Keputihan Berwarna Hijau Apakah Berbahaya Jika Dibiarkan?

Keputihan adalah normal, namun jika terjadinya keputihan berwarna hijau maka harus segera mendapatkan penanganan yang tepat. Peningakatan hormon da suplai darah dalam tubuh dapat menyebabkan keputihan. Keputihan bisa terjadi pada saat menjelang kehamilan, ketika kepala bayi menekan ke serviks (leher rahim), keputihan bisa terasa sangat berat. Keputihan yang normal biasanya berwarna putih atau bening, tidak berbau dan tidak terasa gatal. Pada pakaian dalam keputihan yang kering kemungkinan terlihat berwarna kuning. Perubahan lain dalam warna atau bau dalam cairan dapat menjadi tanda-tanda infeksi vagina.

Apa Yang Dimaksud Dengan Keputihan?

Biasanya keputihan terlihat jelas dan berwarna putih. Atau kemungkinan bisa menjadi melar dan terasa licin selama ovulasi sekitar 2 minggu setelah periode menstruasi. Perubahan warna atau jumlah cairan disertai dengan gejala lain dapat mengindikasi adanya infeksi. Vagina biasanya mengandung bakteri.

Pertumbuhan bakteri dikendalikan dan dipengaruhi oleh kebanyakan faktor yang berbeda seperti kadar asam (PH) dan hormon. Apapun yang mengganggu keseimbangan maka dapat meningkatkan risiko infeksi atau pertumbuhan berlebih dari bakteri yang normal atau ragi, kemungkinan pemicunya dapat meliputi:

• Penggunaan pengobatan antibiotik.
• Pil KB.
• Douching.
• Diabetes (kencing manis).
• Kehamilan.
• Tertekan.
• Menggunakan pakaian yang ketat atau dari bahan sintetis.

Apa Penyebab Keputihan Berwarna Hijau?

Berikut ini penyebab keputihan berwarna hijau. Keputihan dapat terjadi akibat infeksi dengan:

• Ragi yang disebut Candida atau sejenis jamur yang merupakan bagian dari flora yang normal pada kulit seseorang akan tetapi juga dapat menyebabkan infeksi.
• Gardnerella atau sejenis bakteri yang ditemukan secara normal di saluran genital seorang wanita yang merupakan peneybab vaginosis bakteri.
• Trichomonas yaitu sejenis protozoa atau suatu organisme yang terdiir dari 1 sel.

Penyakit menular seksual (PMS) seperti gonore (kencing nanah) atau klamidia juga dapat menyebabkan keputihan. Kemungkinan penyebab yang tidak menular lainnya dapat termasuk peradangan atau iritasi vagina dari produk yang beraroma seperti sabun, douche, pembalut atau tampon, diabetes (kencing manis) atau kadar hormon estrogen yang rendah seperti pada menopause (atrophic vaginasis).

Keputihan Berwarna Hijau Dan Gejala Lainnya

Kemungkinan adanya perubahan dalam warna, jumlah atau bau pada keputihan berwarna hijau ini. Keputihan berwarna putih seperti dadih yang terlihat seperti keju adalah tanda infeksi ragi. Keputihan berwarna kuning atau keputihan berwarna hijau atau keputihan berwarna abu-abu biasasanya merupakan tanda dari Trichomonas atau Bacterial Vaginosis. Vaginosis Bakteri juga dapat memiliki bau amis yang tidak biasa.

Terasa gatal baisanya bisa terlihat dengan adanya infeksi jamur meskipun dapat terjadi pada semua jenis infeksi atau iritasi. Lapisan vagina yang kering dan teriritasi yang kemungkinan membuat ketidaknyamanan atau dapat menyakitkan selama hubungan intim biasanya merupakan gejala yang lebih menonjol dari vaginitis atrofi. Keputihan yang baru bisa disertai demam, nyeri perut atau nyeri selama hubungan intim serta dapat mengindikasikan penyakit menular seksual (PMS) seperti gonore (kencing nanah) dan klamidia. Namun gonore (kencing nanah) dan klamidia biasanya tidak menimbulkan gejala sama sekali.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Keputihan?

Dokter biasanya akan menanyakan atau konsultasi untuk menentukan penyebab keputihan. Termasuk penggunaan pengobatan antibiotik, memiliki pasangan seksual, gejala menopause, gejala diabetes dan perubahan terbaru lainnya dalam kesehatan atau dalam gaya hidup pribadi. Selain itu juga harus menjalani pemeriksaan panggul (pelvic).

Dengan menggunakan alat spekulum untuk melihat serviks (leher rahim) secara langsung. Selama pemeriksaan panggul (pelvic), sampel cairan dapat dikumpulkan untuk dilakukan tes dan pengujian. Dengan melihat adanya cairan dibawah mikroskop, dokter dapat mendiagnosis infeksi ragi, bakteri vaginosis atau infeksi Trichomonas sesegera mungkin untuk melakukan pengobatan.

Berdasarkan penampilan dinding vagina, dokter dapat membuat diagnosis vaginitis atrofi. Selain itu juga dengan memeriksa kelembutan serviks (leher rahim), rahim atau indung telur dengan meletakkan jari-jarinya di dalam vagina. Kelembutan dapat mengindikasikan adanya penyakit menular seksual (PMS) atau penyakit radang panggul (PID). Mendiagnosis gonore (kencing nanah) atau klamidia membutuhkan hasil dari tes atau pengujian di laboratorium.

Keputihan Berwarna Hijau01

Cara Tepat Dalam Menangani Keputihan Berwarna Hijau

Keputihan berwarna hijau dapat diobati dengan pengobatan antibiotik. Dan biasanya pengobatan antibiotik dengan dosis tunggal melalui oral. Pemilihan lain adalah dengan menggunakan pengobatan antibiotik dalam bentuk lain terutama jika memiliki efek samping yang signifikan ketika menggunakan pengobatan antibiotik melalui oral. Juga dengan bentuk pengobatan lain bisa lebih membuat menenangkan pada lapisan vagina yang meradang dan terasa sakit.

Jika mendiagnosis penderita vaginosis bakteri atau trikomoniasis, dokter kemungkinan akan meresepkan pengobatan antibiotik. Jika adanya PMS berdasarkan riwayat dan pemeriksaan fisik, kemungkinan diobati dengan pengobatan antibiotik melalui intravena dan melalui oral sebelum hasil tes atau pengujian diagnosis ditentukan.

Jika memiliki infeksi jamur yang berulang (kambuh) dan mengenali gejalanya, maka dapat menggunakan pengobatan antijamur. Jika gejalanya tidak membaik, maka lakukan konsultasi kembali dan pemeriksaan dengan dokter untuk memastikan diagnosis dan direkomendasikan pengobatan terbaik lainnya.

Vaginitis atrofi dapat berkembang dengan perubahan hormon mislnya selama menyusui setelah kehamilan atau saat menggunakan jenis kontrasepsi hormonal tertentu. Terjadi selama atau setelah menopause. Setelah menopause, terapi hormon estrogen dapat dilakukan atau melalui vagina. Untuk lebih jelas lagi, hubungi kami di Klinik Apollo dengan nomor 081233881616 atau layanan dibawah ini.