukan pengobatan. Vaginitis atrofi dapat terjadi dengan perubahan hormon paling sering terjadi selama atau setelah menopause. Pengobatan yang paling efektif adalah hormon estrogen.

Hormon estrogen vagina adalah cara teraman karena terpapar dengan kadar hormon estrogen yang lebih rendah dibandingkan dengan mengkonsumsi hormon estrogen melalui oral atau bercak kulit. Pasangan seksual tidak harus melakukan pengobatan kecuali didiagnosis menderita PMS atau mengalami infeksi berulang dan tidak adanya faktor lain yang membuat rentan terhadap infeksi.

Jika pasangan seksual mengalami keputihan dan membuat ketidaknyamanan saat kencing atau selama hubungan seksual maka harus di evaluasi oleh dokter. Untuk mengobati kondisi ini bisa dilakukan di Klinik Apollo. Jika ciri ciri keputihan yang berbahaya telah didiagnosis Anda tidak perlu khawatir, karena Klinik Apollo bisa mengatasi kondisi yang Anda alami. Untuk lebih jelas hubungi kami segera di 081233881616 atau dibawah ini.

Baca Juga : Umumnya Ini Penyebab Keputihan Berwarna Hijau

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikgonore.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.