Penyebab Keputihan Abnormal Apa Saja?

Keputihan merupakan sebuah cairan dari sel mati yang keluar secara berkala untuk menjaga bagian dalam agar tetap sehat dan bersih. Cairan tersebut berfungsi sebagai pelumas alami, yang melindungi vagina dari berbagai infeksi dan iritasi.

Ciri keputihan yang normal pada kalangan wanita cukup bervariasi dari jumlahnya, tekstur, warna serta kekentalannya. Jadi pada umumnya keputihan yang normal berwarna bening seperti putih telur atau terlihat jernih dan tidak berbau. Lendir atau cairan tersebut bersifat licin, lengket, encer atau kental.

Baca juga: PENYEBAB VAGINA DAN KEPUTIHAN TERASA PANAS

Apa Saja Penyebab Keputihan Tidak Normal

Keputihan yang normal yakni reaksi alami tubuh yang keluar secara berkala untuk bersihkan dan melindungi vagina. Keluarnya keputihan bisa dipengaruhi oleh siklus menstruasi Anda. Sementara keputihan yang abnormal pada umumnya disebabkan oleh masalah kesehatan tertentu, dari yang ringan hingga infeksi yang cukup serius seperti kanker. Adapun berbagai jenis penyebab keputihan yang tidak normal diantaranya:

1.Infeksi bakteri

Bacterial vaginosis yakni infeksi vagina yang paling umum menjadi penyebab keputihan abnormal. Bakteri tersebut terjadi karena ketidakseimbangan antara bakteri baik dan jahat dalam vagina. Memang belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab ketidakseimbangan tersebut, namun ada beberapa faktor yang bisa memicunya. Diantaranya yakni perilaku seks yang tidak aman seperti tak mengenakan kondom, sering berganti-ganti pasangan seksual, menggunakan alat kontrasepsi, dan kurang menjaga kebersihan vagina.

2.Infeksi jamur

Keputihan bisa terjadi karena adanya infeksi jamur, terutama yang diakibatkan oleh spesies Candida albicans. Vagina merupakan alat vital yang mengandung jamur, namun tidak akan menimbulkan masalah jika dalam keadaan normal. Namun jika dibiarkan berkembang, jamur tersebut bisa menimbulkan infeksi dan menyebabkan munculnya keputihan abnormal.

keputihan

3.Klamidia

Klamidia merupakan infeksi bakteri yang menjadi penyebab utama keputihan tidak normal dan menular melalui hubungan seks vaginal, anal, atau mulut. Tak semua kalangan bisa menyadari mereka telah terjangkit penyakit tersebut. Gejala yang muncul memang cukup ringan dan hanya sesekali hinggap, hingga banyak yang meremehkannya, atau kesalahan melakukan diagnosa.

4.Gonore atau kencing nanah

Gonore merupakan jenis penyakit kelamin yang jadi penyebab utama keputihan tidak normal, penyakit tersebut disebabkan oleh bakteri Neisseria Gonorrhoeae. Bakteri ini paling sering ditularkan dari kalangan satu ke lainnya melalui hubungan seksual, termasuk anal, vaginal, dan oral.

5.Trikomoniasis

Trikomoniasis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh parasit yang masuk selama hubungan seksual. Masa inkubasi dari mulai terpapar hingga terjadinya infeksi selama beberapa hari. Pada kalangan wanita, penyakit tersebut menjadi salah satu penyebab keputihan yang berbau busuk, selain itu tanda dan gejalanya cukup bervariasi.

6.Penyakit radang panggul

Penyakit radang panggul terjadi karena infeksi bakteri yang ditularkan melalui hubungan seksual tanpa menggunakan kondom dan menyebar dari vagina ke rahim, ovarium, dan tuba. Terdapat banyak bakteri yang menyebabkan radang panggul, namun yang paling sering yakni klamidia dan gonore. Bagi beberapa kalangan wanita, penyakit tersebut bisa menyebabkan keputihan berlebih dengan warna yang tidak biasa dan berbau.

7.Radang leher rahim

Radang leher rahim atau servisitis merupakan sebuah peradangan di ujung bawah rahim dengan bukaan vagina. Kondisi tersebut sering disebabkan oleh infeksi menular seksual seperti herpes, trikomoniasis, gonore, dan klamidia.

Bagi Anda yang mengalami tanda dan gejala diatas bisa segera lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo atau nomor 081233881616 untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Sekian kami informasikan mengenai keputihan, semoga informasi ini memberi Anda banyak manfaat.