Macam Macam Keputihan Yang Harus Diwaspadai

Anda mengalami keputihan berlebihan dan menimbulkan rasa tidak nyaman? Nah jangan khawatir, jadi macam macam keputihan merupakan hal yang wajar dan sesuatu yang alami terjadi. Dengan timbulnya keputihan menandakan organ intim Anda sedang melakukan pembersihan secara mandiri. Kelenjar dalam vagina dan serviks akan memproduksi cairan dan membawa pergi sel mati dan bakteri tersebut.

Baca juga: INI DIA JENIS DAN BAHAYA KEPUTIHAN

konsultasi

Bagaimana Macam Macam Keputihan Yang Harus Diwaspadai?

Walaupun hal ini alami, ada beberapa kondisi keputihan yang harus Anda waspadai. Semua bisa Anda ketahui dengan melihat bau dan warna yang ditimbulkan. Simak selengkapnya pada uraian dibawah ini:

Beberapa sumber mengatakan, ketika vagina Anda mengeluarkan sedikit cairan berwarna bening teruma pada awal atau akhir masa menstruasi, artinya hal tersebut normal. Namun jika cairan disertai dengan gatal, nyeri, dan kental, anda bisa periksakan masalah tersebut ke dokter. Sebab hal tersebut dapat menjadi salah satu tanda adanya bakteri yang berisiko.

Sekresi keputihan yang bening dan cair merupakan hal normal. Ini bisa terjadi kapanpun setiap bulannya dan terasa banyak setelah Anda berolahraga. Lalu bagaimana jika cairan keputihan Anda berwarna bening, namun terlihat kental? Hal tersebut menandakan indung telur dalam tubuh sedang berovulasi, ini termasuk keadaan yang cukup normal.

Macam macam keputihan jenis ini umumnya normal, terutama terjadi ketika menstruasi atau setelahnya. Namun Anda perlu menemui dokter untuk memperoleh keterangan lebih lanjut, karena sekresi seperti ini bisa menjadi tanda kehamilan atau keguguran. Selain itu, pada kasus yang jarang terjadi, keputihan berwarna coklat atau darah bisa menjadi sinyal adanya kanker serviks. Jadi segera konsultasi ke dokter untuk memperoleh pemeriksaan lebih lanjut.

Ketika sekresi berwarna kuning atau hijau, mengeluarkan aroma tak sedap, terlihat kental, ini bisa menjadi tanda adanya infeksi trikomoniasis atau penyakit menular seksual. Seperti apa jenis keputihan normal? Apabila mempunyai warna dan aroma tertentu, segera temui dokter untuk memperoleh keterangan lebih lanjut dan perawatan yang tepat. Nah ini dia beberapa macam macam keputihan yang sering dialami wanita dan makna di dalamnya.

konsultasi

macam macam keputihan

1.Anda dalam masa subur

Jika Anda menemukan cairan bening, kental, dan tampak elastis seperti putih telur, ini tandanya Anda sedang mengalami ovulasi. Dimana indung telur melepaskan sel telur. Sebelum proses tersebut, Anda akan mengeluarkan sekresi bening. Cairan tersebut akan mempermudah sperma mencapai sel telur pada rahim, saat itulah Anda sedang dalam masa subur.

2.Menstruasi kamu akan datang

Beberapa waktu setelah masa ovulasi, keputihan juga bisa Anda alami, namun ini sebagai pertanda mestruasi datang. Pada umumnya keputihan yakni cairan berwarna putih, tidak dalam jumlah banyak namun agak kental. Selama tidak menimbulkan bau dan gatal, ini masalah yang cukup normal.

konsultasi

3.Kamu sedang stress

Apakah Anda merasakan suasana hati yang buruk?, nah dalam kondisi seperti ini Anda bisa mengalami macam macam keputihan abnormal karena tubuh sedang stress. Biasanya cairan keputihan tersebut lengket dan kental, seberapa banyaknya, tergantung pada level stress Anda. Namun jangan khawatir, yang perlu Anda lakukan yakni melepas stress tersebut dan keputihan akan segera menghilang dengan sendirinya.

4.Mengeluarkan flek

Terkadang Anda akan mengalami flek tanpa sebab, jangan panik, jika Anda menemukan bercak darah dibarengi dengan keputihan, ini bisa jadi hanya darah sisa menstruasi. Namun apabila kondisi tersebut datang secara terus menerus dan menimbulkan rasa nyeri, Anda perlu lakukan pemeriksaan ke dokter.

Kami Klinik Apollo akan membantu semua masalah dan gejala buruk yang Anda alami dengan professional. Lakukan reservasi dengan mudah melalui nomor 081233881616. Demikian mengenai macam macam keputihan, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.klinikgonore.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.