Keputihan Berwarna Coklat Pada Wanita Pertanda Apa?

Keputihan berwarna coklat kemungkinan terlihat mengkhawatirkan, akan tetapi tidak selalu menjadi alasan untuk khawatir. Saat tumbuh dewasa, kemungkinan adanya cairan yang keluar dari vagina selama periode menstruasi. Kondisi ini normal bagi semua wanita untuk mengalami keputihan. Jumlah, warna dan ketebalan keputihan ini berbeda-beda untuk setiap wanita.

Aliran menstruasi, tingkat dimana darah keluar dari vagina dari rahim umumnya lebih lambat pada awal dan akhir periode. Ketika darah hilang dari tubuh dengan cepat biasanya berwarna merah. Ketika aliran melambat, darah dapat teroksidasi. Dan dapat menyebabkan perubahan warna menjadi coklat atau bahkan hitam. Jika adanya darah coklat pada awal atau akhir periode maka normal. Vagina hanya akan membersihkan dengan sendirinya.

konsultasi

Apa Yang Dimaksud Dengan Keputihan?

Keputihan normal da tipis seperti lendir, warnanya bening, putih atau agak kuning. Biasanya tidak berbau dan tidak gatal atau iritasi pada kulit. Jumlah debit kemungkinan berhubungan dengan siklus menstruasi. Biasanya meningkat dalam 2 minggu sebelum menstruasi. Beberapa metode pengendali kelahiran juga dapat mengubah atau menambah jumlah keputihan.

Selain itu, setelah melakukan hubungan intim, bau kemungkinan dapat terlihat. Bau ini bisa disebabkan oleh pembersihan alami sperma dari vagina. Akan tetapi jika baunya bertahan lebih dari 1 hari bisa berarti infeksi. Kemungkinan adanya warna selama siklus biasanya sekitar waktu menstruasi. Ketika darah membutuhkan ekstra keluar dari rahim, darah akan teroksidasi. Ini dapat menyebabkan tampak terang dan coklat muda. Jika mengalami keputihan, perhatikan gejala lainnya dan lakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab yang mendasarinya.

Baca Juga : Ciri Ciri Keputihan Bakteri Dan Jamur

konsultasi

Apa Yang Menyebabkan Keputihan Berwarna Coklat?

Keputihan dapat menandakan ketidakseimbangan hormon. Hormon estrogen membantu menstabilkan lapisan endometrium (uterus). Jika memiliki terlalu sedikit hormon estrogen yang bersirkulasi, lapisan tersebut dapat terurai pada berbagai titik di sepanjang siklusnya. Akibatnya kemungkinan mengalami bercak berwarna coklat atau perdarahan abnormal (tidak normal) lainnya. Hormon estrogen yang rendah juga dapat menyebabkan:

• Hot flashes.
• Insomnia.
• Perubahan suasana hati atau depresi.
• Kesulitan berkonsentrasi.
• Infeksi saluran kemih (ISK).
• Pertambahan berat badan.

Keputihan Berwarna Coklat Dan Gejala Lainnya

Mengalami ovulasi bercak di titik tengah siklus menstruasi. Ini adalah sel telur yang dikeluarkan dari ovarium. Warna bercak dapat berkisar dari merah ke merah muda ke coklat dan kemungkinan juga dicampur dengan cairan bening. Gejala keputihan berwarna coklat lainnya dapat meliputi:

• Debit yang memiliki konsistensi putih telur.
• Sakit perut yang rendah.
• Perubahan suhu tubuh basal.

konsultasi

Bagaimana Cara Mendiagnosisnya?

Kebocoran cairan vagina atau keputihan berwarna coklat dapat menyebabkan kekhawatiran. Akan tetapi keputihan ini biasanya tidak berbahaya dan umum terlihat selama siklus dan ketika sedang hamil. Namun jika pernah mengamati salah 1 dari gejala tambahan ini maka harus segera mengkonsultasikannya dengan dokter. Beberapa gejala yang harus melakukan pemeriksaan dengan dokter jika:

• Mengalami gatal atau terbakar.
• Bau yang berganti.
• Berwarna kuning atau hijau.
• Keputihan yang banyak.
• Nyeri pada panggul (pelvic) atau kaki.

Jika sedang program hamil dan adanya keputihan ini, konsultasikan dengan dokter dan lakukan pemeriksaan karena infeksi ini adalah penyebab keguguran. Jika sedang hamil, keputihan adalah bagian dari hal yang normal. Jika adanya perubahan yang besar dalam konsistensinya atau jumlahnya, lakukan pemeriksaan dengan dokter.

Keputihan Berwarna Coklat02

Adakah Pengobatan Untuk Keputihan Berwarna Coklat?

Berbagai jenis infeksi memerlukan berbagai jenis pengobatan. Beberapa infeksi memerlukan pengobatan antibakteri spesifik sesuai resep dari dokter. Konsultasikan dan periksakan dengan dokter agar pengobatannya dapat diketahui. Pada semua wanita yang aktif secara seksual harus melakukan pengobatan secara teratur.

Pengobatan keputihan ini bisa dilakukan hanya di Klinik Apollo. Hubungi kami melalui nomor 081233881616 atau dengan layanan konsultasi medis secara online dibawah ini. Pengobatan yang dilakukan sangat aman dan terpercaya. Selain itu biayanya juga sangat terjangkau. Sudah banyak yang melakukan pengobatan di Klinik Apollo dan hasilnya sembuh.

Baca Juga : Umumnya Ini Penyebab Keputihan Berwarna Hijau

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikgonore.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.