Keputihan Adalah Lendir Yang Keluar Dari Vagina

Keputihan adalah kondisi yang bisa sangat memalukan pada wanita jika ditandai dengan keputihan yang berbau busuk. Keputihan dapat menjadi berbagai kondisi ginekologis dan infertilitas atau kemandulan dan karenanya memerlukan evaluasi dan pengobatan dengan cepat. Keputihan terbagi menjadi 2, yaitu keputihan normal dan keputihan abnormal (tidak normal).

Pengertian Umum Keputihan Adalah

Keputihan adalah cairan atau lendir yang bersifat tebal dan berwarna kekuningan. Kondisi ini yang paling umum dialami seorang wanita pada usia reproduksi. Wanita yang mengalami keputihan pada awalnya merasa sangat malu dan khawatir mengenai masalah ini. Pada kebanyakan wanita merasa takut dan menganggapnya sebagai penyakit, namun biasanya itu tanda infeksi.

Keputihan adalah normal saat mengalaminya dalam beberapa hari sebelum menstruasi untuk yang pertama kalinya. Beberapa jumlah cairan normal dan untuk pelumasan vagina. Namun jumlah keputihan dapat meningkat karena infeksi vagina dan dapat muncul dan hilang dari waktu ke waktu. Lakukan konsultasi dengan dokter jika bertambah parah kondisinya.

Penyebab Mendasar Keputihan Adalah

Penyebab keputihan adalah kehamilan, periode menstruasi atau menstruasi, infeksi organ genital wanita dan penyimpangan hormon. Kondisi paling umum yang kemungkinan menyebabkan keputihan dapat meliputi:

• Kehamilan, periode pramenstruasi atau menstruasi dan kongesti rahim.
• Infeski pada organ genital wanita.
• Iritasi karena faktor mekanik seperti penggunaan kontrasepsi kimia dan alat kontrasepsi.
• Penyebab emosional seperti stress, kecemasan, tekanan dalam bekerja dan kecemasan seksual.
• Penyimpangan hormon.
• Kesalahan dalam diet, penggunaan stimulan yang berlebihan seperti teh, kopi, alkohol dan rokok.
• Kondisi medis seperti anemia dan TBC.

Tanda-Tanda Keputihan Pada Wanita

Keputihan bisa menjadi kondisi yang sangat tidak nyaman pada wanita karena gejalanya seperti rasa gatal yang hebat pada vulva, cairan yang berbau seperti ikan serta berwarna kekuningan, perdarahan pada vagina diantara 2 siklus menstruasi dan sakit parah di perut. Tanda dan gejala menunjukkan dianosis penyakit spesifik dari faktor-faktor penyebab yang mendasarinya. Oleh karena itu seorang wanita mengalmai salah 1 dari tanda-tanda berikut ini yang memerlukan evaluasi medis lebih lanjut.

• Terasa gatal yang hebat pada vulva.
• Terasa sakit pada vulva.
• Keputihan yang tidak biasa.
• Bau seperti ikan.
• Cairan seperti dadih berwarna kekuningan yang tebal.
• Perdarahan pada vagina diantara 2 siklus menstruasi.
• Sakit parah atau kram seperti menstruasi di bagian bawah perut.
• Rasa sakit selama atau setelah berhubungan seksual.
• Perdarahan saat atau setelah berhubungan seksual.
• Rasa sakit saat kencing.
• Vaginitis.
• Luka kulit di sekitar vagina.
• Edema vulva (pembengkakan vagina.
• Nyeri punggung bagian bawah.

Bagaimana Keputihan Didiagnosis?

Diagnosis keputihan adalah mencakup pemeriksaan fisik oleh dokter untuk mengidentisikasi dan memastikan penyebab keputihan. Diagnosis juga tergantung pada frekuensi gejala, sifat keputihan, jenis infeksi dan riwayat medis lainnya. Diagnosis klinis didasarkan pada riwayat klinis keluhan yang terperinci seperti:

• Durasi keputihan.
• Jenis infeksi jamur.
• Frekuensi hubungan seksual.
• Konsistensi, warna dan bau keputihan.
• Modalitas waktu ketika kecenderungan meningkat.
• Riwayat kontrasepsi.

Pemeriksaan fisik sangat penting untuk mengidentifikasi peradangan dan membantu mengidentifikasi dan mengkonfirmasi jenis infeksi. Tes atau pengujian darah dilakukan jika diperlukan kemungkinan dapat direkomendasikan oleh dokter.

Keputihan Adalah01

Cara Tepat Dalam Menangani Keputihan

Konsultasikan dengan dokter, karena sangat penting untuk difahami akar penyebab kondisi dan disarankan pengobatan khusus berdasarkan riwayat klinis keluhan dan gaya hidup atau faktor lain apapun yang kemungkinan menyebabkan keputihan. Diagnosis meliputi pemeriksaan fisik oleh dokter untuk mengidentifikasi dan memastikan jenis infeksi.

Diagnosis juga tergantung pada gejala, frekuensi, waktu dan sifat keputihan serta beberapa faktor lainnya. Tes atau pengujian darah kemungkinan direkomendasikan untuk mengkonfirmasi diagnosis. Obat-obatan dapat disarankan berdasarkan diagnosis yang dibuat dan melihat kondisinya. Konsultasikan dengan dokter mengenai kesehatan pribadi dan nutrisi yang tepat yang tidak hanya meningkatkan peluang pemulihan yang lebih cepat akan tetapi juga dapat mencegah kekambuhan.

Konsultasikan segera dan lakukan pemeriksaan lebih lanjut di klinik kami yaitu di Klinik Apollo. Dengan begitu dokter akan merekomendasikan pengobatan terbaik untuk Anda. Sudah banyak yang melakukan pengobatan di Klinik Apollo dan hasilnya sembuh. Untuk menghubungi kami, bisa dengan menghubungi di kontak nomor 081233881616 atau dengan konsultasi dibawah ini.